Comscore Tracker

5 Adaptasi Anime yang Lebih Baik dari Versi Manganya

Kamu setuju? #IDNTimesHype

Pada dasarnya, anime yang diadaptasi dari manga memiliki cerita yang tidak jauh berbeda dengan versi aslinya. Meskipun begitu, anime selalu memiliki cara yang berbeda dalam mengemas suatu cerita. Sementara anime memiliki kendala dalam waktu tayang dan jumlah episode yang terbatas, manga biasanya memiliki cerita yang lebih lengkap dari versi anime.

Terlepas dari fakta tersebut, bukan berarti bahwa manga selalu lebih baik dari versi anime. Seperti deretan anime di bawah ini, berikut ini adalah lima adaptasi anime yang lebih baik dari versi manganya. Penasaran anime apa saja? Simak ulasan berikut. 

1. Ghost in the Shell

https://www.youtube.com/embed/2uMNtOQOaLU

Tak diragukan lagi bahwa Ghost in the Shell adalah salah satu film anime terbaik yang pernah ada. Manga Ghost in the Shell juga telah menjadi manga fiksi ilmiah yang paling ikonik, dan memiliki pengaruh yang besar pada seri manga dan anime fiksi ilmiah.

Sayangnya, manga Ghost in the Shell tidak mendapatkan popularitas sebaik versi film animenya. Bahkan setelah dua dekade berlalu, film Ghost in the Shell masih menjadi salah satu film animasi terbaik yang pernah ada.

2. Azumanga Daioh

https://www.youtube.com/embed/uX2xMBvUm58

Azumanga Daioh adalah anime komedi yang dikenal karena leluconnya yang menggelak tawa. Anime ini berfokus pada keseharian sekelompok gadis di sekolah menengah, di mana setiap mereka melakukan sebuah aktivitas, mereka selalu berakhir dengan situasi yang aneh dan tidak masuk akal.

Sementara anime Azumanga Daioh sering dijadikan sebagai sumber lelucon di kalangan penggemar anime, versi manga seri ini tidak terlalu dikenal oleh para pecinta manga.

3. Given

https://www.youtube.com/embed/W45E7cqhF1w

Given adalah manga romantis yang kemudian diadaptasi ke dalam sebuah anime singkat. Given berfokus pada sekelompok remaja yang ingin memulai karier sebagai musisi, dengan memulai sebuah band.

Karena cerita ini mengandung unsur musik yang sangat kental, versi animenya tentu akan lebih unggul dari versi manganya. Klimaks cerita ini terdapat pada musik yang ditampilkan, sehingga sangat sulit untuk membayangkan cerita tanpa melibatkan musik di dalamnya. 

Baca Juga: 5 Live Action Anime Manga yang Diperankan oleh Takeru Satoh 

4. Kaguya-sama: Love is War

https://www.youtube.com/embed/rZ95aZmQu_8

Kaguya-sama: Love is War adalah adaptasi anime yang sangat mendekati dengan versi manganya. Seri anime ini sangat mengikuti dengan apa yang terjadi pada manganya, meskipun ada beberapa titik plot yang dikemas dengan cara yang berbeda.

Namun, karena Kaguya-sama: Love is War adalah seri komedi, akan sangat menarik jika narator menjelaskan keadaan karakter dan waktu komedi yang dikendalikan oleh penggunaan animasi untuk meningkatkan lelucon.

5. Mob Psycho 100

https://www.youtube.com/embed/nTze7vAdRpM

Mob Psycho 100 adalah seri manga karya ONE, kreator yang juga menciptakan One Punch Man. ONE dikenal dengan seninya yang sederhana. Hal ini mungkin akan sangat cocok untuk seri komedi, namun tidak untuk aksi. Bahkan, ONE harus dibantu oleh Yusuke Murata (kreator Eyeshield 21) dalam pengerjaan One Punch Man

Sementara manga Mob Psycho 100 memiliki seni yang terkesan biasa, anime Mob Psycho 100 mendapatkan adaptasi anime dengan grafis yang memanjakan mata. Bahkan, anime karya studio Bones yang satu ini masih menjadi anime terbaik dengan grafis menakjubkan.

Meskipun kebanyakan manga biasanya memiliki cerita yang lebih lengkap, namun hal tersebut tidak menjadi jaminan bahwa manga selalu mengungguli anime. Kelima anime di atas adalah bukti bahwa anime juga dapat memiliki kualitas yang lebih baik dari versi manga.

Baca Juga: 5 Fakta yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui tentang Manga Gintama

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

死ぬ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya