Comscore Tracker

8 Acara TV Lawas saat Sahur, Nostalgia Jelang Puasa Ramadhan 

Mana yang temani makan sahurmu?

Bulan istimewa yang sangat dinantikan oleh umat muslim sudah semakin dekat. Pada awal bulan depan, umat beragama Islam akan melaksanakan puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Kewajiban makan sahur hingga menyegerakan berbuka juga tak boleh dilewatkan.

Salah satu hal yang identik dengan bulan Ramadhan adalah berbagai acara TV yang tayang saat sahur maupun buka puasa. Makan sahur menjadi lebih terhibur karena ditemani berbagai acara TV yang menyenangkan.

Sebelum meredup seperti sekarang, acara TV lawas saat sahur pernah dihiasi berbagai program populer dengan rating tinggi. Penasaran ada apa saja? Yuk, nostalgia dengan menyimak sederet ulasan di bawah ini.

1. Saatnya Kita Sahur 

https://www.youtube.com/embed/Sm13BqnUPHo

Saatnya Kita Sahur merupakan acara TV yang tayang perdana pada 3 September 2007 selama bulan Ramadhan di Trans TV. Acara TV populer ini memiliki 87 episode dengan durasi dua hingga tiga jam.

Saatnya Kita Sahur mengusung konsep acara pertunjukkan musik secara langsung, sketsa komedi, kuis interaktif, talkshow, hingga game show. Acara ini memiliki bintang tamu berbeda setiap harinya dan pengisi acara yang beragam seperti Adul, Desy Ratnasari, Komeng, Wendi Cagur, Denny Cagur, Nycta Gina, Kiwil, Alm. Olga Syahputra, Bedu, Asri Welas, Narji, Tessy, Shireen Sungkar, Soimah, Ananda Omesh, dan Ustadz Maulana.

Saatnya Kita Sahur menjadi acara TV saat sahur yang menghibur masyarakat Indonesia dibuktikan dengan tingginya rating yang mereka dapat. Acara TV ini kemudian berubah nama menjadi Waktunya Kita Sahur di tahun 2012.

2. Para Pencari Tuhan 

https://www.youtube.com/embed/s_Kur0UNXUQ

Para Pencari Tuhan merupakan sinetron yang dipadukan dengan kuis atau dikenal dengan sinekuis. Sinekuis populer ini tayang perdana pada 16 September 2007 dengan durasi dua jam selama bulan Ramadhan di SCTV.

Para Pencari Tuhan disutradarai oleh Deddy Mizwar dan Kiki ZR sekaligus dibintangi oleh Melky Bajaj, Aden Bajaj, Isa Bajaj, Deliana Siahaan, Zaskia Adya Mecca, Artta Ivano, Akrie Patrio, Agus Kuncoro, Asrul Dahlan, serta Jarwo Kwat di jilid awal.

Menariknya, sinekuis Para Pencari Tuhan masih tayang hingga tahun lalu dengan total 14 jilid meski pemerannya sudah banyak yang berganti. Tak heran jika Para Pencari Tuhan pernah menang sebagai program sinetron terbaik di tahun 2014.

Baca Juga: Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab, Lafal Doa Saat Mengerjakan Sahur

3. Sahurnya OVJ 

https://www.youtube.com/embed/3ge2_9TW7sk

Sahurnya OVJ merupakan acara TV saat sahur yang tayang perdana pada 11 Agustus 2010 di Trans 7. Acara TV populer ini memiliki berbagai nama yang berganti-ganti tiap tahunnya, mulai dari Opera Van Java Sahur (2009), OVJ Sahurnya Indonesia (2012), dan Pasahur (2014).

Sahurnya OVJ memiliki berbagai segmen seperti cerita, kuis, hingga serbuh (serangan subuh) yang melibatkan para penonton. Selain itu, Sahurnya OVJ juga menjadi acara TV saat sahur dengan rating tertinggi kedua setelah Saatnya Kita Sahur.

Menariknya, Sahurnya OVJ memiliki dua hal ikonik yang membekas di ingatan masyarakat Indonesia, seperti saat penonton di studio memakai berbagai kostum unik tiap harinya dan ketika adu bakat menyanyikan lagu "Kite Lagi" yang menjadi theme song Opera Van Java.

4. Lorong Waktu 

https://www.youtube.com/embed/oPiCWM-R4S4

Lorong Waktu merupakan sinetron religi islami bergene sci-fi yang dibuat sekaligus dibintangi oleh Deddy Mizwar. Ia beradu akting dengan Hefri Olifian, Jourast Jordy, dan Christy Jusung.

Lorong Waktu tayang pertama kali pada bulan Ramadhan tahun 2006 di SCTV. Sinetron ini mengisahkan petualangan Haji Husin, Ustadz Addin, dan santri cilik Zidan yang melintasi waktu ke masa lalu maupun masa depan. Dalam perjalanan menembus lorong waktu, mereka menemui berbagai kejadian dan tokoh yang bisa memberikan pelajaran berharga.

Salah satu hal yang melekat erat dari sinetron populer ini adalah momen saat para pemeran utama akan melintasi waktu dan mengucapkan tagline "Pak Haji siap? Zidan siap?". Ada yang masih ingat, kah?

5. Stasiun Ramadhan 

https://www.youtube.com/embed/t5gwLMQiVrc

Stasiun Ramadhan atau disebut juga dengan Star adalah acara TV saat sahur yang tayang pada awal tahun 2000-an di RCTI. Acara TV populer ini dipandu oleh duo pembawa acara ikonik yaitu Eko Patrio dan Ulfa Dwiyanti.

Selain itu, Stasiun Ramadhan juga diramaikan oleh berbagai komedian profesional seperti Parto Patrio, Tukul Arwana, hingga Alm. Jojon. Konsep acara yang diusung oleh acara TV ini adalah sitkom yang berlatar belakang di sebuah stasiun, selaras dengan nama programnya.

Salah satu hal paling membekas di ingatan dari Stasiun Ramadhan adalah tagline yang mereka miliki yaitu "Tut tut, gujes gujes. Tut tut, gujes gujes. Wak waw!". Siapa nih yang baca sambil terngiang nadanya?

6. Sahurnya Pesbukers 

https://www.youtube.com/embed/ZjkZag7OJDQ

Sahurnya Pesbukers adalah acara TV spesial dari Pesbukers (Pesta Buka Bareng Selebritis) yang tayang saat sahur. Pada awalnya, Pesbukers tayang setiap hari selama bulan Ramadhan dan digawangi oleh Alm. Olga Syahputra, Jessica Iskandar, Raffi Ahmad, Opie Kumis, serta Qubil AJ selama menunggu jam buka puasa.

Sahurnya Pesbukers merupakan versi lain dari Pesbukers untuk menemani selama makan sahur. Konsep yang mereka usung adalah sketsa realita berisikan pantun lucu, rayuan gombal, serta kuis interaktif.

7. Kiamat Sudah Dekat 

https://www.youtube.com/embed/PC0wvZFq4tw

Kiamat Sudah Dekat adalah sinetron adaptasi dari film drama komedi religi yang tayang pada bulan Ramadhan tahun 2003. Sinetron ini disutradari sekaligus dibintangi oleh Deddy Mizwar dengan mengusung pemain yaitu Andre Taulany, Ayu Pratiwi, Nazar Amir, dan Zaskia Adya Mecca.

Kiamat Sudah Dekat mengisahkan tentang berbagai musibah yang menimpa Fandy, rocker asal Amerika. Ia kemudian jatuh cinta dengan Sarah, putri dari Haji Romli. Salah satu hal ikonik dari sinetron populer ini adalah duo bocah bernama Kipli dan Saprol. Rambut Kipli yang dimodel ke atas menjadi jambul sangat melekat di ingatan pemirsa hingga saat ini.

8. Yuk Kita Sahur 

https://www.youtube.com/embed/Jx001zSti60

Yuk Kita Sahur adalah acara TV saat sahur yang tayang pertama kali pada 11 Juli 2013 di Trans TV. Acara ini merupakan transformasi dari pendahulunya yaitu Waktunya Kita Sahur.

Yuk Kita Sahur mengusung format pertunjukkan musik langsung, kuis interaktif, sketsa komedi, talkshow, dan game show. Acara ini memiliki bintang tamu yang berbeda setiap harinya dan diisi oleh Adul, Caisar, Chand Kelvin, Denny Cagur, Tarra Budiman, Kiwil, Alm. Olga Syahputra, Raffi Ahmad, Wendi Cagur, Cinta Laura, Narji, Tyson Lynch, Soimah, serta Maniek Prakoso.

Yuk Kita Sahur menjadi wadah saat goyang caesar yang dipandu oleh Caisar menjadi viral. Lagu "Buka Sitik Joss" karya Juwita Bahar pun ikut terseret popularitas dari goyang fenomenal ini. Selain itu, hal ikonik lain dari Yuk Kita Sahur adalah goyang kok sepi sih yang dibawakan pada lagu "Kata Pujangga" karya Rhoma Irama.

Kedelapan tayangan lawas saat sahur di atas menunjukkan bahwa program acara TV pernah menduduki masa jayanya, bahkan di bulan Ramadhan. Meski beberapa program sudah tak lagi tayang, namun berbagai acara TV tersebut masih membekas di ingatan masyarakat Indonesia. Kira-kira acara TV mana yang jadi favoritmu untuk menemani makan sahurmu?

Baca Juga: 9 Potret Terkini Pemain Para Pencari Tuhan Jilid 1, Masih Ingat?

Athaya Salsabila H Photo Verified Writer Athaya Salsabila H

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya