Comscore Tracker

7 Grup dan Idol KPop Generasi Kedua yang Comeback di Tahun Ini

Asyik 2PM comeback! #WaktunyaKorea

Beberapa grup dan idol KPop generasi kedua sudah mengumumkan bahwa mereka akan melangsungkan comeback di tahun ini. Hal ini merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh KPopers yang sudah mengikuti KPop dari generasi kedua karena kebanyakan dari grup atau idol generasi kedua tersebut sudah lama enggak merilis album.

Beberapa grup KPop yang termasuk generasi kedua adalah BIGBANG, SNSD, Wonder Girls, 2PM, Super Junior, TVXQ, dan 2NE1. Mereka merupakan senior di industri KPop. Banyak dari mereka yang sudah selesai menjalani wajib militer dan berkumpul kembali bersama grupnya serta berkarya dan merilis album kembali untuk para penggemar.

Penasaran 'kan siapa saja grup dan idol KPop generasi 2 yang akan comeback di tahun ini? Yuk, cek di bawah ini!

1. Yunho TVXQ

7 Grup dan Idol KPop Generasi Kedua yang Comeback di Tahun Inisoompi.com

Pada Desember 2020, SM Entertainment menyampaikan bahwa Yunho sedang mempersiapkan album baru untuk comeback di bulan Januari 2021. Ini merupakan comeback pertama Yunho setelah debut solo di tahun 2019 dengan True Colors.

Kali ini, Yunho akan comeback dengan mini album yang berujudul NOIR yang akan rilis di tanggal 18 Januari nanti. NOIR berisikan enam lagu dengan title track yang berjudul "Thank U".

2. Super Junior

7 Grup dan Idol KPop Generasi Kedua yang Comeback di Tahun Inisoompi.com

Awalnya, Super Junior dikabarkan akan comeback pada Desember 2020 lalu. Namun, SJ Label mengumumkan penundaan comeback tersebut dengan tujuan meningkatkan kualitas dari album yang akan dirilis. Comeback dengan album The Renaissance tersebut akan dirilis pada 16 Februari nanti.

Pada The Fact Music Awards 12 Desember 2020 kemarin, Super Junior menampilkan lagu yang belum pernah mereka rilis sebelumnya. Selain itu, single pre-release yang berjudul "The Melody" telah dirilis pada 6 November 2020 kemarin dalam rangka merayakan ulang tahun ke-15 grup tersebut.

3. SHINee

7 Grup dan Idol KPop Generasi Kedua yang Comeback di Tahun Inisoompi.com

Di konser live SMTOWN Live Culture Humanity, SM Entertainment memberi kode bahwa SHINee akan comeback di tahun ini. SM Entertainment pun menyebutkan bahwa SHINee sedang mempersiapkan album baru, tetapi belum memberikan pernyataan kapan SHINee akan comeback. Comeback ini merupakan comeback pertama SHINee setelah album The Story of Light pada September 2018.

Baca Juga: Segera Comeback, 10 Potret Kebersamaan SHINee yang Akur Banget 

4. HyunA

7 Grup dan Idol KPop Generasi Kedua yang Comeback di Tahun Inisoompi.com

HyunA merupakan mantan member Wonder Girls yang debut di bawah JYP Entertainment. Sekarang, HyunA berada di bawah P Nation, agensi yang didirikan oleh PSY. Awalnya, HyunA akan comeback pada Agustus 2020 kemarin. Namun, karena kondisi kesehatan HyunA yang enggak baik, comeback tersebut pun akhirnya ditunda. HyunA akan comeback pada 28 Januari 2021.

5. Yubin

7 Grup dan Idol KPop Generasi Kedua yang Comeback di Tahun Inisoompi.com

Mantan member Wonder Girls lainnya, yaitu Yubin, telah melangsungkan comeback-nya pada 13 Januari kemarin dengan lagu yang berjudul "Perfume". Lagu tersebut merupakan lagu pertama setelah Yubin debut sebagai solois pada tahun 2018. Di video musik "Perfume", Yubin menampilkan koreografi yang unik dan menarik.

6. IU

7 Grup dan Idol KPop Generasi Kedua yang Comeback di Tahun Initwitter.com/_IUofficial/

Agensi yang menaungi IU, EDAM Entertainment, mengumumkan bahwa IU akan comeback dengan full album. Salah satu lagu dari album tersebut akan dirilis pada tanggal 27 Januari 2021. Genre musik yang diusung kali ini merupakan genre yang belum pernah IU coba sebelumnya, yaitu genre pop musik ceria dan energik yang akan membawa keceriaan bagi pendengarnya.

Pada 14 Januari 2021 lalu, melalui akun Twitter resmi @_IUofficial, IU merilis poster teaser untuk lagu tersebut yang berjudul "Celebrity". Gak sabar menantikannya, nih!

7. 2PM

7 Grup dan Idol KPop Generasi Kedua yang Comeback di Tahun Inisoompi.com

Pada tanggal 14 Januari 2021, JYP Entertainment mengumumkan bahwa 2PM akan comeback di tahun ini. 2PM akan comeback dengan full member setelah Junho menyelesaikan wajib militernya pada Maret 2021 nanti.

Comeback kali ini merupakan yang pertama setelah 5 tahun vakum full member dan setelah Taecyeon memutuskan kontrak dengan JYP Entertainment dan bergabung dengan 51K pada 2018 kemarin.

Nah, itulah tujuh grup dan idol KPop generasi kedua yang akan comeback di tahun ini. Siapa yang paling kamu tunggu?

Baca Juga: Kolaborasi dengan Shin Ye Eun, Ini 10 Fakta Album Terbaru Yunho TVXQ

Arli Siti Nurlaila Photo Writer Arli Siti Nurlaila

Menulis untuk mengembangkan diri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya