Comscore Tracker

7 Ciri Khas Karakter Utama Anime "Shounen"

Rata-rata konyol!

Apakah kamu tahu anime shounen? Anime shounen itu adalah anime yang dibuat khusus untuk para remaja laki-laki. Tapi biasanya para perempuan pun tertarik dan banyak yang menonton anime shounen, kok. Anime shounen ini memang cukup banyak penggemarnya. Tentu saja selain jalan ceritanya, karakter dari anime shounen ini menarik, seakan memiliki daya tarik khusus.

Sebut saja karakter utama dari anime shounen pun memiliki daya tarik khusus di mata para penggemarnya. Dan juga nih, kalau diperhatikan dari berbagai anime shounen yang sudah kamu tonton, pasti karakter anime shounen memiliki ciri khas! Ini tujuh ciri khas khusus dari karakter utama anime shounen!

1. Karaketer utamanya polos dan konyol 

7 Ciri Khas Karakter Utama Anime Shounenwatchmojo.com

Nah! Ini salah satu ciri khas yang menjadi daya tarik penikmat anime shounen. Karakter utama anime shounen, memang paling banyak digambarkan dengan siftanya yang polos, konyol, bodoh, dan juga ceroboh plus nekat.

Sebut saja Goku yang sifatnya polos, Naruto yang pikirannya terkadang kosong, Gintoki dengan sifat konyolnya, hingga Luffy dari One Piece yang terkenal dengan kenekatan plus sifat cerobohnya yang berulang-ulang. Meskipun sudah banyak disinggung oleh karakter pendamping karena sifatnya, tapi tetap saja karakter utama selalu kukuh pada sifatnya!

2. Selalu punya tujuan 

7 Ciri Khas Karakter Utama Anime Shounenhikaritv.net

Dari awal episode, pastinya sang tokoh utama sudah menyebutkan tujuannya masing-masing. Seperti misalnya Naruto bertujuan menjadi Hokage dan setelah serial Naruto tamat, Naruto mewujudkan tujuannya menjadi Hokage. Dan juga ada Gon, yang berkeinginan menjadi Hunter dan pada akhirnya bertemu dengan ayahnya.

Sementara yang masih menempuh tujuannya ada Luffy yang ingin menjadi bajak laut, Izuku Midoriya yang ingin menjadi pahlawan pro seperti All Might, hingga Asta yang suatu saat nanti akan menjadi Kaisar Sihir. 

3. Pantang menyerah 

7 Ciri Khas Karakter Utama Anime Shounenaminoapps.com

Memang yang menjadi paling spesial dari karakter utama anime shounen karena sifat yang pantang menyerahnya. Karena demi menggapai tujuannya, menjadikan karakter anime ini memilki sifat yang pantang menyerah, walau pun menghadapi musuh kuat sekali pun. Satu kali jatuh, hingga beberapa kali jatuh pun masih bisa bangkit lagi!

Baca Juga: 7 Anime Bertema Olahraga Terbaik yang Bisa Ditonton Siapapun

4. Punya kemampuan fisik dan kekuatan khusus 

7 Ciri Khas Karakter Utama Anime Shounendragonballuniverse.fandom.com

Ini yang menjadi salah satu alasan karakter utama pantang menyerah, karena dirinya mempunyai kemampuan fisik  dan daya tahan tubuh yang luar biasa. Pasti kamu pernah menyaksikan karakter utama yang habis-habisan dihajar tapi bisa bangkit lagi, kan? Malah lawan dari karakter utama yang menerima luka gak seberapa bisa tumbang!

Selain itu, karakter utama pun memilki kemampuan khusus yang berbeda dari karakter lain. Sebut saja Goku yang datang ke bumi dan bisa berubah menjadi super saiyan, kemudian ada Asta yang gak memiliki sihir, namun mempunyai grimoire dan kekuatan iblis yang bersemayam dalam tubuhnya. Dan tentu jangan lupakan Naruto yang di dalam dirinya terdapat Kyuubi.

5. Berkembang, gak langsung kuat 

7 Ciri Khas Karakter Utama Anime Shounenaminoapps.com

Gak bakalan seru kalau karakter utama di ceritakan sudah mempunyai kekuatan yang overpowered. Kebanyakan karakter utama shounen itu awalnya lemah dan kemudian berkembang menjadi kuat dengan latihan dan bertemu dengan musuh-musuh yang kuat.

Selalu ada cara untuk karakter utama berkembang dalam melatih kekuatannya. Entah itu dilatih oleh guru maupun dapat dengan sendirinya menjadi kuat karena melawan musuh-musuh yang tangguh.

6. Selalu menyebutkan nama jurus 

7 Ciri Khas Karakter Utama Anime Shounenyoutube.com/J Æ Y - Ǝ D I テS

Ciri khas dalam anime shounen, pasti selalu menyebutkan nama jurus-jurus sebelum mengeluarkannya, terutama anime shounen yang bergenre petualangan dan penuh dengan pertarungan.

Sebut saja Goku dengan ciri khas jurus kamehameha, Luffy yang selalu menyebutkan Gomu Gomu no, Naruto yang selalu menyebutkan Jutsu, Meliodas dengan menyebutkan Full Counter hingga Izuku Midoriya yang selalu menyebut One For All untuk setiap kekuatan yang dikeluarkannya.

7. Pandai menghasut dengan kata-kata 

7 Ciri Khas Karakter Utama Anime Shounenaminoapps.com

Nah, ini adalah jurus dan trik yang paling ampuh yang dimilki oleh karakter utama. Soalnya, bisa mempengaruhi serta mengubah lawan menjadi sadar dan baik, bahkan menjadi seorang teman. Tokoh utama yang paling ahli dalam urusan ini tentu saja Naruto.

Beberapa karakter antagonis yang tobat setelah diceramahi Naruto seperti Gaara, Nagato, Zabuza, hingga Obito pun takluk setelah mendengar kata-kata Naruto!

8. Bonus: Doyan banget makan 

7 Ciri Khas Karakter Utama Anime Shounenmanga-blog.com

Dan yang terakhir adalah para karakter utama dalam anime sebagian besar dikenal tukang makan alias rakus. Sebut saja Goku, Luffy, Toriko, Natsu, hingga Naruto mempunyai kebiasaan makan berbeda dibandingan dengan karakter lainnya. 

Itulah ciri khas dari  karakter utama anime shounen. Bener banget kan, kalau karakter anime shounen memiliki ciri khas di atas? Tapi yang jelas, karakter anime shounen maupun jalan ceritanya gak pernah bosen untuk ditonton!

Baca Juga: 5 Karakter Pemilik Specialization Nen Terkuat di Anime Hunter x Hunter

Arif Rahmanto Photo Verified Writer Arif Rahmanto

pecinta kopi panas dan es teh manis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya