Comscore Tracker

Gunakan 4 Ranah, GetCraft Dukung Creator di Industri Kreatif

Apa jadinya kalau creator yang menguasai dunia?

Jakarta, IDN Times – Bagaimana jika para creator yang memimpin dunia? Berangkat dari pertanyaan ini, GetCraft menggelar ekshibisi karya “When Creators Rule the World...” yang diselenggarakan di Kopi Kalyan Barito, Jakarta Selatan (5/4). Acara ini selaras dengan visi menjadikan bisnis kreatif lebih efisien, GetCraft mendukung creator menjadi semakin sukses sehingga industri kreatif berkembang pesat, dan mereka kelak menguasai dunia lewat ekspresi kreativitas. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Berawal dari kompetisi yang diselenggarakan GetCraft

Gunakan 4 Ranah, GetCraft Dukung Creator di Industri KreatifIDN Times/Anindya Roswita Putri

Sebanyak 125 kreator konten dari 6 negara telah berpartisipasi dan “bercerita” melalui karya berupa tulisan, desain, ilustrasi foto hingga video. Semua karya yang dibuat oleh para kreator telah diterbitkan secara online dan dilihat lebih dari 600 ribu pengguna internet/media sosial. Menariknya, setiap kreator bebas berekspresi lewat karya kreatif dan mengumpulkan submisi karya sebanyak-banyaknya untuk meraih kesempatan mendapatkan total hadiah sebesar 100 juta Rupiah.

“Kami memang tidak mau membatasi ruang berekspresi para kreator, dan mengharapkan mereka dapat meluapkan ide kreatifnya untuk menginterpretasikan tema yang diberikan. Karena, kompetisi ini lebih ke soal kreativitas menerjemahkan ide-ide dalam pesan, dan bukan hanya perkara teknis pembuatan karya.” Ujar Patrick Searie, CEO Global GetCraft.

2. lebih dari 150 karya melewati tahap penjurian berlapis

Gunakan 4 Ranah, GetCraft Dukung Creator di Industri KreatifIDN Times/Anindya Roswita Putri

Berbagai pihak diikutsertakan dalam mengkurasi karya-karya yang telah didaftarkan oleh para peserta. Tidak main-main, GetCraft juga melibatkan banyak orang-orang yang selama ini sudah terkenal ahli di bidangnya untuk menyeleksi lebih dari 150 karya yang masuk selama periode berlangsung.

Setiap karya yang masuk harus melewati proses kurasi berlapis serta tahap penjurian oleh para juri yang diwakili oleh tiga negara yakni Mehdi Lamloum(Executive Worldwide Creative Director Iris Worldwide, Indonesia), Leigh Reyes (President and Chief Vreative Officer of MullenLowe Fillipina), Jing Lejano (Writer and Communication Specialist, Filipina), Sid Maderazo (TV Company Asia Tenggara), Ben Kim (Head of Design& User Experience iPrice Group, Mentor at Malaysian Global Innovation & Creativity Center), dan juga juri-juri internal dari GetCraft.

3. Tampilkan 20 karya terbaik dari “When Creators Rule The World...”

Gunakan 4 Ranah, GetCraft Dukung Creator di Industri KreatifIDN Times/Anindya Roswita Putri

Sebagai bentuk apresiasi dan perayaan terhadap kompetisi ini, GetCraft mempersembahkan sebuah pameran/ekshibisi yang menampilkan 20 karya terbaik dari para kreator yang telah ambil bagian dalam kompetisi “When Creators Rule The World...” Ekshibisi ini sendiri akan dibuka untuk umum dari tanggal 5 – 7 April 2019 dan mempertunjukkan hasil karya dari empat ranah kreatif yang tertuang dalam bentuk tulisan, desain/ilustrasi, fotografi dan videografi.

4. Karya yang dibuat creator juga bicara soal dampak terhadap lingkungan sekitar

Gunakan 4 Ranah, GetCraft Dukung Creator di Industri KreatifIDN Times/Anindya Roswita Putri

Dari keempat ranah kreatif yang dipamerkan, ada SINERI FILM dari ranah videografi yang karyanya ikut masuk ke dalam 20 besar karya terbaik dalam kompetisi ini. Salah satu perwakilan dari SINERI FILM ikut angkat bicara soal karya yang ia submit untuk kompetisi ini.

Berangkat dari momen-momen “spontan” selama pembuatan videonya, SINERI FILM menegaskan beberapa perspektif yang ingin disampaikan lewat karyanya, yaitu bagaimana kebahagiaan sesungguhnya bukanlah hal yang menyulitkan jika dilihat dari sudut pandang anak kecil. Selain itu, SINERI FILM juga menegaskan sudut pandang lain soal menjadi seorang creator.

“Perspektif kedua mengambil sudut pandang dari seorang fotografer, dalam hal ini gue mengangkat tematik dari si fotografer sebagai influencer/kreator, bahwa karya ini bukan hanya soal kreator tetapi juga soal dampak yang diberikan untuk masyarakat,” tegas salah satu perwakilan dari SINERI FILM.  

5. Dimeriahkan dengan musikalisasi puisi dan music performance

Gunakan 4 Ranah, GetCraft Dukung Creator di Industri KreatifIDN Times/Anindya Roswita Putri

Tidak hanya ekshibisi/pameran saja, GetCraft “When Creators Rule The World...” juga menampilkan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh Linda Rahardja, salah seorang kreator yang ikut serta dalam kompetisi ini. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari Sky Sucahyo yang membawakan beberapa lagu andalannya yang disajikan oleh Microgram Entertainment.

GetCraft sendiri merupakan sebuah marketplace vendor kreatif premium di Asia Tenggara yang membantu para pemasar untuk menemukan pengelola dan mengatur pembayaran jasa kreatif untuk seluruh kebutuhan pemasaran. Kompetisi “When Creators Rule The World...” sendiri merupakan salah satu bukti nyata sejauh mana GetCraft ikut terlibat untuk terus mendukung para kreator muda agar terus berkarya di industri kreatif.

 

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya