Comscore Tracker

Populer Lagi, Ini 8 Jenis Ikan Cupang dengan Motif Super Cantik

Dinamai berdasarkan bentuk sirip dan ekornya

Ikan cupang memang sudah lama menjadi salah satu ikan peliharaan yang populer. Tujuan dari orang-orang memelihara ikan yang dalam bahasa Inggris dinamakan betta fish ini pun beragam. Ada yang tertarik pada kecantikan motif tubuh dan ada pula yang memeliharanya untuk diadu dengan ikan cupang lain.

Nah, setelah sempat meredup popularitasnya selama beberapa tahun ke belakang, tren memelihara ikan cupang kembali mengudara lagi di pertengahan 2020. Khusus bagi peminat ikan cupang berdasarkan kecantikannya, ini 10 jenis ikan cupang dengan motif super cantik yang juga populer untuk dipelihara berdasarkan bentuk ekor dan siripnya. Penasaran apa saja jenis ikan cupang tersebut? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Crown tail

Populer Lagi, Ini 8 Jenis Ikan Cupang dengan Motif Super CantikPixabay.com/ivabalk

Ikan cupang jenis crown tail atau yang biasa kita kenal sebagai ikan cupang 'serit' dapat dengan mudah dikenali berkat ciri-ciri ekor panjangnya yang berbentuk meruncing dan sirip yang seolah membentuk sebuah mahkota. Biasanya, pejantannya akan menghasilkan warna yang lebih terang dan menarik ketimbang betinanya.

Menariknya lagi, ikan cupang jenis ini termasuk yang termuda dari jenis lain. Mereka baru dibiakkan pada tahun 1997 oleh pengembangbiak ikan cupang asal Indonesia bernama Ahmad Yusuf, lho.

2. Halfmoon

Populer Lagi, Ini 8 Jenis Ikan Cupang dengan Motif Super CantikPixabay.com/ivabalk

Sesuai dengan namanya, ikan cupang jenis halfmoon memiliki bentuk ekor yang menyerupai separuh bagian bulan yang nampak sangat cantik. Sirip mereka termasuk salah satu yang terpanjang dan sering kali dijumpai dengan warna-warna yang unik.

Oh iya, jenis ikan cupang yang satu ini tidak ditemukan di alam liar, lho. Mereka merupakan jenis ikan cupang hasil pengembangbiakan yang dilakukan oleh manusia.

3. Rosetail / feathertail

Populer Lagi, Ini 8 Jenis Ikan Cupang dengan Motif Super CantikUnsplash.com/Khoa Pham

Ikan cupang jenis rose tail ini sebenarnya merupakan salah satu bagian dari jenis half moon. Akan tetapi, perbedaan mencolok antara rose tail dengan half moon ada pada bentuk cabang ekor dari rose tail yang lebih banyak dan saling tumpang tindih sehingga membentuk motif bunga mawar. 

Jika bentuk cabang ekor dari ikan cupang jenis ini sangat bercabang dengan bentuk yang acak-acakan, maka mereka diklasifikasikan sebagai jenis feather tail, lho.

4. Veiltail

Populer Lagi, Ini 8 Jenis Ikan Cupang dengan Motif Super CantikPexels.com/Tim Mossholder

Ikan cupang jenis veiltail dikenali berkat sirip panjangnya yang menukik ke bawah serta variasi warna yang beragam dan cerah pada tubuhnya. Mereka merupakan salah satu jenis ikan cupang yang cukup populer di kalangan penghobi, lho.

Selain kecantikan motif tubuhnya, jenis yang satu ini juga populer di kalangan penghobi baru karena sifatnya yang lebih kalem ketimbang jenis lain

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Ikan Cupang, Si Cantik yang Suka Berantem!

5. Plakat

Populer Lagi, Ini 8 Jenis Ikan Cupang dengan Motif Super CantikPixabay.com/yin8003211

Ikan cupang jenis plakat merupakan yang paling umum dijumpai sebagai ikan cupang aduan. Berbeda dengan jenis lain dalam daftar ini, ikan cupang jenis plakat cenderung memiliki ekor pendek berbentuk bulat. Mereka juga memiliki sirip terpendek dari jenis lain dalam daftar ini dengan varian warna yang tetap cantik pada pejantannya. 

Ada fakta menarik dari ikan cupang jenis plakat ini. Ternyata bentuk dari mereka merupakan yang paling mendekati dengan jenis ikan cupang yang hidup di alam liar, lho.

6. Delta / super delta

Populer Lagi, Ini 8 Jenis Ikan Cupang dengan Motif Super CantikPixabay.com/ivabalk

Terbagi atas 2 varian berbeda, antara ikan cupang jenis delta dan super delta memiliki satu kesamaan, yaitu ekor besar yang melebar di ujungnya dan menyempit ke arah tubuh sehingga nampak seperti simbol delta pada huruf Yunani.

Perbedaan antara delta dengan super delta ada pada lebar ekornya. Super delta memiliki rentang ekor mendekati 180 derajat, sedangkan jenis delta nampak lebih kecil. 

7. Doubletail

Populer Lagi, Ini 8 Jenis Ikan Cupang dengan Motif Super Cantikfishkeepingworld.com

Sesuai namanya, ikan cupang jenis double tail dikenali lewat dua ekor berbeda yang terpisah dari pangkalnya yang masing-masing berbentuk seperti setengah bagian bulan. Selain itu, biasanya ikan cupang jenis ini memiliki variasi sirip punggung yang lebih panjang dan besar ketimbang ukuran tubuhnya sendiri.

Tak hanya itu, gen dari ikan cupang double tail  ternyata bisa ditemui dari jenis ikan cupang lain dengan berbagai bentuk ekor dan ukuran tubuh, lho.

8. Elephant ear / dumbo

Populer Lagi, Ini 8 Jenis Ikan Cupang dengan Motif Super Cantikfishkeepingworld.com

Jenis elephant ear atau dikenal juga dengan nama dumbo betta merupakan salah satu jenis ikan cupang yang paling unik. Berbeda dengan jenis lain pada daftar ini yang menunjukkan keunikan ekor maupun warna, keunikan jenis elephant ear ada pada sirip dadanya.

Bagian sirip dadanya tersebut lebih besar daripada jenis ikan cupang lain dan terlihat seperti telinga seekor gajah. Dari situ ikan cupang jenis ini mendapatkan namanya. Uniknya lagi, ternyata ikan cupang jenis ini bisa ditemui di alam liar dengan warna yang lebih gelap ketimbang yang dikembangbiakkan oleh manusia, lho.

Nah, itu dia 8 jenis ikan cupang dengan motif tubuh yang cantik berdasarkan bentuk sirip dan ekornya. Di antara kedelapan jenis ikan cupang tersebut, mana yang paling menarik perhatianmu, nih?

Baca Juga: Wabah DBD Meningkat, Pebisnis Ikan Cupang di Cirebon Laris Manis

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya