Comscore Tracker

Selain DreadOut, Ini 10 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Sebuah Game

Yang mana favoritmu??

Sebuah judul video game yang sangat populer biasanya akan menarik pihak pembuat film untuk memproduksi dan merilis sebuah game dalam versi filmnya. Sang pembuat film berharap hal tersebut akan menuai kesuksesan seperti halnya tersebut. Biasanya film yang diangkat dari video game yang ceritanya jarang yang sama dengan versi game bahkan ada yang menambahkan karakter baru yang tidak ada dalam gamenya.

Salah satu game yang diadaptasi menjadi sebuah film terbaru adalah DreadOut. Game ini berasal dari Indonesia dan bertema horor. Game ini sempat menggemparkan dunia karena menjadi game Indonesia yang memiliki grafis dan alur game yang sangat menarik. Tapi ternyata, gak hanya DreadOut saja yang diadaptasi menjadi sebuah film. Ada banyak game yang juga sudah diadaptasi. Ini dia film terbaik yang diadaptasi dari game.

1. Assassin Creed

https://www.youtube.com/embed/gfJVoF5ko1Y

Assassin Creed menjadi salah satu game yang dimainkan para gamer di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Game yang satu ini akhirnya diadaptasi menjadi sebuah film pada tahun 2016. Cerita dalam film ini untuk awalnya memang terbilang cukup rumit, khususnya bagi yang belum pernah memainkan gamenya.

Namun terlepas dari itu, kita akan dibuat takjub oleh adegan bertarung yang luar biasa antara Assassin dan Templar. Ada juga adegan parkour kejar-kejaran dari tokoh utama dalam film ini. Assassin Creed akan memanjakan mata kalian dalam sebuah efek yang sangat realistis. Nuansa kuno yang ditampilkan dalam film ini akan terasa kental sekali sesuai dengan gamenya.

2. Max Payne

https://www.youtube.com/embed/GklHaGfncJI

Max Payne yang disutradarai oleh John Moore ini adalah sebuah film yang bergenre thriller yang diadaptasi dari video game dengan judul yang sama. Game yang satu ini dirilis pada tahun 2001 untuk platform PS2 dan Xbox. Sementara filmnya dirilis pada tahun 2008 dan dibintangi oleh Mark Wahlberg.

Kisahnya menceritakan tentang seorang polisi bernama Max yang kehilangan keluarganya karena pembunuhan misterius hingga ia memendam dendam yang besar. Bekerja sama dengan wanita bernama Mona Sax, Max memulai upayanya untuk mengungkap kebenaran.

Cerita Max Payne sendiri lebih menitik beratkan misteri yang harus dipecahkan sepanjang film sehingga alurnya cenderung sedikit lambat. Film ini diproduksi dengan biaya $ 35 juta. Dan berhasil mengumpulkan pendapatan kotor sekitar $ 85 juta.

3. Resident Evil

https://www.youtube.com/embed/kEutwdia8n0

Kalian para gamer pastinya sudah mengenal seri video game yang berjudul Resident Evil. Game ini pertama kali dirilis untuk konsol Playstation. Menyusul kesuksesan dari seri tersebut, kemudian dirilislah film Resident Evil yang dibintangi oleh Milla Jovovich dan film pertamanya ini tayang pada tahun 2002.

Milla Jovovich sebagai Alice dan Michelle Rodriguez sebagai Rain, anggota tim komando yang ditugaskan untuk menyusup sebuah laboratorium bawah tanah yang dimiliki oleh konglomerat tak dikenal yang mengatasnamakan sebagai Umbrella Corporation. Film pertama Resident Evil pertama ini diikuti beberarap sekuel, dan yang terakhir adalah Resident Evil The Final Chapter yang dirilis pada tahun 2017.

4. Hitman

https://www.youtube.com/embed/alQlJDRnQkE

Hitman yang dirilis pada tahun 2007 ini adalah sebuah film yang diadaptasi dari sebuah game yang berjudul hitman agent 47 yang populer pada tahun 2000 untuk platform PC. Film yang sarat aksi kejar-kejaran dan meloloskan diri ini mengisahkan tentang Agent 47 yang diperankan oleh Timothy Olyphant yang merupakan seorang pembunuh bayaran revolusioner terkenal yang dibesarkan oleh grup The Organization.

Dan selanjutnya harus terjerat dalam konspirasi politik serta menjadi seoran buronan. Disepanjang film kalian akan disuguhi aksi-aksi gila yang menegangkan khas film-film action dan pembunuh bayaran lainnya. Adegan Agent 47 yang berhasil meloloskan diri dari kejaran polisi dan militer menjadi salah satu sajian utama dari film yang disutradarai oleh Xavier Gens ini.

Baca Juga: 7 Film Biografi Terbaru dengan Rating Tinggi yang Wajib Kamu Tonton

5. Silent Hill

https://www.youtube.com/embed/WWMGZe6iucw

Selain Resident Evil, game yang bergenre horor populer di Playstation adalah Silent Hill yang mempunyai ciri khas dan keseramannya sendiri. Silent Hill diadaptasi ke layar lebar pada tahun 2006 dan mendapat respon yang cukup positif. F

ilm yang disutradarai oleh Christophe Gans ini mengisahkan seorang ibu yang mecarai anak perempuannya yang hilang di sebuah tempat yang bernama Silent Hill. Ibu yang mencoba mencari anaknya tersebut malah terjerumus kepada kejadian-kejadian mistis yang menegangkan. Di sinilah rentetan ketegangan terjadi.

Bagi kalian penyuka film horor maupun penggemar game Silent Hill, tentu film ini sayang untuk kalian lewatkan.

6. Need For Speed

https://www.youtube.com/embed/e73J71RZRn8

Need For Speed merupakan judul video game balapan yang sangat populer. Pertama kali dirilis pada tahun 1994 untuk konsol Playstation dan telah dibuatkan seri-seri lainnya yang laris di pasaran. Need For Speed mengisahkan kehidupan seorang mekanik asal New York sekaligus pembalap liar yang disebut sebagi pembalap paling berbakat.

Selanjutnya seperti dalam video gamenya, film ini akan menampilkan aksi balapan. Selain balapan jalanan, Need For Speed juga memamerkan banyak super car yang mewah. Meskipun banyak kritikus yang menyebut film ini masih kalah dengan seri Fast and Furious, tentu tidak ada salahnya untuk kalian para penggemar gamenya untuk menonton film bertema balapan mobil yang satu ini.

7. The Angry Birds Movie

https://www.youtube.com/embed/QRmKa7vvct4

Kalian pasti pernah memainkan games yang satu ini. Game yang sempat buming ini menjadi game yang paling banyak dimainkan diandroid dan iOS. The Angry Birds Movie yang diproduksi oleh Sony Pictures ini dirilis pada tahun 2016 dan memiliki kualitas animasi yang mumpuni dengan cerita yang ringan dan cukup seru.

Kisahnya menceritakan kehidupan sekelompok burung yang hidup di sebuah pulau yang kemudian kehidupan mereka terganggu dengan kehadiran leonards babi dan kawan-kawan. Kalian tentunya bisa menonton The Angry Birds Movie sambil mengisi waktu luang bersama keluarga. Karena tentu saja film animasi ini cukup seru dan aman untuk semua umur.

8. Prince Of Persia: Sands Of Time

https://www.youtube.com/embed/bZ7Li5w2I-k

Seri game Prince Of Persia pertama kali dirilis pada tahun 1989 dan berlanjut dengan seri-seri berikutnya. Karena kepopulerannya, dibuatlah film Prince Of Persia: Sands Of Time yang dirilis pada tahun 2010. Film ini merupaka adaptasi dari seri keempat Prince Of Persia yang berjudul sama.

Menceritakan seorang anak jalanan yang bernama Dastan yang kemudian diangkat anak oleh Raja. Dastan sebagai pangeran Persia menjadi fokus cerita. Film ini merupakan salah satu dari sedikit film yang diangkat dari video game yang mendapat ulasan yang lumayan positif dan juga cukup sukses di Box Office. 

9. Warcraft

https://www.youtube.com/embed/2Rxoz13Bthc

Warcraft sangat populer di kalangan gamer. Dan jika kalian pernah memainkan game yang satu ini tentu sja dianjurkan untuk menonton seri filmnya. Game Warcraft adalah video game berbasis real time strategi yang menjadi salah satu game paling berpengaruh didunia. Film ini mengisahkan pertemuan awal antara manusia dan orbs.

Dengan menampilkan konflik dari kedua kelompok ini, film ini menampilkan karakter seperti Durotan dan Lothar yang beradegan di berbagai lokasi seperti yang ada di seri video gamenya. Pertarungan epic dan visual efek yang berkualitas akan membuat kalian serasa masuk ke dalam dunia Warcraft ketika menontonnya. 

10. Final Fantasy VII: Advent Children

https://www.youtube.com/embed/wut2am39z-c

Seri Final Fantasy VII bisa dibilang adalah seri Final Fantasy tersukses dan terlaris sekaligus seri yang paling terkenal. Dan karena itulah Square Enix memproduksi film Final Fantasy VII: Advent Children dan dirilis pada tahun 2005. Menceritakan dua tahun setelah kejadian Final Fantasy VII, pemulihan atas kerusakan pada planet akibat meteor yang hampir menghancurkan sang planet mulai diupayakan.

Saat itu penduduk Midgar mulai mengupayakan untuk mendirikan sebuah kota baru di bagian luar kota Midgar. Film ini adalah film animasi yang bergaya mahal dan dibuat oleh Square Enix sehingga menghasilkan kualitas animasi yang tinggi pada masanya. Film ini disutradarai oleh Tetsuya Nomura.

Kalau kamu gamer sejati, pasti sudah nonton semua nih!

Baca Juga: Siap Merinding, Ini 5 Film Horor Korea yang Tayang 2019

Aswar Riki Photo Community Writer Aswar Riki

Matematika UNNES. Menulis. Desain Grafis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You