TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Miniseries HBO Terbaik dengan Rating Tertinggi di Rotten Tomatoes

Deretan serial dengan skor hampir sempurna

cuplikan serial Band of Brothers (dok. HBO/Band of Brothers)

Salah satu produk HBO yang banyak disukai penonton adalah miniseries. Selain karena jalan ceritanya yang tidak terlalu panjang, miniseries seringkali memiliki berbagai kualitas yang lebih baik dari serial pada umumnya seperti akting para aktornya yang ciamik atau sinematografinya yang epik.

Dari berbagai miniseries yang sudah diproduksi HBO, terdapat 6 miniseries terbaik yang meraup rating tertinggi di Rotten Tomatoes, lho. Dari miniseries tentang detektif hingga kesehatan mental, simak baik-baik ulasan mengenai 6 miniseries tersebut, yuk!

 
 
 
 
 
 

2. Chernobyl (2019)

cuplikan serial Chernobyl (dok. HBO/Chernobyl)

Chernobyl adalah miniseries yang mengangkat drama sejarah tragedi mematikan di reaktor nuklir Chernobyl pada 1986. Miniseries ini diproduksi oleh Craig Mazin dan dibintangi sejumlah aktor ternama seperti Jared Harris, Stellan Skarsgard, Emily Watson, dan Paul Ritter.

Chernobyl rilis pertama kali pada 2019 dengan lima episode utama yang langsung meraup respon positif dari penonton atas akting, sinematografi, akurasi sejarah, dan musik latar orisinil yang menawan. Chernobyl dinobatkan sebagai miniseries terbaik di Golden Globe ke-77. Karenanya, tidak mengherankan jika miniseries ini mendapat skor 95% di Rotten Tomatoes.

 
 
 

3. Irma Vep (2022)

cuplikan serial Irma Vep (dok. HBO/Irma Vep)

Aktor pemenang Oscar, Alicia Vikander membintangi miniseries bertajuk Irma Vep yang diadptasi dari film tahun 1996 berjudul sama. Vikander berperan sebagai Mira Harberg, seorang aktris yang sedang mengembangkan karier beraktingnya. Namun kariernya tersebut mengalami kekacauan ketika Harberg mulai mencampur adukkan urusan pribadi dan pekerjaan.

Irma Vep meraup respon positif dari berbagai kalangan. Peran Vikander di miniseries ini bahkan dianggap sebagai peran terbaiknya di sepanjang karier perfilmannya. Dengan total delapan episode, Irma Vep pertama kali tayang di Cannes Film Festival ke-75 dan meraup skor 95% di Rotten Tomatoes.

 
 
 

4. Watchmen (2019)

cuplikan serial Watchmen (dok. HBO/Watchmen)

Watchmen adalah miniseries yang diadaptasi dari novel grafis karya Alan Moore. Watchmen berkisah tentang korupsi yang dilakukan oleh kepolisian kota Tulsa, tingginya isu rasial, dan warisan yang ditinggalkan oleh pembuat onar yang dijuluki Watchmen. 

Watchmen meraup respon positif dari berbagai kalangan karena berhasil mengembangkan ide asli Moore ke topik yang relevan di masa sekarang. Dengan skor 96% di Rotten Tomatoes, miniseries ini sukses masuk ke 26 nominasi Emmy Award dan membawa pulang 11 piala.
 
 
 

Baca Juga: 8 Serial Kriminal Apik HBO, Ada yang Diangkat dari Kisah Nyata

5. Band of Brothers (2001)

cuplikan serial Band of Brothers (dok. HBO/Band of Brothers)

Ikon Hollywood, Steven Spielberg dan Tom Hanks berkolaborasi dalam miniseries Band of Brothers. Berlatar Perang Dunia 2, miniseries ini berkisah tentang Easy Company, pasukan tentara yang memiliki peran besar dalam perang melawan Jepang di Eropa.

Band of Brothers diadaptasi dari buku sejarah berjudul sama karya Stephen E. Ambrose yang terbit pada 1992. Dengan total 10 episode, miniseries ini mendapat skor 97% di Rotten Tomatoes dan berhasil masuk 20 nominasi Awards serta membawa pulang tujuh piala termasuk Oustanding Miniseries.

 
 
 

6. I May Destroy You (2020)

cuplikan serial I May Destroy You (dok. HBO/I May Destroy You)

I May Destroy You disebut sebagai mahakarya Michaela Coel yang merepresentasikan trauma dan depresi dengan realistis dan menyentuh. Selain berperan sebagai kreator, Coel juga berperan sebagai tokoh titular yang berupaya menyembuhkan diri pasca pemerkosaan yang dia alami di sebuah klub malam.

Selain karena akting, sinematografi, dan plot yang tanpa kekurangan, I May Destroy You juga dianggap sebagai miniseries terbaik HBO karena mengangkat isu kekerasan seksual dengan jujur dan berani. Miniseries ini meraup apresiasi positif dari berbagai ajang penghargaan bergengsi termasuk Emmy Award dan mendapat skor 98% dari Rotten Tomatoes.

Deretan miniseries tersebut bisa jadi pilihan terbaik bagi kamu yang sedang membutuhkan tontonan namun tidak memiliki banyak waktu untuk mengikuti jalan cerita yang terlalu panjang. Dari Mare of Easttown hingga I May Destroy You, kamu sudah memasukan miniseries yang mana nih ke daftar tontonanmu?

 
 
 

Baca Juga: 5 Serial HBO Go Rating Tertinggi di IMDb, Ada The Last of Us

Verified Writer

Santo Hamada

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya