Comscore Tracker

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Korea

Ada idol hingga atlet, lho #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Sejak tahun 2010, Forbes Korea merilis Top 40 Korea Power Celebrities atau daftar selebriti paling berpengaruh di Korea Selatan. Daftar ini dibuat untuk mengapresiasi selebriti yang aktif memberi pengaruh baik kepada masyarakat melalui berbagai bidang, seperti, musik, film, hingga olahraga.

Peringkat ini ditentukan berdasarkan prestasi, pengaruh, popularitas, dan penghasilan yang kemudian diakumulasikan untuk mempersempit dari 150 menjadi hanya 40 selebriti saja.

Lantas, siapa saja top 10 selebriti Korea Selatan yang paling berpengaruh di 2020 versi Forbes Korea? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. BTS

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Koreateenvogue.com

Boy goup Korea Selatan ini sangat familiar di kalangan pecinta KPop dan musik dunia. Terlebih sejak tahun 2015, ketika album 'The Most Beautiful Moment In Life, Pt. 2' masuk daftar Billboard 200 dan bersaing dengan penyanyi populer lain, seperti Taylor Swift, Kendrick Lamar, dan Imagine Dragons.

Kepopuleran grup satu ini juga makin bertambah, ketika merilis single kolaborasi dengan Halsey berjudul 'Boy With Luv' pada tahun 2019 lalu.

Bahkan di akhir tahun ini BTS baru saja masuk nominasi Grammy ke-63 untuk Best Pop Duo/Group Performance dan anugrah 'Entertainer of the Tear 2020' dari majalah Time.

2. Hyun Jin Ryu

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Korealatimes.com

Hyun Jin Ryu merupakan altet bisbol profesional asal Korea Selatan yang bermain untuk Toronto Blue Jays dari Major League Baseball (MLB).

Ryu  juga pernah bermain untuk Los Angeles Dodgers di liga bisbol yang sama. Berkat prestasinya itu, setiap pertandingan Los Angeles Dodgers di MLB disiarkan juga dalam bahasa Korea.

Ryu menginspirasi banyak anak muda atas kesuksesannya di bidang olahraga bisbol. Hal itu juga karena Ryu menjadi atlet Korea Selatan pertama yang bermain di kelas All-Star Game dan World Series Game.

3. Blackpink

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Koreaonlylalisa.com

BLACKPINK seperti hadir untuk mewakili pemikiran dan perasaan perempuan. Girl group Korea Selatan ini bahkan seringkali merilis lagu tentang kebebasan dan kekuatan perempuan, seperti 'Whistle', 'Boombayah', dan yang terbaru 'Lovesick Girl'.

BLACKPINK juga sering berkolaborasi dengan penyanyi papan atas seperti, Dua Lipa, Selena Gomez, hingga Lady Gaga. BLACKPINK juga menjadi girl group KPop pertama yang tampil di Festival Musik Coachella, memenangkan penghargaan MTV Video Music Award, dan dinobatkan sebagai 'Hitmaker Group of the Year 2020' oleh majalah Variety.

Tidak berhenti disitu, setiap member BLACKPINK juga menjadi ikon bagi rumah mode besar, seperti Jennie dengan Chanel, Lisa lewat brand Celine, Rose dengan Yves Saint Lauren, dan Jisoo yang menjadi ikon brand Dior.

Baca Juga: Didominasi BTS dan BLACKPINK, 10 Lagu KPop Paling Populer di Indonesia

4. Son Heung-min

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Koreanytimes.com

Masih ingat dengan pertandingan antara Korea Selatan dan Jerman di Piala Dunia 2018? Son Heung Min adalah kapten timnas Korea Selatan pada saat itu.

Son merupakan pesepak bola profesional yang bermain di Liga Eropa bersama Totenham Hotspur. Meski gagal di Piala Dunia, Son membalas dengan membawa Korea Selatan memenangkan medali emas di ajang Asian Games 2018.

Son menjadi atlet sepak bola Korea Selatan dan Asia pertama yang meraih Puskas Award 2020 atau gelar untuk pencetak gol terbaik di dunia. Selain itu, Son juga pernah dinominasikan  untuk penghargaan bergengsi Ballon d’Or di 2019.

5. Bong Joon Ho

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Koreavariety.com

Salah satu sejarah perfilman Korea Selatan ditandai oleh masuknya film 'Parasite' dalam nominasi Academy Award. Film tersebut bahkan berhasil memenangkan empat dari enam nominasi, seperti Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay, dan Best International Feature.

Tentunya, semua penghargaan itu tidak lepas dari pemikiran Bong Joon Ho, seorang film director, produser, dan screenwriter.

Bong Joon Ho membawa standar perfilman Korea Selatan menjadi lebih tinggi dan merubah stigma terhadap film-film Asia di kancah internasional.

Atas dedikasinya ini, Bong Joon Ho mendapatkan banyak penghargaan dari ajang festival film Korea Selatan hingga internasional, salah satunya Grand Prize (daesang) pada Baeksang Arts Awards 2020.

6. Jun Hyun Moo

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Koreaviki.com

Penyiar sekaligus pembawa acara televisi Korea Selatan, Jun Hyun Moo menjadi salah satu pembawa acara televisi paling berpengaruh di industri hiburan Korea Selatan.

Banyak variety show populer yang dibintangi oleh Hyun Moo, seperti 'Hidden Singer', 'I Live Alone', 'Happy Together', 'Fantastic Duo', dan 'Hit the Stage'.

Dari sekian banyak variety show yang mendapuknya untuk ikut berpartisipasi, eksistensi Hyun Moo di industri tersebut tak perlu dipertanyakan lagi. Tak hanya itu, Hyun Moo bahkan sudah banyak mendapatkan penghargaan berkat penampilannya di sejumlah acara tadi.

Baca Juga: Perdana Tampil di TV, 11 Potret Kang Daniel Jadi MC di Happy Together

7. Park Na Rae

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Koreachannel-korea.com

Membintai acara yang sama dengan Jun Hyun Moo, komedian Park Na Rae juga menjadi salah satu selebriti berpengaruh di Korea Selatan. Park Na Rae bahkan berhasil memenangkan daesang pada penghargaan MBC Entertainment Awards tahun 2019 lalu.

Komedian perempuan ini memiliki acara stand-up komedi sendiri berjudul 'Park Na Rae Galmour Warning' yang tayang di Netflix.

Selain menjadi comedian Park Na Rae juga aktif sebagai DJ profesional, lho.

8. Lee Soo Geun

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Koreakpopmusic.com

Lagi, komedian yang menjadi selebriti paling berpengaruh di Korea Selatan tahun 2020, Lee Soo Geun. Komedian yang memulai karier dari acara 'KBS Gag Concert' ini juga sudah membintangi banyak variety show dan didapuk menjadi MC untuk acara-acara besar di Korea Selatan.

Beberapa acara yang dibintangi Lee Soo Geun adalah 'Finding Laugter', '1 Night 2 Days', dan 'Knowing Bros'.

9. Twice

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Koreaallkpop.com

Girl group Korea Selatan yang masuk 10 besar lainnya adalah Twice. Girl group yang dibentuk dari sebuah acara televisi berjudul 'Sixteen' pada 2015 ini berhasil menjadi girl group Korea Selatan terlaris sepanjang masa.

Tidak banyak diketahui juga, bahwa Twice masuk ke dalam nominasi MTV Europe Music Awards pada tahun 2016.

Dengan merilis lagu yang menunjukan tentang arti kebahagian, Twice menjadi salah satu girl grup paling berpengaruh di 2020 ini.

10. Kim Heechul

Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Koreaallkpop.com

Heechul atau Kim Heechul adalah anggota boy group legendaris Super Junior. Selain menjadi penyanyi, Heechul juga aktif sebagai penulis lagu, presenter, sekaligus aktor Korea Selatan.

Ia pernah embintangi acara 'Radio Star' pada 2010 dan memenangkan penghargaan untuk Best Newcomer Award pada MBC Entertainment Awards ke-11. Ia pun masih tetap aktif di dunia industri hiburan Korea Selatan.

Heechul menjadi idola bagi para trainee bahkan idol ternama KPop, karena ia sering memberikan dukungannya kepada para junior, seperti seorang Kakak yang memberi nasihat kepada Adiknya.

Selebriti memiliki tugas berat untuk membagikan pesan baik dan pengaruh positif bagi banyak orang. Bukan tanpa alasan, karena popularitas yang mereka miliki bisa menjadi sebuah keunggulan sekaligus kelemahan. Sukses selalu untuk sepuluh selebriti di atas. Semoga mereka bisa selalu memberikan nilai dan dampak positif kepada publik.

Baca Juga: Punya Banyak Teman Cewek, 10 Artis Manis yang Akrab dengan Kim Heechul

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya