TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Film Animasi Garapan Hayao Miyazaki Non Ghibli

Seru, gemesin, dan heartwarming

cuplikan film Panda! Go, Panda! (dok. Tokyo Movie Shinsha/Panda! Go, Panda!)

Hayao Miyazaki dikenal banyak orang sebagai maestro film animasi keluaran Studio Ghibli. Dari My Neighbor Totoro hingga Spirited Away, film-film arahannya kerap meraup kesuksesan. Keberhasilannya tersebut dilatarbelakangi oleh kejeniusan Miyazaki dalam mengkreasikan karakter, plot, hingga visual unik dalam karya-karyanya.

Namun, siapa sangka, sebelum menapaki industri animasi bersama Ghibli, Miyazaki telah memproduksi sejumlah film animasi yang kualitasnya tidak bisa diremehkan. Dari film tentang panda hingga kapal hantu, simak rekomendasi film animasi garapan Miyazaki non Ghibli berikut ini, yuk!

 
 
 
 
 
 
 
 
 

2. The Flying Phantom Ship (1969)

poster film The Flying Phantom Ship (dok. Toei Animation/The Flying Phantom Ship)

Dengan arahan apik Hiroshi Ikeda, The Flying Phantom Ship menjadi salah satu batu loncatan Miyazaki dalam berkarir di dunia animasi. Kontribusi Miyazaki sebagai penulis naskah dan storyboard menjadikan film ini memiliki plot yang unik dan visual yang memanjakan mata.

The Flying Phantom Ship berkisah tentang Hayato Arashiyama, seorang anak laki-laki yang orang tuanya dibunuh oleh robot raksasa yang menyebut dirinya utusan kapal hantu. Hayato kemudian bergabung dengan pasukan khusus untuk membalaskan dendamnya. Tapi, rahasia-rahasia mengejutkan kemudian mulai terkuak seiring petualangannya berlangsung.

 
 
 
 
 
 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Animasi Fantasi Studio Ghibli, Tontonan Seru!

3. Panda! Go, Panda! (1972)

cuplikan film Panda! Go, Panda (dok. Tokyo Movie Shinsha/Panda! Go, Panda!)

Masih berperan sebagai penulis naskah, Miyazaki memproduksi film Panda! Go, Panda! bersama sutradara Isao Takahata. Sebelum memproduksi film menggemaskan seperti My Neighbor Totoro (1988), Miyazaki menginterpretasikan imajinasi imut anak kecil ke film ini.

Panda! Go, Panda! berkisah tentang petualangan Papa Panda dan anak panda yang kabur dari kebun binatang untuk mencari rumah yang layak, dan berakhir hidup bersama seorang anak kecil. Tak terduga, ternyata anak bernama Mimiko tersebut juga kesepian dan sedang mencari teman.

 
 
 
 
 
 
 
 
 

4. The Castle of Cagliostro (1979)

cuplikan film The Castle of Cagliostro (dok. Tokyo Movie Shinsha/The Castle of Cagliostro)

The Castle of Cagliostro merupakan film yang diarahkan langsung oleh Miyazaki dan menjadi film animasi pertama arahannya yang meraup kesuksesan besar. Film ini menunjukan ciri khas Miyazaki yang membuat karakter ciptaannya mengalami kesulitan hidup namun diselingi cinta dan humor.

The Castle of Cagliostro berkisah tentang seorang pencuri handal bernama Lupin III, yang mencoba menghentikan rencana penipuan. Konflik tersebut semakin rumit karena melibatkan seorang putri di istana Cagliostro. Lupin kemudian membangun aliansi dengan seorang detektif dan pencuri lainnya untuk mengatasi kejahatan tersebut.

 
 
 

5. Nausicaa of the Valley of the Wind (1984)

cuplikan film Nausicaa of the Valley of the Wind (dok. Toei Animation/Nausicaa of the Valley of the Wind)

Nausicaa of the Valley of the Wind berkisah tentang seorang putri yang berusaha menemukan titik damai antara manusia dan koloni serangga raksasa yang bermutasi. Ia berusaha membuktikan bahwa serangga tersebut tidak berbahaya dan ingin mengembalikan keadaan dunia seperti sedia kala.

Dengan popularitas dan plotnya yang cemerlang, banyak fans yang tidak menduga kalau Nausicaa of the Valley of the Wind bukanlah film garapan Studio Ghibli. Film ini diproduksi oleh Topcraft dan Toei Company serta menjadi film animasi Jepang bertema post-apokaliptik terbaik sepanjang masa.

Nausicaa dan deretan film animasi di atas merupakan karya Miyazaki yang membesarkan namanya dan membuatnya dikenal banyak orang sebagai maestro Ghibli. Dari The Great Adventure of Horus hingga Nausicaa, kamu berencana menonton film yang mana dulu, nih?

 

Verified Writer

Santo Hamada

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya