Comscore Tracker

7 Drama dan Film Korea Ini Bertema Kejahatan Keuangan, Wajib Nonton!

Menonton sambil memahami sisi gelapnya #WaktunyaKorea

Sat pandemi seperti saat ini, membuat penonton drama hingga film Korea melejit. Bukan hanya drama saja, Korea Selatan juga terkenal atas filmnya yang terdiri dari berbagai tema yang menarik sehingga terhindar dari rasa bosan ketika menontonnya.

Tidak melulu mengangkat tema percintaan, drama dan film Korea bertema finansial menjadi genre yang tak kalah populer. Selain ceritanya yang seru dan menarik, penonton dapat menambah pengetahuan mengenai istilah keuangan dan belajar lebih banyak dari drama dan film ini.

Berikut ini 7 drama dan film Korea yang mengusung tema kejahatan keuangan. Kalian wajib nonton!

1. Money Game (2020)

https://www.youtube.com/embed/Z9WlNSa-_fw

Money game adalah drama yang ditayangkan di saluran tvN. Drama ini menceritakan tentang bank yang milik pemerintah Korea Selatan yang berada diambang kepailitan. Negara merasa khawatir, bahwa mereka akan menghadapi krisis keuangan seperti tahun 1997.

Chae Yi Hun (Go Soo) adalah Kepala Biro Kebijakan Ekonomi di Komisi Keuangan. Heo Jae (Lee Sung Min) adalah Ketua Komisi Jasa Keuangan dan seseorang yang ambisius.

Sementara itu, Lee Hye Joon (Shim Eun Kyung) adalah karyawan baru yang bekerja di Biro Keuangan Internasioanl Kementrian Ekonomi dan Keuangan.

Drama ini juga menceritakan adanya manipulasi dari para petinggi demi kepuasan diri sendiri. Menarik untuk ditonton, bukan?

2. Money (2019)

https://www.youtube.com/embed/zuMI_NaMxwg

Film bergenre drama komedi ini bercerita tentang penipuan pasar saham. Ryu Joon Yeol berperan sebagai Jo Il Hyun, seorang broker pemula yang berharap bisa langsung menjadi kaya ketika diterima sebagai salah satu broker di sebuah perusahaan.

Pada suatu hari, tanpa sengaja dia didekati oleh seorang penipu besar (scammer) di pasar saham bernama Beon Ho Pyo yang diperankan oleh Yoo Ji Tae. Tawaran uang jutaan dolar pun sangat menggiurkan bagi Jo Il Hyun.

Namun kemudian, aksi mereka mulai dicurigai oleh Han Ji Cheol (Jo Woo Jin), seorang petugas Layanan Pengawasan Keuangan yang telah lama mengejar Bon Ho Pyo yang menjadi seorang buronan aksi penipuan.

3. Default (2018)

https://www.youtube.com/embed/iw_wt2hHW2w

Film ini bercerita tentang keadaan Korea Selatan seminggu sebelum negara dinyatakan sovereign default. Han Shi Hyun (Kim Hye Soo) adalah seorang Manajer Kebijakan di Bank of Korea. Ia memprediksi akan terjadi krisis keuangan namun laporannya tidak digubris.

Sementara Yun Jeong Hak (Yoo Ah In) adalah konsultan keuangan yang mempertaruhkan segalanya dalam menghadapi krisis moneter.

Selain itu, hal yang menarik dari film ini adalah pengambilan dari beberapa sudut pandang, bagaimana pemerintah dalam mengambil kebijakan, rakyat yang terdampak, serta membuka pandangan dan jadi tahu bagaimana IMF mengontrol negara-negara di Asia untuk kepentingan AS.

Baca Juga: 10 Aktris Korea yang Totalitas Jadi Prajurit Tangguh di Film dan Drama

4. The Banker (2019)

https://www.youtube.com/embed/2nQQEyaanIo

Dibintangi Kim Sang Joong, drama ini berkisah seorang bankir bernama Noh Dae Ho yang kemudian diangkat menjadi auditor di bank tempatnya bekerja.

Dengan jabatan barunya sebagai auditor, ia pun harus menghadapi kasus korupsi besar-besaran yang melibatkan para petinggi bank tersebut.

Selain dibintangi oleh Kim Sang Joong, drama ini juga dibintangi oleh Yoo Dong Geun sebagai Kim Sam Do, yaitu seorang Presdir Bank Daehan yang mengangkat Noh menjadi auditor.

Chae Shi Ra juga mengambil peran sebagai Han Soo Ji, seorang Direktur perencanaan masa depan dan juga teman baik Noh Dae Ho.

5. Black Money (2019)

https://www.youtube.com/embed/wZKyyVLlmzE

Black Money merupakan film yang bercerita tentang kasus korupsi. Film ini diperankan oleh Cho Ji Woong yang berperan sebagai Yang Min Hyuk, seorang jaksa yang difitnah atas kematian kliennya.

Untuk membersihkan namanya, ia melakukan penyelidikan hingga menemukan fakta bahwa kliennya merupakan saksi penting atas penjualan Bank Daehan dengan harga yang teramat rendah.

Pada akhirnya untuk menyelesaikan kasus tersebut, Yang Min Hyuk bekerja sama dengan Kim Na Ri (Lee Ha Nae) yang merupakan pengacara Bank Daehan.

6. Good Manager (2017)

https://www.youtube.com/embed/jVNaxHUpjgw

Good Manager merupakan drama tentang seorang akuntan bernama Kim Seong Ryong (Nam Goong Min) yang berasal dari Gunsan. Dia merupakan seseorang yang jago dalam urusan akuntansi dan keuangan, bahkan dalam urusan accounting fraud, penggelapan pajak, dan memalsukan dokumen.

Berkali-kali dia ditangkap karena kejahatan keuangan, tapi ia selalu bebas karena buktinya yang tidak kuat. Kemudian, ia bekerja di sebuah perusahaan bernama TQ Group, yaitu sebuah perusahaan besar di Korea Selatan.

Sejak dia bekerja sebagai manajer di departemen akuntansi, hidupnya mulai berubah. Jika semula dia ingin melakukan korupsi uang perusahaan, Seong Ryong justru mengatasi masalah manajemen perusahaan yang bobrok dan menjadi pahlawan dalam perusahaan tersebut.

7. The Scam (2009)

https://www.youtube.com/embed/qzuNpOqtBM0

The Scam merupakan film yang bertema pasar saham. Berceritakan tentang Hyoen Soo (Park Yong Ha) sebagai day trader selama 5 tahun dan menghabiskan waktunya hanya di depan layar komputer.

Suatu hari, tanpa ia tahu bahwa ia telah mengganggu penipuan pasar saham. Hal itu menarik perhatian mantan gangster yang kini menjadi investor bernama Hwang Jong Ku (Park Hee Soon). Hwang Jong Ku kemudian mengajak Hyeon Soo untuk bergabung ke tim elitnya saat mereka mencoba melakukan penipuan terbesar mereka.

Nah, itulah 7 drama dan film Korea yang mengangkat tema kejahatan keuangan. Dari daftar di atas, mana saja yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 8 Drama dan Film Horor Korea di SMA ini Bikin Mikir Dua Kali

Annisa Devi Fitriyani Photo Writer Annisa Devi Fitriyani

Accounting Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya