TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Artis Hollywood Bergender Nonbiner, Salah Satunya Miley Cyrus

Spektrum gender dengan kata ganti they/them

Cara Delevigne (instagram.com/caradelevingne) | Sam Smith (instagram.com/samsmith)

Isu lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) masih sangat tabu di Indonesia. Tak seperti di Indonesia, sudah banyak negara Barat yang menerima LGBT di lingkungan dan kehidupan mereka.

Dalam ruang lingkup LGBT sendiri terdapat banyak spektrum seksualitas. Salah satunya adalah queer atau nonbiner (non-binary). Buat yang belum tahu, nonbiner adalah istilah untuk menggambarkan identitas gender seseorang yang tak mengacu pada laki-laki atau perempuan. Nonbiner juga dikenal dengan berbagai sebutan, seperti genderqueer, genderfluid, bigender, dan lainnya.

Dengan semakin sadarnya akan orientasi seksual, banyak orang yang mulai mengidenfitikasi dirinya sebagai nonbiner. Hal tersebut juga terjadi pada artis Hollywood. Mereka mengganti kata sapaannya menjadi they/them.

Sudah menemukan jati dirinya, berikut beberapa artis Hollywood bergender nonbiner yang mungkin sudah kamu tahu. Kini mereka lebih menjadi dirinya sendiri, lho.

1. Demi Lovato

potret Demi Lovato (instagram.com/ddlovato)

Demi Lovato adalah penyanyi dan aktris Hollywood. Dirinya populer sejak menjadi aktris remaja di stasiun TV Disney. Perannya yang paling ikonik kala memerankan karakter Mitchie Torres di film Camp Rock.

Kariernya sebagai penyanyi juga terbilang sukses, di mana ia memiliki beberapa lagu hits seperti "Heart Attack" dan "Sorry Not Sorry". Lovato juga pernah ditunjuk sebagai juri ajang pencarian bakat, The X Factor US.

Melalui akun Instagram-nya, pada Mei 2021 Lovato mengungkap bahwa dirinya seorang nonbiner dan menggunakan kata ganti they/them. Hal ini ia putuskan setelah melalui proses healing dan self-reflecting yang panjang. Meski tidak pakar di bidang seksualitas, ia ingin membuka sisi dirinya yang sesungguhnya kepada publik. 

Baca Juga: 12 Artis Menyatakan sebagai Non-Biner dan Genderfluid, Salut!

2. Sam Smith

potret Sam Smith (instagram.com/samsmith)

Sam Smith merupakan penyanyi dan penulis lagu asal Inggris. Lagu-laguya, seperti "Stay With Me" dan "I'm Not The Only One" telah berlalu-lalang di puncak tangga lagu dunia. Selain lagu yang membuat candu, Sam Smith juga dikenal berkat keterbukaan akan seksualitasnya.

Dilansir People, Smith telah melela (coming out) sebagai homoseksual sejak berumur 10 tahun. Dirinya juga mengungkapkan bahwa Lady Gaga telah menjadi inspirasinya untuk merasa nyaman dengan statusnya sebagai queer dan coming out sebagai nonbiner dengan menggunakan kata ganti they/them.

3. Cara Delevingne

potret Cara Delevingne (instagram.com/caradelevingne)

Cara Delevingne mengawali kariernya sebagai model. Kini, ia merupakan seorang supermodel dan aktris Hollywood yang dikenal berkat beberapa perannya di berbagai proyek, seperti Paper Towns, Suicide Squad, Pan, dan Only Murders in the Building.

Delevingne juga sangat terbuka akan seksualitasnya sebagai biseksual sejak 2015. Sejak ia, mengetahui bahwa gender merupakan sesuatu yang fluid (cair) dan bukan sekadar maskulin dan feminin.

Saat itu menjadi sebuah momen terobosan dalam hidupnya. Dilansir Billboard, ia mengaku lebih bahagia dan sehat setelah memahami dan menerima segala ketidaksempurnaanya.

4. Ezra Miller

potret Ezra Miller (instagram.com/imezramiller)

Kamu mungkin cukup familier dengan Ezra Miller. Ia aktor yang berkarier di Hollywood sejak remaja. Ezra dikenal berkat beberapa peran ikonik yang ia perankan, seperti Patrick di The Perk of Being a Wallflower, Credence Barebone di Fantastic Beast, dan Barry Allen alias Flash di DC Extended Universe.

Dalam sebuah wawancara pada 2018, Miller mengungkapkan bahwa ia tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai laki-laki maupun perempuan. Kini, ia juga menggunakan kata ganti they/them. Miller juga terkenal akan style berpakaiannya yang genderbending dan berani.

Baca Juga: 13 Film LGBT Terbaik Sepanjang Masa, Harus Nonton Sekali Seumur Hidup!

Verified Writer

Lina Yasmin

Pembaca novel jika sedang mood. Pemakan segala (yang halal), dan petidur ulung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya