TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sudah Mulai Dilupakan, 10 Lagu Daerah Ini Wajib Kamu Dengarkan

Jangan sampai kita melupakan lagu daerah ya! #LokalIDN

jambi.kemenag.go.id

Di era globalisasi ini, pastinya berbagai macam budaya dapat masuk ke Indonesia secara mudah, termasuk musik. Sayangnya, adanya era globalisasi ini membuat banyak generasi muda yang tak mengetahui lagu-lagu daerah. Bahkan, tak sedikit pula generasi muda yang tak mengetahui lagu daerah dari provinsinya.

Padahal, lagu daerah merupakan salah satu warisan budaya yang sangat berharga yang dimiliki Indonesia. Berikut sepuluh lagu daerah yang wajib kamu ketahui. 

1. Ayam Den Lapeh - Sumatera Barat

Jika kamu mendengar nada dan temponya yang riang, mungkin kamu tak mengetahui bahwa lagu ini menceritakan kisah kehilangan seseorang yang sangat dicintai. Jika kamu mengartikan liriknya ke bahasa Indonesia, makna dari liriknya menggambarkan suasana hati seorang wanita tidak bisa move on dari sang mantan.

2. Soleram - Riau

Lagu yang berasal dari Provinsi Riau ini memang sangat cocok dinyanyikan oleh anak-anak. Lagu ini biasanya digunakan oleh para orang tua zaman dahulu untuk menidurkan anak mereka. Masyarakat Indonesia tak akan kesulitan memahami makna lagu ini karena lagu ini menggunakan Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Jarang Terekspos, 6 Riasan Pengantin Adat Jawa Timur Ini Keren Parah

3. Ondel-Ondel - DKI Jakarta

Bagi para masyarakat Jakarta, pastinya tak asing dengan pertunjukan Ondel Ondel. Pertunjukan ini diiringi oleh musik yang sangat khas. Salah satu aktor dan penyanyi yang membuat lagu daerah ini sangat populer ialah Benyamin Sueb.

4. Tokecang - Jawa Barat

Salah satu lagu daerah yang sangat dinyanyikan oleh anak-anak ialah "Tokecang". Lagu ini merupakan lagu daerah Jawa Barat. Menurut berbagai cerita rakyat, kata tokecang sendiri merupakan kepanjangan dari "tokek makan kacang". 

5. Rek Ayo Rek - Jawa Timur

Lagu ini merupakan lagu daerah andalan yang berasal dari Jawa Timur. Kata “Rek” yang ada di dalam lagu ini berasal dari kata “arek” yang berarti anak. Lagu ini ditujukan bagi para pemuda yang jomblo atau single dengan tujuan mencuci mata atau melihat cewek-cewek cantik dengan harapan dapat berkenalan dengan cewek tersebut.

6. Suwe Ora Jamu - Yogyakarta

Lagu yang berbahasa Jawa ini dapat dinyanyikan dalam berbagai macam versi seperti campur sari, dangdut, pop, hingga keroncong. Lagu yang berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini cukup sering dinyanyikan di pentas-pentas luar negeri. Lagu ini bercerita tentang sepasang atau sekelompok kawan yang telah lama berpisah dan sekalinya bertemu malah membuat kecewa.

7. Anak Kambing Saya - Nusa Tenggara Timur

Lagu daerah ini berasasl dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu lirik andalan di lagu ini ialah "caca marica hei hei". Lagu ini sangat asik untuk dinyanyikan, apalagi lagu ini menggunakan Bahasa Indonesia. 

8. Ampar Ampar Pisang - Kalimantan Selatan

Lagu yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan ini menceritakan makanan khas Kalimantan yang terbuat dari pisang. Nama asli makanan tersebut bernama Rimpi. Lagu ini menggunakan kata ampar-ampar pisang karena pembuatan kue ini dengan cara diampar atau disusun hingga sangat matang.

9. Burung Kakaktua - Maluku

Saat kamu kecil, pastinya kamu sudah pernah mendengar lagu ini. Namun, tak banyak orang mengetahui bahwa lagu ini merupakan lagu daerah masyarakat Maluku. Lagu ini sangat simpel dan mempunyai nada yang menenangkan. 

Baca Juga: Hampir Terlupakan, 5 Permainan Tradisional Ini Wajib Kamu Mainkan

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya