TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film yang Wajib Ditonton Setelah Menonton Joker, Apa Saja?

Joker mengingatkan kita dengan lima film ini

nationalreview.com

Film Joker yang disutradarai Todd Phillips dan diperankan sangat berkelas oleh Joaquin Phoenix, berhasil memukau penikmat film. Bagaimana realitas, imajiner, dan delusi menjadi satu kesatuan yang dibalut ke sebuah cerita yang sangat indah, menjadikan film ini jadi yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Todd Phillips sebagai seorang sutradara sekaligus penulis, memiliki banyak referensi film dan karakter untuk menciptakan film seindah Joker. Tentunya wajib kamu tonton setelah menonton film Joker.

Mau tahu apa saja? Yuk, simak artikel kali ini.

1. Taxi Driver - 1976

Bagi yang sudah menonton film Taxi Driver yang disutradarai Martin Scorsese dan diperankan oleh Robert De Niro (yang juga berperan di film Joker sebagai Murray Franklin), pasti setuju bahwa karakter Travis Bickle di Taxi Driver dan Arthur Fleck di film Joker, memiliki kesamaan, yaitu sama-sama teralienasi di lingkungan sosialnya.

Penuturan kisahnya pun hampir sama, bagaimana seorang pria yang merasa terasingi memiliki imajinasi sendiri untuk menghadapi orang-orang yang ada di sekelilingnya, yang pastinya bertolak belakang dari realitas yang ada.

Maka dari itu, sebelum dan sesudah menonton film Joker, diwajibkan bagi kamu menonton film Taxi Driver-nya Martin Scorsese.

Baca Juga: Berikut 6 Aktor Pemeran Joker, Siapa Favorit Kalian?

2. The King of Comedy - 1982

Lagi-lagi kisah dari film Joker mengingatkan kita dengan film Martin Scorsese, yaitu The King of Comedy. Sama-sama mengangkat kisah seorang pria naif yang memiliki ambisi untuk menjadi terkenal sebagai seorang stand up comedian, dan kedua film ini pun juga mengisahkan bagaimana menghancurkan sebuah harapan menjadi sebuah kebencian. Wajib buat kamu tonton, deh.

3. V for Vendetta - 2005

Di adegan terakhir di film Joker, kita pun diingatkan kembali dengan film V for Vendetta yang tayang pada tahun 2005 silam. Kedua film ini sama-sama membahas krisis dan kesenjangan sosial yang terjadi di sebuah kota, dan terjadi pemberontakan besar-besaran oleh masyarakat yang disimbolkan oleh seorang teroris yang acap kali mengenakan topeng Guy Fawkes.

4. The Dark Knight - 2008

Bagi kamu yang benar-benar menyukai karakter Joker, pasti sebelum dan sesudah menonton film Joker-nya Todd Phillips, memulai atau menonton kembali film The Dark Knight karya Nolan.

Bukan untuk membandingan mana yang terbaik di antara Heath Ledger dan Joaquin Phoenix, melainkan hanya sekadar mengetahui bagaimana perkembangan karakter Joker sebelum dan sesudah menjadi jahat. Dan juga sedikit bernostalgia.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Kelamnya Film Joker

Verified Writer

Adli Putra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya