TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

IMS 2020: Perjalanan Hijrah Sakdiyah Ma'ruf Sebagai Komika Jihad

Sakdiyah Ma'ruf akan menjadi pembicara di IMS 2020

Instagram.com/sakdiyah.maruf

Terkenal sebagai komika lewat acara Stand Up Comedy Indonesia 2011, membuat nama Sakdiyah Maruf meroket. Materinya tak hanya lelucon biasa namun juga penuh pemikiran yang luar biasa. 

Sakdiyah menjadikan komedi sebagai cara untuk menantang ekstremisme Islam dan kekerasan terhadap perempuan. Sakdiyah pun semakin dikenal dengan materi komedinya yang berbobot. Yuk simak perjalanan hijrah Sakdiyah.

1. Jadi komika hijab yang menginspirasi

Instagram.com/pandji.pragiwaksono

Bukan tentang menghibur, tapi Sakdiyah juga menginginkan materi komedinya bermanfaat bagi orang banyak. Meskipun, penampilan di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia 2011 singkat, hal ini dikarenakan Sakdiyah memilih mengundurkan diri agar lebih fokus ke pendidikannya. 

Baca Juga: IMS 2020: Perjalanan Hijrah Pasangan Artis Arie Untung & Fenita Arie

2. Lewat komika, Sakdiyah memaparkan kegelisahannya

Instagram.com/katakitakompastv

"Jadi Arab itu sering dianggap lebih jago agama. Saya sempat diminta jadi imam shalat sama ibu-ibu, ya boro-boro imam, iqra tiga gak lulus!" 

Lucu namun mengandung makna tersirat, lewat komika Sakdiyah menyuarakan sikap radikal yang sering ia dapatkan sebagai warga Indonesia keturunan Arab. Hmm, ini menandakan masih adanya rasis di Indonesia kan?

Baca Juga: IMS 2020: Karier Angga Dwimas Sasongko Tak Hanya Sebagai Sutradara

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya