Comscore Tracker

5 Karakter Ayah Tiri Terbaik di Anime, Ada Loid Forger!

Gak punya hubungan darah, tapi dedikasinya luar biasa

Ada kalanya seseorang tidak bisa dibesarkan oleh ayah kandungnya, entah itu karena mereka menghilang atau meninggal. Ketika mereka kesepian karena membutuhkan sosok ayah, di situ ayah tiri masuk untuk menggantikan peran ayah kandung mereka.

Meskipun tidak memiliki hubungan darah, kasih sayang kelima karakter anime ayah tiri kepada anaknya ini sangat luar biasa. Berikut ini adalah lima karakter ayah tiri terbaik di anime. Simak ulasan berikut.

1. Iruka Umino (Naruto)

5 Karakter Ayah Tiri Terbaik di Anime, Ada Loid Forger!Iruka berbicara dengan Naruto. (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Tidak diragukan lagi, Iruka Umino adalah salah satu karakter paling underrated dalam seri Naruto. Iruka memang bukan salah satu karakter terkuat dalam seri ini. Meski begitu, dirinya adalah salah satu orang yang paling berpengaruh bagi Naruto.

Berbeda dengan Kakashi atau Jiraiya, hubungan Iruka dan Naruto sudah lebih dari sekadar guru dan murid. Mereka sudah seperti ayah dan anak. Ketika Minato tidak bisa hadir untuk membesarkan Naruto, Iruka ada untuk menggantikan perannya.

Pada awal seri, kita mengetahui bahwa seisi desa mengasingkan Naruto dan terus menghinanya. Namun, Iruka menjadi satu-satunya orang yang melindungi Naruto dan terus menyemangatinya. Tidak mengherankan jika Naruto memintanya untuk berperan sebagai ayahnya pada hari pernikahannya dengan Hinata.

2. Shiro Fujimoto (Blue Exorcist)

5 Karakter Ayah Tiri Terbaik di Anime, Ada Loid Forger!Shiro membaca buku bersama Rin dan Yukio. (dok. A-1 Pictures/Blue Exorcist)

Pada umumnya, orang mungkin tidak mau terlibat apa-apa dengan sesuatu yang bersangkutan dengan iblis. Namun, Shiro Fujimoto melihat Rin dan Yukio Okumura hanyalah anak yang tidak bersalah. Oleh karena itu, Shiro mengadopsi mereka, terlepas dari fakta bahwa mereka adalah anak dari Raja Iblis, Satan.

Shiro membesarkan Rin dan Yukio seperti anak kandungnya sendiri dan dirinya tidak pernah menuntut balasan kasih sayang. Shiro bahkan rela mengorbankan nyawanya demi melindungi kedua anaknya dari Satan yang jahat.

Baca Juga: SPY x FAMILY: 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang Garden

3. Loid Forger (SPY x FAMILY)

5 Karakter Ayah Tiri Terbaik di Anime, Ada Loid Forger!Loid tertidur dengan Anya. (dok. WIT STUDIO/SPY x FAMILY)

Berbeda dengan Iruka dan Shiro, Twilight atau Loid Forger mengadopsi seorang anak hanya untuk melancarkan misinya sebagai mata-mata. Meski begitu, seperti yang terlihat dalam seri SPY x FAMILY, Loid sangat cocok dengan peran ayah.

Loid biasanya selalu mengutamakan misi di atas segalanya. Itu sebabnya, Loid dikenal sebagai mata-mata profesional yang tidak pernah gagal dalam misinya. Namun, dalam misi ini, Loid terlihat lebih mengutamakan keselamatan keluarganya ketimbang kesuksesan misinya.

Hal ini dibuktikan ketika Loid hampir memukul Murdoch Swan. Loid yang biasanya selalu berkepala dingin tiba-tiba berubah menjadi agresif ketika seseorang menghina keluarganya.

4. Whitebeard (One Piece)

5 Karakter Ayah Tiri Terbaik di Anime, Ada Loid Forger!Bajak Laut Whitebeard (dok. Toei Animation/One Piece)

Bagi Whitebeard, kru bajak lautnya adalah keluarganya. Karenanya, Whitebeard selalu menganggap siapa saja yang bergabung dengan krunya adalah anaknya. Peran Whitebeard bagi krunya memang lebih seperti seorang ayah ketimbang seorang kapten. Bahkan, setelah Blackbeard mengkhianatinya, Whitebeard masih menganggap Blackbeard sebagai putranya dan tidak mau orang lain ikut campur dalam masalah keluarganya.

Selain itu, Whitebeard juga berperan sebagai ayah bagi Portgas D Ace. Sementara ayah kandung Ace adalah sahabat Whitebeard, Gol D Roger, Ace lebih suka dikenal sebagai anak Whitebeard ketimbang anak Roger.

5. All Might (My Hero Academia)

5 Karakter Ayah Tiri Terbaik di Anime, Ada Loid Forger!All Might dan Midoriya Izuku (dok. Crunchyroll/My Hero Academia)

Secara teknis, All Might adalah guru bagi semua murid di SMA Yuei, termasuk Deku. Meski begitu, bagi Deku, All Might memiliki peran yang lebih penting dari seorang guru, yaitu peran sebagai ayah.

All Might memang tidak pernah membeda-bedakan muridnya, tetapi dirinya memberikan perhatian lebih kepada Deku. Di hadapan ibu Deku, Inko Midoriya, All Might mengaku bahwa dirinya bangga kepada Deku dan ingin Deku untuk mencapai seluruh potensinya. Inko juga memercayakan anaknya kepada All Might dan membuat All Might berjanji bahwa dirinya akan membesarkan Deku dengan baik.

Kelima karakter di atas memang adalah sosok ayah idaman dan patut dicontoh. Mereka mungkin memang tidak memiliki hubungan darah dengan anaknya. Namun, mereka sangat bertanggung jawab atas anaknya dan mendedikasikan hidupnya untuk membesarkan anaknya. Bagaimana pendapatmu tentang kelima karakter di atas?

Baca Juga: 5 Arc Terbaik dalam Seri My Hero Academia Sejauh Ini

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya