Comscore Tracker

Meski Lawas, 8 Film Animasi Hayao Miyazaki ini Tak Ada Tandingannya

Cerita dan animasinya bikin kamu takjub kan?

Hayao Miyazaki merupakan sineas animasi asal Jepang yang telah melahirkan banyak karya yang mengagumkan dan mendapat sambutan positif dari para kritikus. Pendiri studio Ghibli ini sejak kecil sangat terobsesi dengan pesawat terbang, mungkin karena itulah banyak film animasi karya beliau yang melibatkan petualangan di atas awan.

Berikut beberapa film animasi lawas karya beliau yang mungkin sudah pernah kamu tonton.

1. Spirited Away (2001)

Meski Lawas, 8 Film Animasi Hayao Miyazaki ini Tak Ada Tandingannyaimdb.com

Chihiro dan orangtuanya sedang dalam perjalanan menuju kota yang akan mereka tinggali, namun mereka tersesat ke sebuah hutan yang misterius. Setelah melewati hutan itu mereka menemukan sebuah taman hiburan yang tampaknya telah ditinggalkan. Karena rasa penasaran, sang ayah pun menjelajahi taman itu hingga menemukan sebuah warung yang penuh dengan makanan enak dan masih hangat.

Ayah dan ibu Chihiro dengan rakusnya memakan semua makanan yang tersaji di sana. Setelah itu mereka berubah menjadi babi dan Chihiro yang masih kecil pun harus mencari cara menyelamatkan diri dari tempat itu. Film ini berhasil meraih Oscar kategori 'Film Animasi Terbaik' pada tahun 2002.

2. Princess Mononoke (1997)

Meski Lawas, 8 Film Animasi Hayao Miyazaki ini Tak Ada Tandingannyaimdb.com

Sebuah desa bernama Emishi tiba-tiba diserang oleh iblis berwujud babi hutan. Ashitaka, sang pangeran, memang berhasil mengalahkannya tetapi tangan kanannya terkena kutukan iblis yang bernama Nago itu. Akhirnya Ashitaka harus pergi ke arah barat untuk melepaskan kutukan itu bersama dengan rusa tunggangannya, Yakkuru.

3. Howl Moving Castle (2004)

Meski Lawas, 8 Film Animasi Hayao Miyazaki ini Tak Ada Tandingannyaimdb.com

Sophie, seorang pengrajin topi berusia 18 tahun bertemu dengan penyihir Howl ketika sedang dalam perjalanan menuju rumah adiknya. Saat kembali ke rumah, ia bertemu dengan penyihir jahat yang mengubahnya menjadi seorang nenek. Dalam keadaan panik, Sophie meninggalkan rumah dan tanpa sengaja masuk ke sebuah kastil berjalan milik penyihir.

4. My Neighbour Totoro (1988)

Meski Lawas, 8 Film Animasi Hayao Miyazaki ini Tak Ada Tandingannyaimdb.com

Satsuki dan Mei baru saja pindah ke sebuah desa bersama ayah mereka agar lebih dekat dengan ibu mereka yang sedang dirawat di rumah sakit. Mereka sangat senang dengan suasana baru itu, terutama Mei yang suka menjelajahi desa. Suatu ketika Mei bermain di sebuah pohon besar dekat kuil, di sanalah ia bertemu pertama kali dengan Totoro, makhluk besar berbulu. Kemudian saat Mei dan Satsuki akan menjemput ayahnya mereka bertemu lagi dengan Totoro yang memberi mereka sesuatu. Apakah Totoro nyata atau sekedar khayalan mereka?

Baca Juga: 7 Tokoh Cewek Animasi Inspiratif di Studio Ghibli, Pas Jadi Role Model!

5. Castle in the Sky (1986)

Meski Lawas, 8 Film Animasi Hayao Miyazaki ini Tak Ada Tandingannyaimdb.com

Pazu, anak laki-laki yang bekerja di pertambangan batu bara menemukan Sheeta yang jatuh ke bumi secara perlahan. Mereka menemukan fakta bahwa sekelompok bajak angkasa dan tentaranya sedang mengejar Sheeta untuk merampas batu kristal yang dimilikinya. Untuk menyelamatkan nyawa Sheeta, Pazu harus terlibat petualangan di atas awan dengan berbagai kendaraan terbang. Petualangan itu membawanya pada kenangan masa kecilnya, tentang pencarian mendiang ayahnya di Laputa, sebuah istana yang terbang di atas awan.

6. Nausicaa of the Valley of the Wind (1984)

Meski Lawas, 8 Film Animasi Hayao Miyazaki ini Tak Ada Tandingannyaimdb.com

Dengan peralatan terbangnya Nausica yang gemar berpetualang pergi ke tempat-tempat yang jauh. Suatu ketika ia bertemu seseorang pengelana yang diserang monster dari hutan, Nausica berhasil menolongnya dan membawa orang itu ke tempatnya tinggal. Ayahnya yang sedang sakit merasa gembira karena orang yang ditolong Nausica itu adalah sahabatnya, Lord Yuca. Namun kegembiraan ini tak bertahan lama karena kemudian datang serangan secara mendadak. Warga yang biasa hidup damai tersebut sangat terkejut dan tentu saja mereka kewalahan.

7. Kiki's Delivery Service (1989)

Meski Lawas, 8 Film Animasi Hayao Miyazaki ini Tak Ada Tandingannyaimdb.com

Seorang penyihir cilik bernama Kiki bersiap merantau dari rumah orang tuanya. Hal ini harus dilakukan karena merupakan tradisi turun-temurun setiap penyihir setelah berumur 13 tahun. Tujuannya adalah mencari perkotaan untuk belajar keahlian sihir baru. Dengan menaiki sebuah sapu terbang, Kiki akhirnya sampai di kota besar di tepi laut. Namun, menjadi penyihir di kota besar tak semudah bayangan Kiki. Banyak sekali hambatan yang harus dilalui Kiki hingga ia berhasil mencapai tujuannya.

8. Porco Rosso (1992)

Meski Lawas, 8 Film Animasi Hayao Miyazaki ini Tak Ada Tandingannyaimdb.com

Penerbang veteran pesawat tempur Italia bernama Rocco yang terkena kutukan hingga ia berubah menjadi babi. berkerja sebagai penerbang lepas dan berburu para pembajak. Suatu ketika pesawat yang diterbangkannya jatuh ke laut setelah ditembak seorang penerbang asal Amerika. Porco selamat dan atas bantuan cucu sahabatnya ia akan menantang orang yang telah menjatuhkannya.

Itu tadi beberapa karya terbaik dari sutradara berusia 77 tahun itu. Film animasi mana yang belum kalian tonton?

Baca Juga: 5 Soundtrack Studio Ghibli yang Paling Menyentuh, Jadi Baper!

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya