Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film Berbahasa Isyarat Buat Mengisi Waktu Luangmu

Bisa buat belajar bahasa isyarat sedikit-sedikit nih!

Tahun lalu, film A Quiet Place menjadi salah satu film paling populer di tahun 2018. Film horor yang bercerita tentang satu keluarga yang hidup dalam kesunyian karena adanya monster yang menyerang saat ada suara. Hal tersebut membuat mereka harus berkomunikasi dengan bahasa isyarat.

Namun, A Quiet Place bukanlah film pertama yang menyajikan adegan-adegan atau tokoh dengan kemampuan berbahasa isyarat. Tercatat ada beberapa film lain yang menyajikan bahasa isyarat, baik secara keseluruhan maupun sebagian, ke dalam cerita di film tersebut.

Buat mengisi waktu luang, berikut penulis rekomendasikan tujuh film berbahasa isyarat yang pastinya menarik untuk kamu tonton.

1. The Miracle Worker (1962)

https://www.youtube.com/embed/pqS-s0Nnwfc

The Miracle Worker adalah film biografi tentang Anne Sullivan (Anne Bancroft), seorang guru dari tokoh buta-tuli terkenal, Helen Keller (Patty Duke) yang disutradarai oleh Arthur Penn.

Film hasil adaptasi dari pertunjukan teater berjudul sama karya William Gibson ini berkisah tentang masa kecil Helen Keller dan perjuangannya belajar berkomunikasi dengan bantuan gurunya, Anne. Keduanya berkomunikasi menggunakan American Sign Language (ASL).

Penampilan Anne Bancroft dan Patty Duke mendapat pujian dari para penggemar dan kritikus film. Keduanya memperoleh Oscar untuk kategori Aktris Terbaik (Anne) dan Aktris Pendukung Terbaik (Patty) pada Academy Awards ke-35 tahun 1963. Film ini selalu menjadi rujukan bagi siapa pun yang ingin belajar bahasa isyarat, khususnya ASL.

2. Children of a Lesser God (1986)

https://www.youtube.com/embed/tWozYtxnSZY

Film hasil karya sutradara Randa Haines yang juga diadaptasi dari pertunjukan teater berjudul sama karya Mark Medoff ini berkisah tentang romantisme antara seorang wanita tuli bernama Sarah Norman (Marlee Matlin) dengan seorang guru di sekolah untuk orang tuli, James Leeds (William Hurt). Perbedaan pendapat antara keduanya tentang cara berkomunikasi dan ketulian menjadi konflik tersendiri dalam hubungan asmara keduanya.

Matlin, yang merupakan seorang aktris tuli, berhasil meraih penghargaan Oscar sebagai Aktris Terbaik pada Academy Awards ke-59 tahun 1987. Sampai saat ini, Matlin menjadi aktor tuli pertama dan satu-satunya (baik pria maupun wanita) yang berhasil meraih Oscar.

Baca Juga: 5 Film 'Sundance Film Festival 2019' yang Recomended Buat Kamu Tonton 

3. The Piano (1993)

https://www.youtube.com/embed/cyTn4XIYH8M

Film karya sutradara Jane Campion ini bercerita tentang seorang pianis bernama Ada McGrath (Holly Hunter) yang mengalami elective mutism, yakni suatu kondisi kebisuan di mana seseorang memilih untuk tidak berbicara dalam situasi apa pun karena suatu trauma.

Setelah piano kesayangannya dijual oleh suaminya, Ada bersikeras memperoleh kembali piano tersebut. Untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya, Ada menggunakan British Sign Language (BSL) yang diterjemahkan oleh anak kandungnya, Flora McGrath (Anna Paquin).

Sama seperti The Miracle Worker, peran Hunter dan Paquin di The Piano mengganjar keduanya dengan Oscar untuk kategori Aktris Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik pada Academy Awards ke-66 tahun 1994.

4. The Tribe (2014)

https://www.youtube.com/embed/48PedT8bDWk

The Tribe berkisah tentang kehidupan gangster di sekolah khusus anak-anak tuli. Film Ukraina karya sutradara Myroslav Slaboshpytskiy ini menjadi salah satu film terunik dalam daftar ini. Sebab, film ini disajikan dalam Ukrainian Sign Language (USL) secara penuh tanpa ada terjemahan sama sekali.

Jadi, siapa pun yang menonton film ini harus menerka sendiri dialog apa yang sebenarnya sedang terjadi dalam film. Kecuali jika kamu mengerti bahasa isyarat Ukraina.

5. Wonderstruck (2017)

https://www.youtube.com/embed/n207k52C3DM

Film drama misteri karya sutradara Todd Haynes ini diadaptasi dari novel anak-anak berjudul sama karya Brian Selznick. Film ini berkisah tentang dua orang anak yang hidup di masa yang berbeda (1927 dan 1977) yang mana kisah hidup mereka saling berpautan dan diceritakan silih berganti di dalam film.

Rose (diperankan oleh aktris tuli, Milicent Simmonds) yang tuli dan hidup di tahun 1927 kabur dari ayahnya untuk pergi mencari ibunya. Sementara Ben (Oakes Fegley) di tahun 1977 pergi meninggalkan rumahnya untuk mencari ayahnya.

6. The Shape of Water (2017)

https://www.youtube.com/embed/XFYWazblaUA

Film karya sutradara Meksiko, Guillermo del Toro ini menceritakan kisah asmara yang unik antara seorang petugas kebersihan yang bisu bernama Elisa (Sally Hawkins) dengan seekor monster air dari pedalaman Amazon yang disebut "Amphibian Man" (Doug Jones).

Elisa yang berkomunikasi dengan American Sign Language merasakan kedekatan dengan Amphibian Man yang sepertinya mengerti apa yang dia rasakan. Keduanya pun berhasil menjalin ikatan percintaan meskipun dipisahkan oleh banyak perbedaan.

7. A Quiet Place (2018)

https://www.youtube.com/embed/WR7cc5t7tv8

Film paling baru dalam daftar ini yang berkisah tentang satu keluarga yang harus hidup dalam kesunyian karena teror dari monster yang menyerang mangsanya melalui suara. Disutradarai oleh John Krasinski, yang juga berakting di film ini sebagai tokoh ayah bernama Lee, film ini menjadi salah satu film paling populer di tahun 2018.

Film ini juga dibintangi oleh Emily Blunt, istri dari Krasinski, yang berperan sebagai Evelyn, ibu dari tiga orang anak, Regan (Millicent Simmonds), Marcus (Noah Jupe), dan Beau (Cade Woodward). Simmonds yang merupakan aktris tuli sengaja dipilih untuk film ini karena Krasinski ingin peran Regan di film tersebut dibawakan oleh aktris yang memang tuli dan bukan oleh aktris yang "berakting menjadi tuli".

Itulah tujuh rekomendasi film berbahasa isyarat yang bisa kamu tonton di waktu luangmu. Kamu sudah nonton yang mana saja?

Baca Juga: 6 Film Hollywood yang Akan Menggebrak Bioskop Indonesia di April 2019

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya