Comscore Tracker

5 Fakta Seru Balada Onggok Si Anak Durhaka, Podcast Terbaru PODKESMAS

Angga 'Nggok' pertama kali jadi peran utama #IDNTimesHype

PODKESMAS akan segera merilis proyek eksklusif terbarunya bersama Spotify yang berjudul Balada Onggok Si Anak Durhaka. Tentunya, podcast ini akan diisi oleh Imam Darto, Ananda Omesh, Ananda 'Nggok', dan Surya 'Insomnia'. 

Selain mereka berempat, podcast ini juga akan diisi oleh aktor dan aktris senior, seperti Tora Sudiro, Cak Lontong, Asri Welas, Yuki Kato dan masih banyak yang lainnya. Podcast yang memiliki cerita blockbuster dan fantasi yang dibalut dengan komedi ini segera dirilis pada 7 September nanti. 

IDN Times mendapatkan kesempatan untuk mengikuti konferensi pers secara virtual bersama cast utama Balada Onggok Si Anak Durhaka dan Carl Zuzarte sebagai Head of Studios dari Spotify, pada Kamis (2/9/2021). Buat yang penasaran, yuk, simak artikel satu ini! 

1. Audio drama ini merupakan tantangan yang diberikan oleh Spotify sendiri

5 Fakta Seru Balada Onggok Si Anak Durhaka, Podcast Terbaru PODKESMASTJ, Cast PODKESMAS, Carl Zuzarte pda konferensi pers Balada Onggok Si Anak Durhaka, Kamis (2/9/2021) (dok. Spotify)

Pada awalnya, audio drama ini merupakan tantangan dari Spotify sehingga munculah ide untuk membuat cerita Bandala Onggok Si Anak Durhaka. Menurut, Angga 'Nggok', audio drama ini seperti mengajak para pendengar untuk kembali ke masa lalu saat radio suka menyiarkan sandiwara di dalamnya.

"Walaupun pembuatan podcast ini challenging, tapi di sisi lain juga fun banget," ujar Imam Darto. 

2. Sinopsis dari Balada Onggok Si Anak Durhaka yang seru dan lucu banget

5 Fakta Seru Balada Onggok Si Anak Durhaka, Podcast Terbaru PODKESMASPoster Balada Onggok Si Anak Durhaka (dok. Spotify)

Podcast Balada Onggok Si Anak Durhaka yang disutradarai oleh Imam Darto ini menceritakan tentang kisah seorang pria yang bernama Onggok (diperankan oleh Angga 'Nggok') yang merasa tidak dicintai dan tidak dihargai oleh teman-temannya, Suryo (diperankan oleh Surya 'Insomnia'), Omesan (diperankan oleh Omesh), dan Dartox (diperankan oleh Imam Darto). 

Onggok merasa kesal karena teman-temannya yang selalu merundung dirinya karena ia tidak sesukses mereka. Hingga suatu saat, ia melampiaskan semua amarahnya kepada sang ayah dan mendapatkan kutukan dari jin gunung yang mengubahnya menjadi jamban emas. 

"Cerita ini terinspirasi dari candaan yang sering kami lakukan kepada karakter Angga 'Nggok' di PODKESMAS," ujar Omesh. 

Baca Juga: 10 Podcast Deddy Corbuzier yang Viral, Bareng Artis hingga Lord Luhut

3. Proses produksi yang levelnya naik jauh dibanding yang lain

5 Fakta Seru Balada Onggok Si Anak Durhaka, Podcast Terbaru PODKESMASSurya Insomnia, Angga Nggok, Imam Darto, dan Ananda Omesh (instagram.com/podkesmas)

Proses produksi saat membuat podcast ini pun sangat berbeda saat rekaman podcast yang lainnya. Mulai dari elemen audio dengan komedi fantasi dan desain audionya sudah sekelas dengan film blockbuster agar para pendengar merasa berada di dalam dongeng tersebut. 

"Pemilihan pemerannya pun kita juga ajak komedian TV lintas generasi, komika, hingga pemain pentas panggung," ujar Darto. 

Skala produksi untuk podcast ini juga sangatlah besar, hingga membutuhkan tim produksi yang lengkap, mulai dari cast director dan line producer hingga satu tim khusus untuk penulisan naskah. 

"Prosesnya aja tuh udah mirip sama proses pas bikin film. Ada reading juga, mendalami karakter juga," tutur Omesh. 

 

4. Menyatukan chemistry menjadi salah satu tantangan dalam produksi podcast ini

5 Fakta Seru Balada Onggok Si Anak Durhaka, Podcast Terbaru PODKESMASSurya Insomnia, Angga Nggok, Imam Darto, dan Ananda Omesh (instagram.com/podkesmas)

Selama proses produksi, pembuatan podcast ini pun berjalan lancar, namun ada beberapa tantangan-tantangan yang harus mereka lewati bersama. Salah satunya adalah menyatukan chemistry saat proses produksi. 

Untungnya, sang sutradara, Imam Darto memberikan kesempatan untuk mereka berdiskusi dan bebas berekspresi selama proses rekaman. 

"Semaksimal mungkin semuanya harus hadir saat proses rekaman, biar chemistry-nya jadi satu. Apalagi pas rekaman sendiri-sendiri, itu gimana caranya biar terdengar satu lokasi dan mood-nya juga harus sama," jelas Darto. 

5. Mengajak selebritis ternama untuk produksi Balada Onggok Si Anak Durhaka

5 Fakta Seru Balada Onggok Si Anak Durhaka, Podcast Terbaru PODKESMASSurya Insomnia, Angga Nggok, Imam Darto, dan Ananda Omesh (instagram.com/podkesmas)

PODKESMAS juga mengajak beberapa selebritis ternama yang akan memberikan penampilan khusus di podcast ini. Mulai dari Tora Sudiro, Asri Welas, Yuki Kato, Cak Lontong hingga Bintang Emon yang akan menarasikan cerita di dalam podcast Balada Onggok Si Anak Durhaka

"Omesh, Nggok, Darto dan Surya benar-benar jenius. Ide mereka untuk mengambil elemen slapstick dan cerita fantasi ke platform audio ini hingga penulisan yang out-of-the-box buat karya ini jadi berbeda. Saya senang menjadi bagian dalam karya yang luar biasa ini," ujar Tora yang berperan sebagai ayah Onggok. 

Itu dia beberapa fakta seru dalam pembuatan podcast eksklusif PODKESMAS x Spotify Originals yang berjudul Balada Onggok Si Anak Durhaka. Masyarakat sehat, kamu udah siap untuk dengerin podcast yang keren ini? 

 

Baca Juga: Bikin Nagih, 5 Fakta Menarik Seri Podcast Terbaru Rintik Sedu

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya