Comscore Tracker

5 Anime Detektif Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Siap-siap dibuat putar otak! #HypeIDN

Seri detektif memang telah menjadi suatu hal yang menarik untuk disaksikan, terutama bagi para pencinta misteri. Dalam kebanyakan seri detektif, kita akan diajak untuk bertualang bersama sang detektif untuk memecahkan sebuah kasus misteri dan menentukan siapa yang bersalah di kasus tersebut.

Kisah mengenai detektif tidak hanya terdapat pada novel, film, atau seri TV saja, namun manga dan anime juga memiliki segudang kisah tentang detektif yang pastinya seru untuk diikuti. Kali ini, penulis sudah merangkum lima anime detektif terbaik yang wajib kamu tonton. Penasaran anime apa saja? Simak ulasan berikut. 

1. Detective Conan: Case Closed

https://www.youtube.com/embed/1Mz9orl7bDw

Detective Conan adalah seri anime detektif terbesar yang pernah ada. Seri yang sudah dimulai sejak 1996 ini menceritakan tentang seorang remaja cerdas bernama Shinichi Kudo. Suatu hari, Shinichi mengikuti sebuah kelompok misterius yang diduga sedang melakukan aktivitas ilegal.

Sayangnya, aksi Shinichi ketahuan sehingga kelompok tersebut bermaksud untuk membunuh Shinichi dengan memberi Shinichi sebuah racun. Namun, anehnya Shinichi tidak meninggal, melainkan dirinya diubah menjadi seorang anak berusia 7 tahun.

Karena takut dibunuh, Shinichi pun memutuskan untuk menyembunyikan identitasnya dengan menyamar sebagai detektif cilik bernama Conan Edogawa. Shinichi memulai petualangannya sebagai Conan dengan memecahkan kasus-kasus misteri sambil mencari tahu siapa kelompok yang sudah mengubahnya dan mencari cara untuk mengembalikan tubuhnya.

2. Death Note

https://www.youtube.com/embed/NlJZ-YgAt-c

Tak diragukan lagi bahwa Death Note adalah seri detektif terbaik yang pernah ada. Seri karya Tsugumi Ohba yang diilustrasikan oleh Takeshi Obata ini menceritakan tentang seorang remaja genius bernama Light Yagami, yang secara tidak sengaja menemukan sebuah buku misterius bernama Death Note.

Rupanya, Death Note bukanlah buku biasa. Buku ini adalah buku milik Shinigami (Dewa Kematian) yang digunakan untuk mencabut nyawa manusia. Death Note memiliki kekuatan supranatural. Adapun, pemilik buku ini dapat membunuh siapa saja hanya dengan menulis nama korbannya di buku tersebut.

Dengan kekuatan yang mengerikan di tangannya, Light berencana untuk menjadi Tuhan di dunia baru dengan menyingkirkan para penjahat.

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Menyimpan Rahasia Besar dalam Hidup

3. Detective School Q

https://www.youtube.com/embed/4S_o9Zu4kH8

Kyuu adalah seorang remaja yang memiliki bakat dalam logika dan penalaran. Untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seorang detektif, Kyuu mulai mendaftar ke sekolah detektif, Dan Detective School. Dan Detective School sendiri adalah sekolah detektif yang sudah menghasilkan banyak detektif genius.

Di sana, Kyuu bertemu dengan banyak teman yang genius dengan bakat yang berbeda-beda. Bersama teman-temannya, Kyuu memulai petualangannya sebagai murid Dan Detective School dengan menyelesaikan kasus-kasus kejahatan yang sulit dipecahkan.

4. Boku dake ga Inai Machi (Erased)

https://www.youtube.com/embed/DwmxEAWjTQQ

Satoru Fujinuma adalah seorang pria berusia 29 tahun yang bekerja sebagai pekerja paruh waktu. Satoru memiliki kemampuan yang bernama Revival, kemampuan yang memungkinkan Satoru untuk kembali ke lima menit yang lalu, sebelum sebuah tragedi atau kecelakaan terjadi.

Revival akan aktif secara otomatis saat suatu hal mengerikan terjadi di sekitarnya. Suatu hari, Satoru menemukan ibunya dibunuh oleh seseorang dan dirinya dijadikan tersangka atas kematian ibunya. Saat Satoru berusaha kabur dari kejaran polisi, Satoru tiba-tiba terlempar ke 1988 saat dirinya masih berusia 11 tahun.

Merasa ada kejanggalan, Satoru pun akhirnya menyadari bahwa alasan dirinya terlempar ke tahun tersebut adalah untuk menyelamatkan ibunya dengan menyelesaikan kasus pembunuhan berantai yang terjadi di tahun tersebut.

5. Psycho-Pass

https://www.youtube.com/embed/YzuJnyebc40

Di abad ke-22, Jepang memberlakukan Sistem Sybil, sarana objektif untuk menentukan tingkat ancaman setiap warga negara dengan memeriksa keadaan mental mereka untuk mencari tanda-tanda niat jahat, yang dikenal dengan Psycho-Pass.

Seri ini berfokus pada seorang gadis muda dengan rasa keadilan yang tinggi bernama Akane Tsunemori. Pada awalnya, Akane terkesan dengan Sistem Sybil yang dapat mengetahui siapa tersangkanya bahkan sebelum sebuah kejahatan terjadi. Namun, setelah dirinya bekerja dengan Penegak Shinya Kougami, Akane menyadari bahwa Sistem Sybil tidak sempurna dan cacat.

Tak jarang, Sistem Sybil membuat para Inspektur dan Penegak menangkap orang yang tidak bersalah. Dengan semua hal yang sudah ia ketahui, Akane mulai mempertanyakan apakah keadilan dapat ditegakkan melalui penggunaan sistem yang korup?

Itulah lima anime detektif terbaik yang wajib kamu tonton. Jadi, anime detektif yang mana saja yang sudah pernah kamu tonton?

Baca Juga: 5 Momen Terbaik di Serial Anime Violet Evergarden, Throwback!

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya