TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kembali Raih Daesang, Ini 5 Film Besutan Sutradara Lee Joon Ik

Ada yang jadi film terlaris di Korea Selatan, lho!

Lee Joon Ik (youtube.com/KCSNY)

Sutradara sekaligus produser, Lee Joon Ik, berhasil meraih daesang untuk filmnya The Book of Fish pada acara 57th Baeksang Arts Awards yang dilaksanakan 13 Mei 2021 lalu. Acara yang dipandu oleh Bae Suzy dan Shin Dong Yup ini digelar di Ilsanseo-gu, Gyeonggi, Korea Selatan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

"Sebuah film menghabiskan banyak biaya untuk memproduksinya. Para pemain dan kru berkorban untuk membawa film ini ke layar lebar. Film ini tidak sukses besar meskipun mendapat ulasan yang bagus dari para kritikus dan penggemar film. Terima kasih atas penghargaannya," tutur Lee saat berpidato atas kemenangannya.

Selain The Book of Fish, berikut lima film karya Lee Joon Ik lainnya yang layak dintonton, terutama untuk para penggemar film dari Korea. Yuk, simak!

1. The King and The Clown (2005)

The King and The Clown menceritakan tentang dua orang pelawak, Jong Gil dan Jang Sang, yang ditangkap oleh pasukan kerajaan dan kemudian dipenjara karena menyindir raja saat melakukan aksi melawak. Mereka kemudian diberi kesempatan untuk tampil secara langsung dihadapan raja dan akan dibebaskan jika berhasil membuat raja tertawa.

Menjadi salah satu film terlaris di Korea Selatan dengan perhitungan penonton akhir sebanyak dua belas juta, The King and The Clown rupanya juga berhasil meraih Daesang pada acara Baeksang Arts Awards ke-49. Benar-benar film yang layak ditonton, bukan?

Baca Juga: 12 Aktor Korea yang Pernah Berperan jadi Playboy di Film dan Drama

2. Radio Star (2006)

Radio Star mengisahkan tentang Choi Gon, mantan bintang Rock tahun 80-an, yang harus menghadapi beratnya hidup setelah kepopulerannya meredup. Bersama Park Min Soo, seorang manajer yang setia menemaninya selama 20 tahun, ia bisa kembali merasakan titik terang karirnya dengan menjadi seorang radio DJ di sebuah stasiun radio yang kemudian mempunyai banyak penggemar. 

Akting totalitas dari Park Jong Hoon dan Ahn Sung Ki dalam Radio Star kali ini, berhasil membawa mereka memenangkan kategori best actor dalam ajang penghargaan Blue Dragon Film Awards tahun 2006, lho! 

3. Hope (2013)

Film Hope menceritakan tentang Sowon, seorang gadis berusia 8 tahun, yang harus mengalami trauma setelah dipukuli dan diperkosa oleh pria tua saat perjalanannya menuju ke sekolah. Hari-harinya dilalui dengan ketakutan akan sosok pria dewasa termasuk juga ayahnya. Untuk mengembalikan hubungan dengan putrinya itu, akhirnya sang ayah berdandan layaknya tokoh kartun yang disenangi putrinya.

Film yang dirilis bulan Oktober 2013 ini cukup sukses dan berhasil mendapatkan predikat best movie pada ajang penghargaan 34th Blue Dragon Film Awards.

4. The Throne (2015)

Film garapan Lee Joon Ik yang meraih Daesang selanjutnya adalah The Throne. Film drama sejarah ini menceritakan tentang kehidupan seorang pewaris takhta kerajaan bernama Pangeran Mahkota Sado, yang dijatuhi hukuman mati oleh ayahnya sendiri karena dianggap tidak layak untuk memimpin kerajaan. Ia dihukum dengan cara dikurung dalam peti beras selama berhari-hari hingga akhirnya mati kelaparan.

Mendapatkan banyak pujian serta diputar di banyak festival film internasional, tak heran jika film yang satu ini memenangkan beberapa penghargaan lain, seperti aktor terbaik, aktris terbaik, dan juga aktris pemeran pendukung terbaik.

Baca Juga: 12 Film Terbaik Korea Peraih Baeksang Arts Awards, Legendaris!

Writer

Rizal Herdiansyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya