TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Dilanggar! 5 Peraturan Tak Tertulis dalam Sebuah Persahabatan

Kamu wajib paham, nih!

Pixabay.com/minanfotos

Kamu bisa saja memiliki banyak sahabat. Namun, belum tentu kamu bisa menjaga persahabatan tersebut untuk seterusnya. Banyak orang memulai persahabatannya dari kecil hingga sama-sama tumbuh dewasa, tapi lama-kelamaan menjadi renggang, bahkan ada yang bermusuhan karena hal sepele.

Agar kejadian tersebut tidak terjadi padamu dan sahabatmu, pahamilah lima peraturan tak tertulis yang bisa jadi pegangan kamu dan sahabatmu agar hubungan kalian tetap terjaga.

1. Saling dukung apa pun keadaan sahabat

Pixabay.com/Foundry

Mungkin kamu pernah dengar pepatah jika ingin menghitung seberapa banyak sahabatmu, hitunglah di saat kamu sedang susah. Sahabat adalah orang yang senantiasa berada di sisimu apa pun keadaanmu. Bukan mereka yang malah pergi di saat kamu sedang kesusahan.

Jika ingin menjaga persahabatanmu, kamu harus saling mendukung dan saling menguatkan apa pun keadaan sahabatmu, ya. Jangan malah ditinggal.

Baca Juga: Ingin Menjalin Persahabatan yang Sehat? Simak 5 Tips Ini!

2. Menjaga kepercayaan satu sama lain

Pixabay.com/minanfotos

Menemukan banyak sahabat bukanlah hal sulit, namun banyak orang kesulitan dalam menjaga persahabatan. Nah, jangan sampai hal ini terjadi pada persahabatanmu.

Salah satu kunci yang harus menjadi pegangan dalam sebuah persahabatan adalah kepercayaan. Kepercayaan juga perlu dilandasi kejujuran, lo. Yakinlah bahwa persahabatanmu akan lebih menyenangkan jika kalian saling berkata jujur dan menjaga kepercayaan satu sama lain.

3. Saling mengingatkan

Pixabay.com/gracinistudios

Sahabat itu bukanlah orang yang selalu mendukung segala keputusanmu, termasuk segala kesalahanmu. Bukan seperti itu. Sahabat adalah mereka yang akan selalu mengingatkanmu jika kamu berada di jalan salah jalan. Tanpa ragu, ia akan menuntunmu untuk tidak melakukan kesalahan.

4. Tetap menjaga komunikasi

Pixabay.com/NickyPe

Tidak semua persahabatan bisa bersama terus setiap saat. Kadang, beberapa persahabatan harus rela terpisah oleh jarak. Jangan sampai karena jarak yang membentang, persahabatan kalian malah menjadi jauh. Kamu dan sahabatmu harus bisa menjaga komunikasi agar tetap terjalin demi menjaga persahabatan.

Baca Juga: 7 Tipe Teman Dalam Geng Persahabatan, Mana yang Kamu Banget?

Verified Writer

Raina Zaakiyah

Don't expect. Just do ur best :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya