TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Film Qodrat dan Inang, Angkat Ritual Pengusiran Roh Jahat

Metode pengusiran dari agama Islam dan budaya Jawa

poster film Qodrat dan Inang (Instagram.com/magmaent | Instagram.com/filminang)

Bulan Oktober mendatang, bioskop Indonesia akan didatangi oleh beberapa film horor yang berangkat dari ritual pengusiran roh jahat, yaitu Qodrat dan Inang. Dua film tersebut menjadi sinema yang wajib ditunggu bagi pencinta film horor.

Qodrat, film yang digarap oleh Magma Entertainment dan Rapi Films mungkin bisa juga disebut film horor religi. Pasalnya, isu yang diangkat adalah metode pengusiran setan dalam Islam. Sedangkan Inang sendiri merupakan metode buang sial dalam tradisi Jawa Rabu Wekasan.

Penasaran dengan gambaran ritual dalam film Qodrat dan Inang? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Sudah Tahu? 5 Film Horor Pertama di Dunia, Kiblat Film Horor Saat Ini 

Qodrat: Ritual rukiah pengusiran setan menegangkan di Desa Kober

Film Qodrat menjadi debut Vino G. Bastian sebagai film horor pertamanya bersama sang istri, Marsha Timothy. Di film ini, Vino akan berperan sebagai Ustadz Qodrat, pemilik ilmu rukiah dan kerap membantu warga yang kerasukan jin jahat.

Rukiah merupakan ritual dalam Islam untuk mengusir jin jahat, sihir, dan sebagainya dari dalam tubuh manusia. Metode penyembuhan ini bisa dilakukan secara mandiri dengan membaca ayat Al-Quran, namun dalam Qodrat ini harus melalui bantuan ustadz lantaran jin yang bersarang sangatlah kuat.

Dalam film ini, kita akan menyaksikan bagaimana Charles Gozali, sang sutradara mengeksekusi rukiah dalam layar lebar. Melalui sosok ustadz rukiah, penonton disuguhkan suasana horor klasik dengan sentuhan masa kini.

Di detik pertama trailer Ustadz Qodrat sedang merukiah anaknya, Alif Al-Fatanah dengan bacaan Al-Quran. Situasi mencekam begitu terasa nyata karena keluarnya cairan hitam dari mulut Alif.

Naas, Qodrat harus menelan pil pahit atas kegagalannya saat merukiah anaknya sendiri yang dirasuki setan Assuala. Merasa trauma, ia pun memutuskan untuk kembali ke Desa Kober, tempat di mana dirinya mengemban ilmu agama dulu.

Sayangnya desa itu telah dipenuhi gangguan-gangguan aneh sejak kepergian Qodrat. Sebenarnya, ia sudah tak ingin merukiah seseorang akibat kematian anaknya. Namun, ada permintaan datang dari Yasmin (Marsha Timothy) untuk mengusir setan jahat dari tubuh anaknya, Alif Amri.

Qodrat pun akhirnya harus berhadapan lagi dengan proses rukiah yang telah menjadi traumanya. Berbagai teror pun menghampiri ia dan Desa Kober, terutama dari amukan setan Asuala. Situasi di Desa Kober semakin tak terkontrol, apalagi saat hampir semua warga desa kerasukan.

Lantas, mampukan Qodrat mengalahkan setan Assuala dan mengusirnya dari Desa Kober? Temukan jawabannya di bioskop nanti pada 27 Oktober 2022 besok, ya!

Baca Juga: Tradisi Horor di Film Pamali dan Inang, Bawa Malapetaka!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya