Comscore Tracker

5 Anime Terbaik Studio CloverWorks menurut MyAnimeList

Sudah nonton semua animenya?

CloverWorks adalah salah satu studio anime terbesar di Jepang. Sebelumnya, studio ini memiliki nama Koenji Studio di bawah A-1 Pictures dan merupakan anak perusahaan dari Aniplex. Hingga 2018, studio ini mengganti namanya menjadi CloverWorks dan memisahkan diri dari A-1 Pictures meskipun masih merupakan anak perusahaan Aniplex.

Setelah 4 tahun berkarya, CloverWorks sudah menghasilkan banyak anime populer. Berikut ini adalah lima anime terbaik studio CloverWorks menurut MyAnimeList. Simak ulasan berikut!

1. SPY x FAMILY

https://www.youtube.com/embed/hLUijsHg9jM

Berada di urutan kesebelas sebagai top rated anime, SPY x FAMILY telah menjadi anime terpopuler baru-baru ini. Pertama kali dirilis pada 9 April 2022 lalu, SPY x FAMILY menceritakan tentang seorang mata-mata yang ditugaskan untuk memiliki keluarga.

Twilight adalah seorang agen rahasia yang menjaga perdamaian dunia dari bayang-bayang. Kehidupan mata-mata Twilight seketika berubah ketika dirinya mendapatkan misi Operasi Strix. Misi ini menugaskan Twilight untuk menyelidiki Donovan Desmond, seorang politisi yang diduga memiliki rencana untuk memulai peperangan.

Namun, Donovan sangat berhati-hati sehingga dirinya tidak pernah muncul di muka publik dan hanya menghadiri perkumpulan di sekolah anaknya, Akademi Eden. Untuk menyelidiki Donovan, Twilight harus memiliki keluarga dan memasukkan anaknya ke Akademi Eden. 

Rating MyAnimeList: 9,01.

2. Rascal Does Not Dream of a Dreaming Girl

https://www.youtube.com/embed/rl7zM1zi4Ew

Rascal Does Not Dream of a Dreaming Girl merupakan sekuel dari seri anime Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai. Dalam film ini, diceritakan bahwa hubungan Sakuta Azusagawa dengan Mai Sakurajima sedang berada di ujung tanduk.

Semuanya dimulai ketika Sakuta bertemu kembali dengan cinta pertama, Shoko Makinohara, yang kini sudah dewasa. Keadaan terus bertambah rumit ketika Sakuta juga bertemu dengan Shoko versi remaja, yang sedang menderita penyakit parah dan terkapar di rumah sakit.

Rating MyAnimeList: 8,62.

Baca Juga: 5 Anime Isekai Paling Underrated yang Pernah Ada, Kamu Setuju?

3. The Promised Neverland

https://www.youtube.com/embed/5llQ56toiPs

Meskipun musim kedua anime ini mendapatkan banyak kritikan dari penggemar anime, musim pertama The Promised Neverland sempat menjadi salah satu anime terbaik 2019. Anime ini berfokus pada trio genius, yaitu Emma, Norman, dan Ray, yang dibesarkan di panti asuhan Grace Field House.

Meskipun hidup tanpa orangtua kandung, anak-anak di Grace Field House sangat bahagia karena kehadiran Mama, pengasuh yang sudah dianggap sebagai ibu mereka. Hingga suatu hari, semuanya berubah setelah Emma dan Norman tidak sengaja menemukan rahasia kelam panti asuhan tersebut.

Rupanya, Grace Field House adalah "peternakan" manusia untuk persembahan iblis. Tak mau berakhir menjadi makanan iblis, Emma, Norman, dan Ray merencanakan pelarian dari panti asuhan tersebut.

Rating MyAnimeList: 8,54.

4. Saekano the Movie: Finale

https://www.youtube.com/embed/yj-Ad2zw_s4

Saekano the Movie: Finale adalah sekuel sekaligus film yang mengakhiri seri anime Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend .flat. Anime ini berfokus pada tim Blessing Software yang sedang menyelesaikan game terbaru mereka, yaitu How to Raise a Boring Girlfriend.

Sementara Komiket Musim Dingin akan segera tiba, masalah-masalah tidak terduga terus terjadi. Hal tersebut akhirnya membuat Tomoya Aki terjebak dalam dua pilihan sulit: membantu teman-temannya atau menyelesaikan permainan.

Rating MyAnimeList: 8,45.

5. My Dress-Up Darling

https://www.youtube.com/embed/hbtyjcPaGp4

Masuk dalam jajaran anime terbaik 2022, My Dress-Up Darling pertama kali dirilis pada 9 Januari 2022 dan berakhir pada 27 Maret 2022. Anime ini menceritakan tentang Wakana Gojo yang memiliki hobi menjahit pakaian boneka.

Karena malu, Wakana selalu merahasiakan hobi menjahitnya. Namun, semuanya berubah setelah seorang gadis populer, Marin Kitagawa, mengetahui kehebatan Wakana dalam menjahit. Karena seorang cosplayer, Marin sering meminta bantuan Wakana dan keduanya mulai menjadi dekat.

Rating MyAnimeList: 8,36.

Meskipun CloverWorks bisa dibilang sebagai pendatang baru, studio ini sudah menghasilkan banyak anime epik yang terkenal di kalangan penggemar anime. Jadi, dari daftar di atas, mana anime terbaik karya CloverWorks yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Mengenal 7 Karakter Utama dalam Anime SPYxFAMILY

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya