Comscore Tracker

5 Hal yang Paling Menghibur dari Johnny English Strikes Again

Dewi keberuntungan selalu menyertai Johnny English

Siapa yang tidak jatuh hati dan menanti film bergenre action, comedy, dan (mungkin) thriller ini. Konon, Johnny English merupakan versi parodi dari film James Bond. Namanya juga parodi, pasti menampilkan berbagai kelucuan atau kekonyolan.

Setelah sukses dengan Johnny English dan Johnny English Reborn, tahun ini Johnny English hadir dengan tema Strikes Again. Menceritakan serangan demi serangan hacker yang menulusup ke dalam berbagai sistem krusial London, seperti mencuri data seluruh agen rahasia, mengacaukan lalu lintas London, dan lainnya.

Karena semua data agen rahasia sudah bocor, maka Perdana Menteri Inggris yang diperankan oleh Emma Thompson memerintahkan agar memanggil para agen rahasia yang sudah pensiun. Salah satunya: Johnny English.

Penasaran apa saja ya kekonyolan Johnny English saat menjalankan tugasnya kali ini? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Sombongnya Johnny English yang bikin gemes

5 Hal yang Paling Menghibur dari Johnny English Strikes Againslashfilm.com

Kesombongan atau rasa percaya diri yang berlebih, memang jadi ciri khas Johnny English. Setelah lama pensiun dari dunia intelijen, English beralih profesi sebagai guru di salah satu sekolah. Dia mengajarkan murid-murid sekolah dasar ini untuk menjadi 'bibit unggul' agen rahasia.

Berbagai trik yang konyol diwariskan kepada para muridnya. Sampai suatu siang, dia menemukan sepucuk surat dari MI7. Dengan mata berbinar, English bergegas memenuhi panggilan tersebut. Dan dari sinilah dimulai kesombongan demi kesombongan.

Salah satunya, Johnny English menolak menggunakan smartphone dan minta disiapkan berbagai peralatan intelijen yang sudah kuno. Alasannya, teknologi canggih hanya akan membuat keberadaannya terlacak oleh musuh. Gak cuma smartphone, English juga lebih memilih mobil tua Aston yang gak dilengkapi GPS.

Adegan demi adegan saat English menggunakan berbagai peralatan kuno itu sungguh menghibur. Apalagi saat berada di kapal pesiar, rasanya seperti sedang menonton Home Alone. Menggunakan permen untuk menjatuhkan musuh-musuh berbadan besar, menggunakan pembersih telinga untuk meledakkan pintu besi, dan banyak lagi. Lucu dan menghibur!

2. Duet konyol terbaik antara Johnny English dan Angus Bough

5 Hal yang Paling Menghibur dari Johnny English Strikes Againjohnnyenglishmovie.com

Kalau kamu mengikuti seri film ini dari awal, tentu ingat sosok Angus Bough yang diperankan oleh Ben Miller. Dalam Strikes Again, selain meminta berbagai peralatan yang diperlukan, English juga minta agar Bough ditugaskan bersamanya.

Baru bertemu saja, mereka berdua sudah menciptakan kekonyolan, dengan nyangkutnya sweater Bough di gesper ikat pinggang English. Itu baru pertemuan pertama. Terbayang dong bagaimana konyolnya mereka saat kembali bersama dalam satu tim? Pecah lucunya!

Salah satunya, saat English menyusup ke rumah Jason Volta (Jake Lacy), si jago teknologi yang menjadi musuh utama dalam film ini. Saat tertangkap, English dengan sombongnya mengatakan kalau dia membawa banyak pasukan. Setelah dicek melalui CCTV, ternyata yang muncul cuma seorang Bough yang dikejar-kejar anjing.

3. Ketika agen 'tua' mencoba teknologi canggih

5 Hal yang Paling Menghibur dari Johnny English Strikes Againtheartsshelf.com

Seperti sudah diceritakan sebelumnya. English selalu menolak bila 'dibekali' dengan 'senjata-senjata' yang canggih seperti smartphone, GPS, dan lainnya. Dia selalu bilang "kita lakukan misi ini dengan cara lama yang sederhana."

Jadi, saat dia mencoba teknologi yang baru buat dia, pastilah terjadi kekacauan. Seperti saat English mencoba teknologi augmented reality. Setelah tahu bahwa musuhnya adalah Jason Volta, English berencana menyusup ke dalam rumah Volta. Tapi sebelumnya, tentu dia harus menguasai rumah itu terlebih dahulu.

MI7 membantunya mengenali denah rumah melalui game augmented reality ini. Mereka sudah men-scanning denah rumah Volta dan memindahkannya ke dalam game ini. Bough menitipkan pesan bahwa menggunakan permainan ini bisa membuat penggunanya melupakan keberadaan di sekelilingnya, karena efek permainan yang terlalu nyata. Itu mengapa, sebelum memulai permainan, dia harus mengunci lantai permainan, agar tidak 'kebablasan' sampai ke mana-mana.

Tapi namanya juga sudah sombong dari lahir, si English mencoba permainan ini dengan kesalahan fatal: salah mengunci lantainya! Hasilnya? Ya jelas dia sampai ke luar gedung, ke jalan raya, ke toko roti, bahkan sampai ke atap bus tingkat. Akibat aksi jalan-jalannya ini, dia melukai penjaga toko roti, mendorong nenek tua yang duduk di kursi roda, dan menghajar pemandu wisata lokal. Benar-benar kacau dan kocak.

4. Terjebak asmara dengan Ophelia

5 Hal yang Paling Menghibur dari Johnny English Strikes Againtabloidbintang.com

Kalau di seri pertama Johnny English, menggaet Rosamund Pike yang juga bermain dalam James Bond: Die Another Day, maka dalam Johnny English Strikes Again, sang sutradara menggeret Olga Kurylenko yang pernah bermain di James Bond: Quantum of Solace.

Olga Kurylenko berperan sebagai Ophelia yang berprofesi sebagai mata-mata Rusia. Sejak pertama bertemu di kapal pesiar milik Jason Volta, English sudah tertarik dengan Ophelia. Bahkan dia tidak sadar sudah dipancing oleh Ophelia, masuk ke dalam jebakan.

Warning dari Bough yang mencurigai Ophelia pun tak dihiraukan. Saat dia tertangkap basah oleh Ophelia di rumah Jason Volta, English baru menyadari bahwa Ophelia memang benar-benar seorang mata-mata.

Meski sempat berseberangan, dalam akhir film ini, English dan Ophelia menjadi satu tim yang memiliki tujuan sama: meringkus Jason Volta. Siapa sangka kerja sama mereka berhasil.

Beberapa adegan kocak di antara kedua karakter ini sangat menghibur. Salah satunya, saat Ophelia masuk ke dalam kamar hotel English untuk membunuh English. Sayang Ophelia kurang cepat bergerak. English yang tidak bisa tidur, mencoba minum obat tidur. Tapi karena salah minum obat, bukannya tidur, dia malah justru semakin semangat.

Saking semangatnya, English sampai gak sadar sudah membuat Ophelia pingsan 2 kali. Pertama, saat dia mendorong pintu terlalu keras dan tidak menyadari kalau Ophelia ada di belakang pintu. Kedua, saat mengajak berdansa Ophelia, dan tanpa sadar telah membanting tubuh Ophelia ke lantai.

5. Berusaha keras meyakinkan perdana menteri

5 Hal yang Paling Menghibur dari Johnny English Strikes Againmetro.co.uk

Dalam film ini diceritakan betapa kagumnya perdana menteri pada sosok Jason Volta. Saat sistemnya diretas, perdana menteri meminta pada stafnya untuk mengundang Jasaon Volta yang sangat menguasai sistem informasi.

Saking kagumnya, perdana menteri sampai gak sadar sudah dimanfaatkan oleh Jason Volta. Maka, ketika Johnny English melaporkan bahwa peretas sebenarnya adalah Jason Volta, perdana menteri langsung marah besar. Bahkan, sampai memecat Johnny English.

Johnny English yang kecewa dihibur oleh Bough. Mereka kembali melakukan aksi penyelidikan dan misi penyelamatan. Saat penandatangan G-21, Jason menjebak seluruh wakil negara peserta, dan memaksa mereka menandatangani kesepakatan yang isinya memberikan kesediaan untuk menyerahkan semua data negara mereka kepada Volta.

Saat genting inilah English kembali hadir dengan pakaian perang dari besi. Bukan apa-apa. Awalnya dia bersembunyi dibalik baju itu, tapi kemudian bajunya gak bisa dilepas. Mau gak mau, baju itu dipakai seterusnya.

Efek baju yang susah dikendalikan, English pun terpeleset sampai ke luar pintu. Adegan ini sungguh menghibur. Bisa dibayangkan, betapa lucunya ketika kesombongannya berakhir dengan tragis seperti itu?

Adegan lucu lainnya, adalah saat perdana menteri berniat memperkenalkan dia sebagai pahlawan kepada seluruh awak media. English yang bersiap menyambut antusias media, iseng-iseng memukul sabuk baju besinya dan tiba-tiba celananya pun terbuka! Pasti terbayangkan lucunya adegan ini? Melihat kejadian itu, perdana menteri malu dan urung memperkenalkannya sebagai pahlawan.

Johnny English memang bukan agen MI7 yang kompeten, tapi dia selalu dikeliling Dewi Fortuna. Sekalipun selalu menciptakan kekacauan demi kekacauan, tapi dia selalu berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik (dan lucu!). Dari 1-10, saya kasi bintang 8 untuk Johnny English Strikes Again.

Astrid Septaviani Photo Writer Astrid Septaviani

Tulisan adalah sahabat terbaik manusia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya