TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Lagu Terbaik dari Band Pop-Punk Busted untuk Teman Nostalgia

Masih ingat lagu mereka?

potret band Busted (instagram.com/busted)

Buat kamu yang pernah mencicip tahun 2000an awal, band pop-punk berjuluk Busted mungkin sempat terselip di ingatan. Mereka paling dikenal lewat single debut mereka yang berjudul "What I Go To School For". Sayangnya setelah merilis dua album studio, band ini memilih untuk bubar di tahun 2004 karena hengkangnya salah satu personel. 

Mereka sempat comeback di tahun 2014 lewat proyek bernama McBusted yang merupakan kolaborasi dengan band McFly. Akhir tahun 2015 mereka mengumumkan keputusan untuk reuni sebagai trio. Pasca reuni, band yang beranggotakan James Bourne, Charlie Simpson, dan Matt Willis berhasil membuat dua album lagi di tahun 2016 dan 2019.

Kangen dengan lagu-lagu mereka? Berikut delapan lagu terbaik Busted yang bisa jadi teman nostalgia hari ini. 

1. What I Go To School For

That's what I go to school for
Even though it is a real bore
Girlfriends I've had plenty
None like Miss Mackenzie
That's what I go to school for

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lagu ini adalah single debut Busted di industri musik. Lagu yang membuat pendengarnya turut berjingkrak ini banyak terinspirasi dari Green Day dan Blink-182, tetapi dengan sentuhan pop yang lebih kuat.

Ceritanya sendiri tentang seorang murid SMA yang menaruh hati pada salah satu guru di sekolahnya. Busted membuat sekuel lagu ini dengan judul "Loser Kid" yang juga dimasukkan dalam album perdana mereka, Busted. 

2. Year 3000 

We drove around in a time machine
Like the one in a film I've seen
Yeah, yeah
He said, "I've been to the year 3000
Not much has changed but they lived underwater
(Not much has changed but they lived underwater)
And your great, great, great grand daughter is pretty fine"

Pernah dipopulerkan oleh Jonas Brothers di tahun 2006, ternyata Busted adalah pemilik lagu aslinya. Lagu pop upbeat ini dimasukkan dalam album debut mereka sebagai single kedua. James Bourne mengaku terinspirasi dari film Back to the Future untuk liriknya, sementara intronya dibuat Matt Willis dari video gim kesukaannya. 

Saat reunion tour di tahun 2019, Busted mengajak Jonas Brothers untuk membawakan "Year 3000" bersama-sama di panggung. Seru banget!

Baca Juga: 5 Lagu Blink-182 yang Enak Didengar, Nostalgia Lagu Pop Punk!

3. Sleeping With The Light On

I feel her. Slipping through my fingers,
Now she's gone, I'm sleeping with the light on,
And sharks swim through my veins now, that she's gone,
I'm sleeping with the light on

Selain lagu yang menghentak Busted ternyata punya banyak koleksi lagu yang sedikit melankolis. Salah satu yang paling memorable adalah "Sleeping With The Light On". Lagu yang melodinya khas musik pop rock 2000an ini juga menjadi bagian dari album debut mereka.

Video musiknya dilepas tahun 2003. Ceritanya tentang kepedihan seseorang yang diabaikan pujaan hatinya. Meski sedih, single ini sebenarnya menunjukkan ketabahan. Kalau suka tipe lagu patah hati macam ini coba juga lagu "Loner in Love", "Over Now", dan "Nerdy". 

4. You Said No 

I asked you to dance at the disco
But you said no!
The whole world was watching and laughing
On the day that I crashed and burned
At your feet

"You Said No" masih diambil dari album debut mereka. Kali ini mereka mengangkat tema patah hati dan kecewa karena ditolak gadis pujaan hati dengan cara yang memalukan. Seperti biasa, Busted selalu bikin lagu patah hati yang empowering dan energik.

Lebih suka yang menghentak seperti ini? Coba juga "Britney" dan "She Wants to Be Me". Dijamin ketagihan buat tekan tombol ulang. 

5. Crashed The Wedding 

And I'm glad I crashed the wedding
It's better than regretting
I could have been a loser kid
Who ran away and hid
I said I'd do it and I did
Cause true love lasts forever
And now we're back together

Dari album debut, kamu bisa beralih ke album sophomore mereka yang berjudul A Present for Everyone. "Crashed The Wedding" adalah lead single di album ini dan ternyata tak kalah sukses.

Lagu ini jadi karya kedua mereka yang berhasil memuncaki tangga lagu Inggris Raya, tepatnya di November 2003. Lagu ini ditulis James Bourne dibantu saah satu member band McFly, Tom Fletcher. 

6. Meet You There 

It's written all over your face
Such a painful thing to waste
Tell me now
Where do we go
Now the futures not so clear
I can't believe we've ended here
where's the world that doesn't care
Maybe I could meet you there

Meski tidak dirilis sebagai single, lagu yang diambil dari album terakhir mereka sebelum bubar ini dipilih sebagai lagu pengiring di pengumuman comeback mereka pada akhir 2015 lalu.

Bebarengan dengan itu, Busted sekalian merilis video musik yang menunjukkan ketiganya bernyanyi langsung di Abbey Road. Meski saat itu sudah berusia 30an, vokal ketiganya tetap prima. Bahkan vokal Matt Willis terdengar lebih terasah. 

7. Easy

And I wish it were
A little more easy (easy)
But you're hard to get
When all you do is tease me
Cause I'll never know
Exactly how you see me (see me)
But I wish you well
And goodbye is never easy

"Easy" adalah salah satu lagu yang mereka rilis setelah comeback sebagai bagian dari album Night Driver. Secara keseluruhan album yang dilepas tahun 2016 tersebut sebenarnya banyak mengadopsi tren retro 80an yang saat itu sedang menjamur. Ditandai dengan elemen musik elektronik di sana-sini. 

"Easy" adalah salah satu yang masih terdengar paling nostalgic, mirip dengan karya-karya lawas mereka. Akan terasa sedikit kontras dengan lagu "On What You're On" dan "Coming Home" misalnya. 

8. Nineties 

Those days are gone
And I miss them so
Good songs on the radio
Rocking out to Smashing Pumpkins
Black and White, Macaulay Culkin
Na-na, na-na, na-na-na-na
Na-na, na-na, na-na-na-na
Still takes me back to better days

Di tahun 2019, Busted mengumumkan perilisan album keempatnya. Kali ini dengan gamblang mereka memilih konsep nostalgia. Single utama di album ini diberi judul "Nineties" dan penuh dengan elemen budaya pop 90an. Mulai dari lirik sampai video musiknya benar-benar bikin kita kembali ke masa di mana televisi adalah hiburan terbesar dan utama. 

Baca Juga: Ingat dengan 10 Band Keren Jebolan Dream Band? Ada yang Masih Eksis

Verified Writer

Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya