Comscore Tracker

[VIDEO] PM.AM Season 2 Ep 1: Misteri Museum Brawijaya Malang

Yang terkenal dengan gerbong mautnya

Setelah melewati season pertama, IDN Times kembali lagi dalam program PM.AM season kedua! PM.AM adalah program eksklusif IDN Times yang menguak fakta tempat-tempat, yang dikabarkan di jagat dunia maya punya, banyak kisah paranormal. Belajar dari pengalaman season pertama, tim PM.AM kembali dengan kemasan lebih seru, menyesuaikan rasa penasaran dan saran dari para penontonnya.

Di episode pertama season kedua ini, tim PM.AM mengunjungi Museum Brawijaya Malang. Apa saja yang tim PM.AM dapatkan di sana? Simak selengkapnya di video berikut:

1. Museum Brawijaya adalah salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Malang

[VIDEO] PM.AM Season 2 Ep 1: Misteri Museum Brawijaya MalangIDN Times/Michael Prayogo

Museum Brawijaya terletak di Jalan Ijen nomor 25 A, Malang. Usaha pendirian Museum ini sudah dilakukan sejak tahun 1962 oleh Mantan Pangdam VIII/Brawijaya, Brigjend TNI Purnawirawan Soerachman. Setelah mendapat dukungan dari Pemerintah Kotamadya Malang dan pihak swasta, pada tahun 1967 Museum ini mulai dibangun dan selesai pada 1968.

Museum yang arsitekturnya dikerjakan oleh Kapten Czi (baca: Corps Zeni) Ir. Soemadi ini, kemudian diresmikan pada tanggal 4 Mei 1968 oleh Kolonel Purnawirawan DR. Soewondo. Secara garis besar, Museum ini terdiri dari beberapa bagian yaitu halaman depan, halaman tengah, lobby, ruang koleksi 1, ruang koleksi 2 dan perpustakaan.

Baca juga: [VIDEO] PM.AM Ep 4: Di Balik Kisah Seram Bekas Rumah Sakit Mardi Santoso Surabaya

2. Salah satu spot yang paling menarik perhatian pengunjung Museum Brawijaya Malang adalah Gerbong Maut

[VIDEO] PM.AM Season 2 Ep 1: Misteri Museum Brawijaya MalangIDN Times/Michael Prayogo

Kisah di balik “Gerbong Maut” sangat menyedihkan sekaligus mengerikan. Sebenarnya ada 3 gerbong semacam ini, tapi hanya 1 gerbong yang kemudian diabadikan sebagai pajangan di Museum Brawijaya Malang. Lebih dari 30 orang tewas di dalamnya akibat kekejian penjajah Belanda saat itu. Gerbong yang terbuat dari baja ini menyusuri panas terik Pulau Jawa, dengan hampir tidak diberikan ventilasi. Kebayang betapa tersiksanya para pejuang dan tahanan Indonesia yang ada di dalamnya saat itu kan? Cerita lebih lengkapnya, bisa kamu saksikan di video.

3. Tim PM.AM sempat mengalami kejadian supernatural di Museum Brawijaya ini, tepatnya di perpustakaan bagian belakang

[VIDEO] PM.AM Season 2 Ep 1: Misteri Museum Brawijaya MalangIDN Times/Michael Prayogo

Tim PM.AM gak berusaha untuk membuktikan bahwa semua informasi yang kami dapat itu benar ataupun salah. Kami menggunakan itu sebagai bekal dalam bertindak dan mencari informasi lebih dalam di sana. Selain itu, penting untuk diingat bahwa percaya atau gak percaya dengan mitos yang beredar, selalu berusaha lah untuk menaati aturan setempat agar gak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Itulah yang tim PM.AM lakukan selama melakukan eksplorasi.

[VIDEO] PM.AM Season 2 Ep 1: Misteri Museum Brawijaya MalangIDN Times/Michael Prayogo

Pesan yang selalu berusaha tim PM.AM dalam programnya adalah jangan mudah percaya dengan apa yang diberitakan di internet, sebelum ada bukti empiris dan konkritnya. Mengingat bahwa di era kemudahan komunikasi ini, semua orang bisa memberikan informasi. Tetap waspada dalam memilah informasi dan jadilah netizen yang bijak ya, guys! Nantikan episode PM.AM selanjutnya!

Baca juga: [VIDEO] PM.AM Ep Spesial: Behind The Scene dan Jawaban Rasa Penasaran Penonton

Topic:

Berita Terkini Lainnya