TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta tentang Sistem Rating Film dan TV Series di Hollywood

Yuk, biasakan menonton film sesuai dengan rating! 

ilustrasi penonton di bioskop (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Masih ingat dengan cuitan para orangtua di media sosial yang beramai-ramai meminta film Joker dan Deadpool untuk tidak ditayangkan lagi di bioskop? Yup! Apalagi kalau bukan karena kedua film dengan rating R tersebut memuat banyak adegan kekerasan dan bahasa yang vulgar. Alih-alih mengakui kelalaiannya, para orangtua tersebut justru menganggap kalau film pahlawan super identik dengan anak-anak.

Hal tersebut tentu tidak akan terjadi jika saja orang-orang, khususnya para orangtua, tidak mengabaikan rating sebuah film saat menonton film di bioskop. Sebelum naik layar, film-film tersebut telah melalui beberapa tahapan untuk mendapatkan rating dari lembaga perfilman.

Dilansir Film Ratings, rating film Hollywood diberikan oleh dewan penilaian yang dikenal dengan Classification and Rating Administration (CARA) di bawah naungan Motion Picture Association of America (MPAA) dan National Assiciation of Theater Owners (NATO). Dewan penilaian yang terdiri dari 10 – 13 orang tersebut akan menonton dan menentukan rating untuk film tersebut.

Kali ini IDN Times mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh sistem rating film Hollywood yang biasa kamu tonton di bioskop. Disimak baik-baik ya!

Baca Juga: 9 Series dan Film Terbaik Aktor Hollywood Jesse Plemons 

1. G – General Audiences 

cuplikan film Turning Red (disney.id/turning-red)

Rating G atau General Audiences artinya dapat ditonton oleh semua umur. Film yang mendapatkan rating G dapat dinikmati oleh semua kalangan karena bebas akan adegan kekerasan, adegan intim, adegan sadis, kalimat vulgar, bahkan obat-obatan terlarang.

Beberapa film yang memiliki rating G di antaranya ada The Lion King, Alice’s Adventures in Wonderland, Ratatouille, dan Toy Story.

Baca Juga: 11 Karakter Muslim di Film dan Series Hollywood

2. PG – Parental Guidance 

cuplikan film Christopher Robin (disney.id/christopher-robin)

Rating PG atau Parental Guidance Suggested artinya dapat ditonton di bawah bimbingan orangtua. Rating tersebut diberikan karena ada beberapa hal yang belum pantas untuk ditonton oleh anak-anak seperti adegan perundungan dan adegan kekerasan.

Beberapa film yang memiliki rating PG di antaranya ada Harry Potter franchise, Home Alone franchise, dan Jumanji.

3. PG-13 – Parents Strongly Cautioned

cuplikan film Doctor Strange in Multiverse of Madness (disney.id/doctor-strange-multiverse-of-madness)

Rating PG-13 atau Parents Strongly Cautioned artinya dapat ditonton dengan pendampingan khusus dari orangtua atau orang dewasa. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa adegan kekerasan dan bahasa vulgar yang berpotensi ditiru oleh anak-anak di bawah umur.

Film-film Hollywood yang mendapatkan rating PG-13 ada The Dark Knight Trilogy dan The Lord of the Rings franchise.

4. R – Restricted 

cuplikan film The Card Counter (focusfeatures.com/the-card-counter)

Rating R atau Restricted dapat ditonton untuk usia 17 tahun ke atas. Film dengan rating R dikenal sarat akan kata-kata vulgar, adegan perundungan, adegan intim, penggunaan obat-obatan terlarang dan adegan kekerasan yang cukup ekstrem. Tidak hanya film laga atau horror, beberapa film animasi pun dapat rating R dari MPAA.

Film-film Hollywood yang mendapatkan rating R ada Deadpool, The Sausage Party, dan The Card Counter.

Baca Juga: 5 Film Kajol yang Berhasil Mendapat Rating Tinggi di IMDb

Verified Writer

Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya