Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Kelamnya Film Joker

Banyak pesan tak tersirat di dalamnya

Sejak tayang di Indonesia pada tanggal 2 Oktober lalu, film Joker dari Warner Bros sangat ramai diperbincangkan. Film yang mengisahkan lahirnya seorang Joker ini sukses mencuri perhatian serta mendapat standing ovation dari beberapa kalangan. Banyak juga yang mendukung film ini untuk memenangkan penghargaan Oscars tahun depan.

Di balik kelamnya perjuangan hidup Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix, tentunya film ini memiliki pesan yang mendalam. Berikut beberapa pelajaran yang bisa kamu petik dari film yang disutradarai oleh Todd Philips ini.

1. Sebagai manusia, kita harus berbuat baik pada siapa pun

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Kelamnya Film Jokerimdb.com

Film Joker mengajarkan kita untuk berbuat baik pada siapa pun. Karena suatu kebaikan akan melahirkan kebaikan pula. Sebaliknya, suatu kejahatan akan melahirkan kejahatan atau bahkan lebih parah dari yang telah kita perbuat. Jika kamu gak ingin berbuat baik pada orang asing, ya sebaiknya diam saja tanpa perlu ikut campur urusan mereka atau sampai menyakiti perasaannya.

2. Support orang-orang yang butuh pertolongan secara psikologis

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Kelamnya Film Jokerimdb.com

Dalam film ini, Joker digambarkan sebagai sosok yang mengalami kondisi kondisi pseudobulbar affect (PBA) atau gangguan tawa patologis. Bukannya menangis, dia malah tertawa ketika bersedih. Hal inilah yang membuat orang lain menganggapnya aneh, sehingga dia semakin merasa sedih dan sendiri.

Kita sebagai orang yang normal, sebisa mungkin mendukung orang-orang yang mengalami gangguan seperti itu. Ketika gak bisa bantu, gak perlu ikut menghina atau mengejek dan memperlakukan dia berbeda. Dengan begitu, kita pun sudah menunjukkan rasa peduli terhadap mereka.

3. Ketika mengalami anxiety dan depresi, jangan diam saja!

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Kelamnya Film Jokerimdb.com

Rata-rata orang yang merasa anxiety dan depresi merasa sendiri. Sehingga mereka memilih diam dan memendam perasaannya sendiri. Padahal, percayalah bahwa kalian gak sendiri. Setiap kali kamu merasa cemas, ceritakan pada siapa pun yang ada di dekatmu. Atau kamu juga bisa pergi ke psikolog yang sudah dipecaya. Asal jangan sampai kamu memendamnya sendiri! 

Baca Juga: Sederet Transformasi Joaquin Phoenix, dari Gladiator hingga Joker

4. Jangan sekali-kali mengkhianati temanmu sendiri!

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Kelamnya Film Jokerimdb.com

Seorang teman tentu saja punya sisi baik dan sisi buruknya. Jika kamu merasa dia melakukan sesuatu yang kelewat batas, ada baiknya jika ditegur secara langsung. Jangan sampai kamu mengkhianatinya tanpa ada alasan yang jelas! Karena kamu gak akan tahu, dia bisa dendam sejauh apa.

5. Jika kamu gak mau ditindas, harus berani stand up dan lawanlah dengan cara yang elegan

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Kelamnya Film Jokerimdb.com

Arthur berubah menjadi sosok Joker salah satu alasannya karena sering di-bully dan ditindas. Sehingga Arthur berusaha melawan agar gak lagi ditindas dan bisa diperhatikan. Namun, sayangnya dia melawan dengan cara yang salah.

Kamu bisa saja melawan orang-orang menindasmu dengan cara yang lebih elegan. Misalnya dengan menunjukkan prestasi atau kelebihanmu. Dengan melihatmu sukses, mereka pun akan merasa malu dan gak akan lagi menindasmu.

Itu tadi beberapa pelajaran yang bisa kamu petik dari film Joker. Di luar itu semua, film ini patut mendapat dua acungan jempol!

Baca Juga: 5 Sikap Positif yang Bisa Kita Contoh dari Arthur Fleck, Pemeran Joker

Topic:

  • Rully Bunga
  • Pinka Wima

Just For You