Comscore Tracker

6 Film Bertema Bulu Tangkis, Penuh Haru dan Perjuangan tanpa Henti

#IDNTimesHype Jadi paham perjuangan dan usaha menjadi atlet

Setelah kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu di Olimpiade Tokyo 2020, bulu tangkis kembali ramai diperbincangkan di Indonesia.

Indonesia memang tak asing dengan kemenangan bulu tangkis. Beberapa nama atlet kawakan bahkan berhasil dilahirkan dari Indonesia serta mencetak kemenangan di kancah olahraga internasional. 

Untuk menjadi atlet, tentunya butuh segudang perjuangan. Nah, bagi kamu yang ingin tahu bagaimana perjuangan dan kehidupan dari atlet bulu tangkis di Indonesia maupun dunia, tonton deretan film di bawah ini, ya. Dijamin bikin terharu!

1. Susi Susanti: Love All 

6 Film Bertema Bulu Tangkis, Penuh Haru dan Perjuangan tanpa Hentiposter film susi susanti (layar.id)

Dari judulnya, kamu bisa menebak bahwa film ini berkisah seputar perjalanan karir Susi Susanti serta perjuangannya meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992.  Film ini tidak hanya menyajikan perjuangan Susi Susanti di lapangan.

Lebih dari itu, Susi Susanti: Love All menggambarkan bagaimana atlet satu ini mengalami pergulatan batin serta menyaksikan gejolak politik yang turut memengaruhi mentalnya.

Film yang diproduseri oleh Daniel Mananta ini rilis pada tahun 2019 dan dibintangi oleh Laura Basuki, Dion Wiyoko, dan Lukman Sardi. 

2. King 

6 Film Bertema Bulu Tangkis, Penuh Haru dan Perjuangan tanpa Hentiposter film king (rindupulang.id)

King berkisah tentang perjuangan dan perjalanan panjang seorang anak lelaki bernama Guntur yang berasal dari pelosok desa. Guntur pantang menyerah untuk menggapai impiannya menjadi pebulu tangkis hebat seperti idolanya, Liem Swie King.

Dengan segala keterbatasan yang dimilikinya, Guntur berjuang agar bisa mendapatkan beasiswa bulu tangkis. Kisah Guntur pun dimulai ketika sahabatnya, Raden, membantunya untuk menggapai cita-cita tersebut. 

Menariknya, film yang disutradarai Ari Sihasale ini juga menampilkan Jonathan Christie dan Kevin Sanjaya yang masih belia, meskipun bukan sebagai pemeran utama. Serta, ada juga aksi sang legenda bulu tangkis, Liem Swie King.

3. Lee Chong Wei: Rise of The Legend

6 Film Bertema Bulu Tangkis, Penuh Haru dan Perjuangan tanpa Hentitwitter.com/yonexind

Negeri tetangga kita, Malaysia, juga punya seorang pebulu tangkis legendaris. Siapa lagi kalau bukan Lee Chong Wei. Kisah dan perjalanan karirnya menjadi atlet bulu tangkis top dunia dituangkan dalam film biopik berjudul Lee Chong Wei: Rise of The Legend.

Film yang rilis tahun 2018 silam ini menceritakan perjalanan panjang dan lika-liku Lee Chong Wei menapaki karirnya. Mulai dari masa awal sebagai atlet muda penuh ambisi hingga menjadi pebulu tangkis nomor satu dunia. Perjuangannya pun tak mudah, Lee Chong Wei melewati jalan terjal dan latihan yang keras, penuh keringat dan air mata.

Baca Juga: 5 Film Biopik dari Legenda Olahraga yang Bisa jadi Inspirasi

4. Saina

6 Film Bertema Bulu Tangkis, Penuh Haru dan Perjuangan tanpa Hentitwitter.com/reetfilms

India juga memiliki pebulu tangkis berbakat bernama Saina Nehwal. Ia pernah menjadi atlet tunggal putri nomor satu dunia pada tahun 2015. Nah, kisah dan perjalanan karirnya dituangkan dalam film biopik berjudul Saina.

Film yang baru saja rilis pada 26 Maret 2021 ini dibintangi oleh Parineeti Chopra sebagai Saina Nehwal. Film ini berkisah tentang perjuangan Saina Nehwal yang penuh semangat dan ketekunan, hingga akhirnya bisa mencapai puncak kesuksesan di dunia bulu tangkis.

5. Full Strike 

6 Film Bertema Bulu Tangkis, Penuh Haru dan Perjuangan tanpa Hentiposter film full strike (goldposter.com)

Berbeda dengan film-film sebelumnya, Full Strike tak hanya menyuguhkan tontonan yang memberikan motivasi, tapi juga penuh komedi. Film yang rilis pada tahun 2015 ini digarap oleh sutradara Derek Kwok asal Hong Kong dan cukup populer di Negeri Tirai Bambu.

Full Strike dibintangi oleh Ekin Cheng, berkisah tentang mantan pebulu tangkis yang sudah lama absen dari turnamen bulu tangkis. Ia akhirnya kembali lagi ke lapangan setelah bertemu dengan mantan gangster yang menginspirasi dirinya. 

6. Bruce Lee Played Badminton Too 

6 Film Bertema Bulu Tangkis, Penuh Haru dan Perjuangan tanpa Hentiamazon.com

Meski ada nama Bruce Lee di judulnya, jangan harap aktor laga itu ada di film ini, ya. Film bergenre komedi yang rilis tahun 2011 ini lebih menceritakan tentang kisah seorang remaja bernama Nic Wooding. Ia memiliki cita-cita untuk menjadi pemain bulu tangkis top dunia.

Namun, sang ayah yang merupakan mantan juara tenis, tidak ingin sang anak menjadi atlet bulu tangkis. Nic pun membangkang, ia membuktikan bahwa dirinya mampu menggapai apa yang diinginkannya.

Dengan menyaksikan deretan film di atas, kamu bisa memahami bagaimana perjuangan yang dilalui para atlet bulu tangkis. Ada yang bikin kamu penasaran pengen nonton gak, nih?

Baca Juga: 10 Artis Indonesia yang Pernah Perankan Karakter Atlet di Film

Atopsky Photo Writer Atopsky

Pria sederhana yang bercita-cita ke Mars

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya