Comscore Tracker

5 Karakter Anime Ini Ternyata Termasuk 'Nepo Baby'

Kalau gak karena privilege keluarga, apa mereka bisa hebat?

Nepotisme adalah kebiasaan atau praktik menunjuk atau memberikan keuntungan kepada anggota keluarga atau orang yang dekat dengan seseorang, terutama dalam hal pemberian pekerjaan atau promosi, tanpa mempertimbangkan kualifikasi atau kemampuan yang sebenarnya.

Di dunia nyata, kita sering kali menemukan banyak orang atau tokoh yang hebat dan berpengaruh ternyata masuk ke dalam jaringan nepotisme. Kesuksesan dan kehebatan orang tersebut ternyata bukan hasil kerja kerasnya sendiri, tapi karena memang sudah punya banyak privilege sehingga berpengaruh besar.

Kalau di dunia anime sendiri, kira-kira siapa saja ya karakter yang termasuk ke dalam nepo baby atau anak yang memang terlahir dalam jaringan nepotisme yang penuh dengan privilege? Kita cek satu-satu!

1. Gon Freecs - Hunter x Hunter

5 Karakter Anime Ini Ternyata Termasuk 'Nepo Baby'Gon Freecs (dok. Nippon Animation/Hunter x Hunter)

Kenapa Gon masuk ke dalam nepo baby?  Kalau kamu ingat, di episode-episode awal saat Gon dalam perjalanan menuju tempat ujian Hunter, ternyata nakhoda kapal yang Gon tumpangi adalah teman Gin, ayah Gon. Nahkoda tersebut pun memberi bocoran kepada Gon untuk tempat ujian selanjutnya, sesuatu yang mungkin gak akan didapat oleh peserta dengan garis keturunan biasa seperti Leorio.

Gimana dengan Killua? Oh tentu saja, dia nepo baby lahir batin. Tapi Killua memanfaatkan privilege-nya dengan baik dan tidak ingin keluarganya terlibat terlalu jauh ke dalam kehidupan Killua.

2. Naruto Uzumaki - Naruto

5 Karakter Anime Ini Ternyata Termasuk 'Nepo Baby'Naruto Uzumaki (dok. Pierrot Studios/Naruto)

Kalau lihat Naruto, kayaknya gak akan heran kenapa karakter satu ini OP alias overpowered. Lihat saja garis keturunannya, ayahnya Minato Namikaze seorang Hokage yang tentu kemampuannya tak perlu diragukan. Sementara ibunya, Kushina Uzumaki, juga gak kalah hebat karena mampu menjadi wadah untuk menyegel Kurama si rubah berekor sembilan.

Meskipun kedua orangtuanya meninggal, tapi legacy Minato dan Kushina serta jejak nepotisme yang berada pada jalan hidup Naruto rasanya terlalu besar untuk tidak disadari warga Hokage. Bagaimana tidak, sedari kecil ia dirawat oleh Kakashi, Iruka, dan Sarutobi (yang sebenarnya perannya juga gak seberapa besar sih).

Saat belajar untuk menjadi jounin pun, ia berada di bawah asuhan Jiraiya dan Tsunade. Dua orang yang kemampuannya luar biasa dan gak kaleng-kaleng lagi di dunia perninjaan.

Kurang nepotisme apalagi karakter satu ini? Dan tolong jangan bahas soal anak Naruto yang super ber-privilege, Boruto. Karena rasanya akan sangat menguras emosi dan energi mengingat betapa beruntungnya Boruto dan betapa tidak bersyukurnya Boruto memiliki orangtua seperti Naruto dan Hinata.

Baca Juga: Ramai Diperbincangkan, Apa Itu Nepo Baby?

3. Eren Jaeger - Shingeki no Kyoujin

5 Karakter Anime Ini Ternyata Termasuk 'Nepo Baby'Eren Jaeger (dok MAPPA Studios/Shingeki no Kyoujin)

Di awal season, kita mungkin sempat iba dan menaruh belas kasihan dengan karakter satu ini. Bagaimana tidak, ayahnya menghilang entah di mana dan ibunya meninggal di depan mata Eren saat serangan titan di distrik Shiganshina. Bingung dan sebatang kara, bersama Mikasa dan Armin akhirnya mengabdi menjadi korps di pemerintahan untuk membasmi titan.

Tapi, setelah memasuki season tengah hingga akhir, baru ketahuan kalau Eren sebenarnya bukan anak sembarangan. Ia anak yang memang sengaja dijadikan Founding Titan oleh ayahnya, yang sebenarnya merupakan kriminal di Marley yang dibuang di Paradis Island. Kalau saja ayah Eren bukan Founding Titan, apakah Eren akan tetap memiliki pengikut garis keras yang fanatik yang rela melakukan apa pun demi Eren? Belum tentu.

Kayaknya yang beneran gak punya privilege cuma Armin. Mengingat Mikasa dan Levi mewarisi darah Ackerman, sang tangan kanan raja.

4. Shinichi Kudo - Detective Conan

5 Karakter Anime Ini Ternyata Termasuk 'Nepo Baby'Shinichi Kudo dan Ran Mouri (dok. TMS Entertainment/Detective Conan)

Memiliki dua orangtua yang cerdas dan berwibawa tentu membuat Shinichi Kudo terlahir dengan segenap privilege. Sang ayah, Yusaku Kudo merupakan novelis kelas dunia yang membuat serial Night Baron dan sang ibu, Yukiko Kudo merupakan aktris kenamaan Jepang sebelum akhirnya pensiun. Tak hanya itu, Yukiko pun adalah teman dekat Sharon Vineyard yang merupakan anggota organisasi hitam yang membuat APTX 4869, obat yang membuat tubuh Shinichi mengecil.

Karena koneksi orangtuanya itulah, Shinichi kecil bisa tinggal di tempat Profesor Agasa dan memanfaatkan kepintaran Profesor Agasa untuk menciptakan alat-alat canggih.

Bayangkan kalau dia cuma anak SMA biasa yang tiba-tiba menelan obat APTX 4869, ya udah selesai di situ ceritanya. Mungkin akan langsung dibunuh di tempat saat itu juga.

5. Light Yagami - Death Note

5 Karakter Anime Ini Ternyata Termasuk 'Nepo Baby'Light Yagami (dok. Madhouse Studios/Death Note)

Light Yagami adalah karakter utama dari serial manga dan anime Jepang bernama "Death Note". Light Yagami adalah seorang siswa SMA yang sangat cerdas dan memiliki IQ yang tinggi. Dia memperoleh buku catatan kematian yang memberinya kekuatan untuk membunuh orang hanya dengan menuliskan nama mereka di dalamnya.

Dengan menyadap saluran radio dari stasiun kepolisian milik ayahnya bekerja sebagai kepala departemen, Light memanfaatkan privilege-nya sebagai anak polisi untuk mencari tahu kriminal mana saja yang sedang berkeliaran bebas dan bisa ia taruh namanya ke dalam Death Note. Andaikan Light bukan anak polisi, rasanya Light tak akan mengambil langkah sejauh itu karena tak memiliki akses ke dalam kepolisian.

Karakter anime nepo baby alias anak-anak yang lahir dengan garis keturunan tidak biasa ini tentu akan selalu jadi karakter utama di satu judul anime. Dengan kemampuan di atas rata-rata dan backing-an yang juga gak main-main, rasanya gak heran kalau mereka memang lebih menonjol dibanding yang lain.

Kira-kira, karakter anime apa ya yang berhasil dan sukses meskipun terlahir dari keluarga yang biasa-biasa saja?

Baca Juga: 5 Kekejian Light Yagami di Anime Death Note, Real Penjahat!

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya