Comscore Tracker

Dianggap Menghina Artis YG, Ini Kronologi Konten YouTube Han Yoo Ra

Han Yoo Ra sudah mengeluarkan video klarifikasi

Kehebohan netizen di dunia maya memang gak ada habisnya untuk dibahas. Beberapa waktu lalu, para pencinta KPop, khususnya yang menyukai artis-artis YG sedang ramai membicarakan salah satu konten yang cukup sensitif milik Han Yoo Ra. 

Lama vakum dan kembali menyapa penggemarnya, YouTuber sekaligus pemain film "The Underdogs" ini menuai berbagai komentar dari yang mendukung hingga yang menyudutkan videonya. Lalu seperti apa sih kronologinya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Yoo Ra, YouTuber berkebangsaan Korea Selatan yang lama menetap di Indonesia

Dianggap Menghina Artis YG, Ini Kronologi Konten YouTube Han Yoo Rainstagram.com/big_miss_han

Kamu yang suka menghabiskan waktu dengan berpetualang ria di YouTube pastinya sih gak asing dengan sosok Yoo Ra. Ia telah menggeluti profesi sebagai konten kreator kurang lebih empat tahun siam. Ia lahir di Korea Selatan dan telah lama menetap di Indonesia. 

Konten awal yang dibuatnya berkonsep lifestyle dengan membahas berbagai gaya hidup dari fashion hingga makanan. Ia juga sempat terlibat beberapa proyek kolaborasi dengan YouTuber Indonesia yang lain. Bahkan wanita 27 tahun ini memiliki rekan kerja imajinatif yang dikenal fans dengan nama "Kosong", si boneka lumba-lumba berwarna abu-abu.

Baca Juga: Sakit & Sembuh, 6 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Han Yoora

2. Video pertama yang mengundang kontroversi

https://www.youtube.com/embed/NPtGdOmYGS8

Yoo Ra menuliskan judul yang cukup clickbait, "Aku khawatir kondisi mereka: Black Pink - Kill This Love (Part 1)" pada video yang diunggah 23 April 2019 silam. Membaca judul tersebut ditambahkan thumbnail yang menarik perhatian tentu akan membawa penggemar KPop untuk menyaksikan videonya. 

Secara umum, video ini mengulas tentang kesuksesan yang dialami BLACKPINK dan beberapa keganjilan yang menurut Yoo Ra sebagai warga Korea Selatan bertolak belakang dengan fakta yang diketahui publik. Ia menyampaikan beberapa pandangannya, mulai dari lagu "Kill This Love", popularitas Lisa cs, kondisi YG terkini, hingga beberapa komentar tentang artis YG yang lain. 

Video ini kemudian menjadi populer dan cukup menimbulkan berbagai komentar yang negatif dari para penggemar. Yoo Ra dikritik dengan penulisan Black Pink (seharusnya disambung), hingga pada komentarnya yang menyatakan jika iKON adalah adik BLACKPINK pada menit keempat belas video tersebut. Hingga saat ini akun YouTube Yoo Ra telah dibanjiri 15 ribu komentar. 

3. Klarifikasi dan permintaan maaf Yoo Ra

https://www.youtube.com/embed/LYHSUFhr_To

Berselang dua hari dari viralnya video part 1 itu, Yoo Ra dan tim kembali mengunggah video part 2 "Aku minta maaf". Video kali ini berisi permintaan maaf tentang beberapa kekeliruan yang  terdapat di video sebelumnya, seperti salah menuliskan nama BLACKPINK hingga keliru dalam menganggap bahwa iKON debut setelah Jennie, Rose, Lisa dan Jisoo. 

Selain itu, Yoo Ra juga meluruskan beberapa kesalahpahaman yang terjadi antara dirinya dan penonton video di part 1. Ia memperlihatkan beberapa situs dan tayangan televisi yang menjadi sumber opininya. Tak lupa ia menjelaskan bahwa konten yang dibuatnya tidak bermaksud untuk menyudutkan berbagai pihak melainkan memperlihatkan fakta yang ada. Klarifikasi Yoo Ra disambut dengan baik oleh penggemar. Ia pun mendapatkan dukungan agar tetap terus berkarya. 

Kamu sendiri sudah nonton videonya gak nih? Menurutmu gimana konten yang disampaikan oleh Yoo Ra?

Baca Juga: BLACKPINK vs BTS! 10 Lagu KPop Rilis April 2019 yang Bikin Jatuh Hati

Topic:

  • Rosita A.
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya