Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Seri One Piece

Penuh dengan inspirasi dan motivasi! #IDNTimesHype

Sebagai seri yang sudah berjalan sejak era 90-an, One Piece sudah dikenal sebagai seri shonen terbesar yang pernah ada. Seri karya Eiichiro Oda ini menceritakan tentang petualangan Luffy dan Bajak Laut Topi Jerami dalam menjelajahi lautan.

Seperti seri shonen pada umumnya, One Piece juga dipenuhi dengan pelajaran hidup yang berharga tentang arti persahabatan, sifat pantang menyerah, dan keberanian. Kali ini, penulis sudah merangkum lima pelajaran hidup yang dapat kamu ambil dalam seri One Piece. Simak ulasan berikut.

1. Jangan takut untuk menghadapi orang yang lebih besar darimu

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Seri One Piecefunimation.com/One Piece

Luffy memang dikenal sebagai sosok yang ceroboh, keras kepala, dan terlalu percaya diri. Namun, Luffy tidak akan tunduk kepada siapa pun yang menurutnya salah. Luffy telah mengajarkan bahwa kita harus bisa membela diri tak peduli seberapa kuat lawan yang dihadapi.

Hal ini sudah dibuktikan berkali-kali seperti saat Luffy berhadapan dengan Arlong untuk melindungi Nami, melawan Bangsawan Dunia untuk membalaskan dendam Hatchan, dan menghadapi Big Mom untuk mendapatkan kembali Sanji. Luffy tidak suka untuk tunduk kepada siapa pun, dan dirinya akan berusaha keras untuk memastikan bahwa dirinya dapat memberikan hukuman yang layak kepada para penjahat.

2. Meminta bantuan bukanlah suatu hal yang buruk

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Seri One Piecefunimation.com/One Piece

Sebagian besar penggemar pastinya setuju jika salah satu adegan terbaik dalam seri ini adalah saat Robin berteriak dengan lantang untuk memberi tahu Luffy dan Topi Jerami bahwa dirinya ingin hidup.

Selain menjadi salah satu adegan paling dramatis yang pernah ada dalam seri ini, namun adegan tersebut juga mengajarkan bahwa meminta bantuan bukanlah suatu hal yang buruk. Ada saatnya di mana kita tidak dapat menyelesaikan suatu masalah sendirian. Di saat seperti itu, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan terhadap orang-orang di sekitar.

3. Fokus terhadap apa yang kamu miliki, bukan apa yang sudah hilang darimu

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Seri One Piecefunimation.com/One Piece

Kehilangan seseorang yang paling disayangi memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dihadapi. Sepanjang perjalan Luffy menjadi seorang bajak laut, dirinya sudah mengalami banyak tragedi dan kehilangan orang yang paling ia sayangi di hadapan matanya.

Namun, Jinbe selalu mengingatkan bahwa Luffy tidak memiliki jalan lain selain terus maju. Di tengah keputusasaan Luffy, Jinbe juga mengingatkan bahwa Luffy juga masih memiliki keluarga yang membutuhkannya. Bersedih setelah kehilangan seseorang yang kita sayangi adalah suatu hal yang wajar. Namun, bukan berarti bahwa kita harus menyerah dan melupakan orang-orang yang masih menyayangi dan membutuhkan kita.

Baca Juga: 5 Hal yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui tentang Dunia One Piece

4. Jangan menilai buku dari sampulnya

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Seri One Piecefunimation.com/One Piece

Seperti kata pepatah, "don't judge a book by it's cover" mengajarkan kita untuk tidak meremehkan seseorang hanya karena penampilannya. Pelajaran ini juga terdapat dalam seri One Piece. Seperti yang kita ketahui, Chopper memiliki wujud yang menyerupai rusa kecil yang menggemaskan.

Karena hal tersebut, banyak orang yang meremehkan Chopper dan menganggap bahwa Chopper sama sekali tidak berbahaya. Namun, tidak ada yang dapat meremehkan Chopper jika dirinya menggunakan wujud Monster Point. Chopper tidak hanya akan meningkatkan ukuran tubuhnya, namun kekuatannya juga akan langsung meningkat secarar signifikan.

5. Jangan menyerah terhadap mimpimu

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Seri One Piecefunimation.com/One Piece

Ketika seseorang mengalami kegagalan, maka orang tersebut cenderung akan memilih untuk menyerah, ketimbang melanjutkan mimpinya. Namun, seri One Piece mengajarkan bahwa menyerah bukanlah pilihan terbaik yang harus diambil seseorang saat mengalami kegagalan.

Sepanjang perjalanan Luffy menjadi seorang bajak laut dan bercita-cita untuk menjadi Raja Bajak Laut, Luffy tentunya sudah mengalami kegagalan berkali-kali. Namun, tak peduli berapa kali dirinya mengalami kegagalan, Luffy selalu bangkit kembali dan melanjutkan mimpinya. Hal ini mengajarkan bahwa kegagalan adalah suatu hal yang harus dihadapi seseorang sebelum meraih kesuksesan.

Itulah lima pelajaran hidup yang dapat kamu ambil dari seri One Piece. Semoga kelima pelajaran di atas dapat menginspirasi dan memotivasi kamu, ya!

Baca Juga: 5 Arc Terbaik One Piece setelah Time Skip

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya