Comscore Tracker

7 Film Inspiratif yang Mampu Mengubah Kehidupan Banyak Orang

Kamu pernah merasakannya juga gak?

Film bisa memberikan banyak hal luar biasa selain menjadi hiburan semata. Terutama menginspirasi banyak penontonnya dengan sajian ceritanya. Seseorang bisa tergerak dan berubah karena menyaksikan sebuah film. Film-film berikut ini memiliki dampak yang berarti terhadap dunia nyata, seperti perubahan sosial, peningkatan kesadaran akan isu-isu penting, penghargaan para pahlawan yang terlupakan, dan bahkan munculnya segala jenis meme yang lucu.

1. Film The Day After Tomorrow membuat orang lebih peduli tentang perubahan iklim

https://www.youtube.com/embed/HUBDFoMNXzA

The Day After Tomorrow meyakinkan penonton untuk memperhatikan perubahan iklim. Film yang rilis pada 2004 garapan Roland Emmerich ini dibintangi Dennis Quaid, sebagai ilmuwan iklim yang harus menyelamatkan putranya dari badai perubahan iklim. Meskipun film ini hanya mendapatkan rating 45 persen di Rotten Tomatoes, dan banyak kritikus yang menganggap film ini konyol dan klise, tetapi film ini justru sangat populer, dan memperoleh keuntungan hampir setengah miliar dolar AS.

Menurut sebuah studi oleh para peneliti di Yale, Film ini memiliki dampak yang signifikan terhadap persepsi risiko perubahan iklim, model konseptual, niat perilaku, prioritas kebijakan, dan bahkan penilaian dari penonton bioskop. Pada dasarnya, film itu membuat penonton merasa khawatir. Sehingga membuat mereka lebih peduli tentang perubahan iklim, untuk berpikir dua kali bagaimana mereka mempengaruhi lingkungan.

2. Film Philadelphia mengubah stigma tentang AIDS

https://www.youtube.com/embed/IGRcdI3rOaU

Philadelphia, film tahun 1993 ini menceritakan tentang epidemi HIV/AIDS, mempresentasikan topiknya dengan cara yang baru bagi banyak orang. Menurut profesor Columbia, Rita Charon, film itu adalah Salah satu film pertama yang membahas HIV/AIDS, homophobia, dan diskriminasi.

Film ini dibintangi oleh Tom Hanks sebagai seorang pengacara perusahaan sukses yang dipecat setelah tertular AIDS. Denzel Washington memainkan pengacara homophobic-nya, yang akhirnya mendapatkan empati kepada karakter Hanks setelah menghabiskan waktu dengannya dan mencoba membantu memperjuangkan haknya.

Jodie Howard dari Cinema of Change mencatat bahwa casting Hanks, aktor heteroseksual yang sangat populer, dalam peran seorang pria gay dengan penyakit AIDS membuat penonton menaruh empati pada karakter itu. Howard mencatat bahwa pada saat film itu dirilis, banyak orang, termasuk tokoh masyarakat, memandang rendah orang-orang dengan penyakit ini dan gak memahaminya.

Film ini memenangkan dua Oscar dan memperkenalkan serta menjelaskan isu-isu penting epidemi HIV/AIDS pada waktu itu, yang membantu mengurangi diskriminasi, permusuhan, stigma, dan pandangan salah tentang penyakit dan tentang orang gay.

3. Film Temple Grandin meningkatkan kesadaran tentang autisme

7 Film Inspiratif yang Mampu Mengubah Kehidupan Banyak Orangamazon.com

Pada tahun 2010, HBO membuat film tentang Temple Grandin, seorang ilmuwan autisme yang mempelajari hewan, membantu mengembangkan pedoman kesejahteraan hewan, dan menjadi juara anak-anak autis. Temple Grandin dinominasikan untuk 15 Emmy Award tahun itu dan Claire Danes memenangkan Emmy Award untuk perannya sebagai ilmuwan. Pada ajang tersebut, Grandin hadir. 

Grandin berterima kasih kepada ibunya yang membantunya ketika dia gak bisa berbicara saat kecil. ABC News menobatkan Grandin sebagai "Person of the Week" setelah penampilannya yang mengesankan, dan film tersebut menarik perhatian lebih pada kepekaan hewan dan proses neurologis dari orang-orang autisme.

4. Film Okja memberi empati kepada banyak orang untuk menyelamatkan hewan

https://www.youtube.com/embed/AjCebKn4iic

Okja adalah film fiksi ilmiah yang rilis tahun 2017. Film ini tentang hewan yang dimodifikasi secara genetis dan dibuat sangat besar untuk dimanfaatkan dagingnya. Seorang gadis muda membesarkan dan tumbuh bersama hewan itu, ia berjuang untuk menyelamatkan Okja agar gak diambil kembali oleh perusahaan yang menciptakannya.

Untuk memfilmkan adegan mengerikan, grafis, dan rumah jagal, sutradara film Bong Joon Ho mengunjungi rumah jagal aslinya di Colorado. Apa yang dia saksikan sangat mengganggu pikirannya sehingga dia menjadi vegan untuk sementara, Bong mengatakan kepada IndieWire bahwa dia dihantui oleh bau daging dan darah, yang membuatnya beralih ke gaya hidup pescatarian. Banyak penonton film ini juga yang akhirnya memutuskan untuk menjadi vegetarian, yang trending dengan istilah "vegetarian okja" di Twitter dan banyak deklarasi empati untuk animalkind.

5. Film The Babadook menjadi simbol kebanggaan gay

https://www.youtube.com/embed/vAV3JZY3Kqs

The Babadook menjadi simbol kebanggaan gay pada 2017 mungkin merupakan sebuah kesalahan. Film horor Australia yang menceritakan sosok menyeramkan dari buku anak-anak, yang menghantui seorang ibu dan anak dikategorikan sebagai film LGBT oleh Netflix, atau persepsi itu tercetus dari gambar rekayasa yang beredar di Tumblr. Banyak orang yang mulai membuat lelucon di media sosial tentang bagaimana Babadook cocok dengan budaya gay.

Beberapa orang berpikir bahwa lelucon ini terjadi karena Babadook adalah alegori logis sebuah keanehan. Seperti yang dilansir dalam Rolling Stone, Babadook mewakili keanehan itu sendiri, sebuah ancaman tak terlihat yang nyata melalui penolakan dan penindasan. Menurut Vox, Tuan Babadook, seperti yang digambarkan dalam film itu, adalah keanehan dalam arti yang paling empiris. Keberadaannya merupakan pembangkangan, dan berusaha untuk memecah batas penerimaan dan pendirian.

Monster itu jelas dimaksudkan sebagai metafora untuk kesedihan dan depresi seorang ibu. Apa pun alasan banyak orang mengenai kecocokan dan popularitas Babadook dalam budaya gay, Babadook menjadi figur komunitas di perayaan Pride festivities, orang-orang berdandan seperti Tuan Babadook pada parade kebanggaan.

6. Film Hidden Figures mengarahkan untuk menghormati kaum wanita

https://www.youtube.com/embed/5wfrDhgUMGI

Film Hidden Figures di tahun 2016 menceritakan kisah nyata wanita Afrika Amerika di NASA yang dikenal sebagai "super computers" yang bekerja di bagian West Area Computers di Pusat Penelitian Langley, untuk membantu NASA mengejar ketinggalan dalam Perlombaan Angkasa. Hidden Figures dinominasikan untuk tiga Oscar dan nama Katherine Johnson banyak menarik perhatian. 

Setelah film dirilis, NASA mengumumkan akan menamai sebuah gedung di Pusat Penelitian Langley. Fasilitas Komputasi Katherine G. Johnson adalah fasilitas senilai 23 juta dolar AS, 37.000 kaki persegi yang menggunakan komputer canggih yang digunakan untuk "pemodelan dan simulasi, data dan analisis besar". Direktur Langley, David Bowles mengatakan, pembukaan gedung akan menghormati warisan dari salah satu orang yang paling dikagumi dan inspiratif yang pernah berhubungan dengan NASA.

Johnson harus menghadiri pembukaan dan bahkan disajikan dengan Presidential Medal of Freedom oleh Presiden Barack Obama. 

7. Film Wonder Menginspirasi Banyak Orang untuk Selalu Bersyukur dan Stop Bullying

https://www.youtube.com/embed/ngiK1gQKgK8

Film Wonder bukan saja menjadi film populer di tahun 2017, melainkan cerita yang disajikan memang memiliki kualitas yang bagus dan secara keseluruhan film ini mendapatkan ruang positif di hati penonton. Film ini masuk dalam kategori bullying

Menceritakan kisah inspiratif dan mengharukan dari Pullman Agustus, seorang anak yang terlahir gak sempurna. Namun di balik kekurangannya itu, dia memiliki keluarga yang sangat mencintainya dan selalu memotivasinya. Terlahir dengan perbedaan wajah yang gak sempurna, membuatnya takut untuk masuk ke sekolah umum.

Tetapi seiring dengan perjalanan hidup Auggie yang luar biasa nyatanya dia mampu membuktikan bahwa perbedaan bukanlah halangan untuk berbaur, bahkan berkat kebaikan hatinya Auggie jadi disegani banyak teman dan gurunya. Meskipun pada awalnya dia kerap kali di bully oleh teman sekelasnya.

Film yang diangkat berdasarkan buku terlaris New York Times yang ditulis  R.J. Palacio ini mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 85%.

Itulah 7 film yang berhasil menarik perhatian banyak orang, bahkan film-film itu mampu mengubah sudut pandang dan persepsi banyak orang tentang isu-isu sosial tertentu.

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya