Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Orangtua untuk Menjadi Sahabat bagi Anak-anak

Bukan hanya sebagai orangtua, tapi juga bisa sebagai sahabat

Komunikasi adalah hal yang terpenting dalam hubungan antara orangtua dan anak. Kadang, komunikasi tersebut terhambat karena kesibukan masing-masing. Bisa juga, anak enggan untuk berkomunikasi karena menganggap orangtuanya terlalu otoriter.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, orangtua harus menjadi sahabat bagi anaknya supaya terjalin komunikasi yang baik. Berikut lima cara agar dapat menjadi sahabat bagi anak.

1. Menegur jika melakukan salah

5 Cara Ampuh Orangtua untuk Menjadi Sahabat bagi Anak-anakpexels.com/@pixabay

Berbuat kesalahan adalah hal yang wajar. Jika anak melakukan suatu kesalahan, jangan langsung dimarahi. Kamu bisa menegurnya secara perlahan. Nasihati anak dengan memberikan pengertian. Sebaiknya, orangtua memosisikan diri sebagai teman, sehingga mudah berbicara tanpa harus menyudutkan anak.

2. Menjadi pendengar yang baik

5 Cara Ampuh Orangtua untuk Menjadi Sahabat bagi Anak-anakpexels.com/@daria shevtsova

Setiap anak selalu memiliki masalah, entah masalah dengan temannya atau lingkungannya. Sebagai orangtua, luangkan waktu ketika anak bercerita. Beri kebebasan pada anak untuk mengeluarkan pendapatnya tanpa memotong dan membuat suatu pernyataan.

Dengarkan dahulu semua kelurahan dan pendapatnya, baru beri solusi dan ajak berdiskusi. Beri nasihat pada anak yang bisa membangun karakternya menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anak Tidak Boleh Pelit Uang & Waktu pada Orangtua

3. Kenali lingkungan pergaulannya

5 Cara Ampuh Orangtua untuk Menjadi Sahabat bagi Anak-anakpexels.com/@bruce mars

Mengenali lingkungan pergaulan anak adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa khawatir pada anak. Kamu pun bisa mendeteksi pergaulan anak. Kenali teman-temannya, bahkan orangtua mereka juga. Tujuannya untuk dapat bertukar informasi dan mengetahui perkembangan anak. Selain itu, kalian pun bisa saling mengawasi pergaulan anak.

4. Jangan memaksakan kehendak

5 Cara Ampuh Orangtua untuk Menjadi Sahabat bagi Anak-anakpexels.com/@pixabay

Sebaiknya, orangtua jangan memaksakan kehendak atau keinginan pada anak. Hal tersebut akan membuat anak menjauh. Anak yang sering dipaksa akan berubah sikapnya, seperti sering berbohong, berkelit, dan menangis. Orangtua dapat bertanya apa keinginan anak, lalu arahkan dan tuntun anak dengan baik.

5. Selalu ada untuk anak

5 Cara Ampuh Orangtua untuk Menjadi Sahabat bagi Anak-anakpexels.com/@lina-kivaka

Temani anak saat bermain, membaca buku, nonton, menggambar, dan makan bersama. Jangan minta pengasuh untuk menggantikan posisi orangtua karena anak membutuhkan kehadiran ibu dan bapaknya. Dengan selalu berada bersama anak, mereka akan merasa selalu dihargai dan dicintai.

Sejatinya, sebagai orangtua harus menjalin hubungan yang berkualitas dengan anak. Menjadi sahabat atau teman adalah solusinya. Semua ini agar anak tidak lari ke tempat yang salah untuk menyelesaikan masalahnya.

Baca Juga: Orangtua Sering Bertengkar, Ini 5 Akibat Buruk yang Terjadi pada Anak

A Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya