Comscore Tracker

8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat Ngabuburit

Ada yang terinspirasi dari kisah nyata lho! #WaktunyaKorea

Drama korea yang bertemakan sejarah disbeut dengan drama sageuk. Karena berlatar belakang sejarah, kebanyakan drama sageuk menceritakan kisah pada masa kerajaan yang ditambah dengan unsur-unsur lain, misalnya percintaan.

Tema yang populer dalam drama sageuk adalah cerita rakyat, mitologi, pangeran terkenal, pahlawan nasional, dan hal-hal yang berhubungan dengan kerajaan. Nah, buat kamu yang mau suka nonton Drama Korea saat ngabuburit, di bawah ini adalah delapan drama sageuk terbaik yang pas jadi teman ngabuburit kamu.

1. Mr. Sunshine (2018)

8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat NgabuburitDok tvN

Mr.Sunshine dipuji karena jalan cerita yang luar biasa, akting dari pemeran yang terbaik, dan sinematografinya. Berlatar awal tahun 1900-an di Hanseong (sekarang Seoul), pemenang APAN Star Award ini menceritakan Eugene Choi (Lee Byung Hun), seorang pria yang dilahirkan sebagai budak di Joseon, namun berhasil melarikan diri ke Amerika Serikat.

Setelah menjadi Perwira Marinir Amerika Serikat, dia kembali ke Joseon dan dia bertemu dan jatuh cinta dengan bangsawan Go Ae Shin (Kim Tae Ri). Choi juga terlibat dalam pertempuran untuk kedaulatan Joseon setelah menemukan kolonisasi yang dibuat oleh Kekaisaran Jepang.

2. Moon Embracing the Sun (2012)

8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat NgabuburitDok. SBS

Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, KDrama bergenre fantasi sejarah ini berpusat pada romansa antara raja Dinasti Joseon (Putra Mahkota Lee Hwon, diperankan oleh Kim Soo Hyun) dan seorang dukun (Heo Yoon Woo, diperankan oleh Han Ga Di).

Untuk mempertahankan kekuasaan keluarganya, Ibu Suri dan Perdana Menteri bersekongkol untuk mempromosikan putrinya, Bo Kyung (Kim Min Seo), yang juga saudara sedarahnya dengan gelar Putri Mahkota. Namun, raja memilih Yoon Woo sebagai gantinya dan membuat marah Ibu Suri yang memerintahkan kutukan mematikan kepada Yoon Woo agar Bo Kyung dimahkotai sebagai penggantinya.

3. Jewel in the Palace (2003)

8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat Ngabuburitdramabeans.com

Jewel in the Palace dibintangi oleh Lee Young Ae sebagai Jang Geum, seorang juru masak dapur dan sekarang menjadi dokter wanita pertama raja. Tidak membiarkan dirinya dibatasi oleh perbedaan jenis kelamin dan kelas sosialnya, Jang Geum berusaha untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Namun, hal ini membuat kemarahan dari Chois, keluarga yang mengendalikan dapur kerajaan, yang mulai melihatnya sebagai ancaman bagi mereka.

Baca Juga: Elegan, 9 Potret Pesona Park Min Young dengan Outfit Motif Floral

4. Empress Ki (2013)

8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat NgabuburitDok. MBC

Empress Ki sangat populer, baik di Korea Selatan maupun luar negeri. Drama ini dipuji karena plotnya, pengembangan karakter, dan visualnya yang memukau.

Ha Ji Won berperan sebagai Permaisuri Ki atau Ki Seung Nyang, seorang tokoh sejarah yang berubah dari selir menjadi permaisuri. Di sampingnya adalah Joo Jin Mo sebagai Wang Yoo, Raja Goryeo dan Ji Chang Wook sebagai Toghon Temur, Kaisar Yuan. Keduanya bersaing untuk mendapatkan kasih sayangnya.

5. The Crowned Clown (2019)

8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat NgabuburitDok tvN

Serial ini berpusat pada raja Joseon bernama Yi Heon dan doppelganger-nya yang bernama Ha Seon (keduanya diperankan oleh Yeo Jin Goo). Khawatir akan nyawa raja di tengah pemberontakan politik, Kepala Sekretaris Kerajaan Yi Kyu (Kim Sang Kyung) meminta Ha Seon berperan sebagai penguasa.

Selain hal ini, Ha Seon menjadi terpikat dengan sang Ratu (Lee Se Young), yang mendapati dirinya menyukai perubahan sifat sang raja yang seperti ini.

6. Sungkyunkwan Scandal (2010)

8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat NgabuburitDok. KBS2

Lahir di era saat perempuan tidak memiliki akses ke pendidikan atau pekerjaan, Kim Yoon Hee (Park Min Young) menyamar sebagai saudara laki-lakinya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya melalui berbagai pekerjaan sambilan. Untuk meningkatkan penghasilannya, dia melakukan tindakan ilegal dengan menjadi pengambil tes pengganti, namun ditangkap oleh Lee Sun Joon (Park Yoo Chun).

Kim Yonn Hee memperhatikan potensinya dan ia mendaftar di kelas, merahasiakan identitas aslinya bersama teman-teman mereka, Gu Yong Ha (Song Joong Ki) dan Moon Jae Shin (Yoo Ah In).

7. The Great Queen Seondeok (2009)

8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat Ngabuburithancinema.net`

Deokman (nama masa kecil Ratu Seondeok) lahir sebagai saudara kembar, tetapi ditinggalkan saat masih bayi. Dia kemudian dibawa kembali ke istana Silla, tempat dia bergabung dengan saudara kembarnya, Putri Chonmyong, untuk melawan Mi Shil yang ingin merebut kekuasaan.

Mi Shil menyusun rencana jahat untuk mengasingkan dua putri Silla dari kerajaan dan dalam pertempuran rahasia, Putri Chonmyong dibunuh oleh Mi Shil. Namun, Putri Deokman dengan cerdik meminta bantuan Jenderal Kim Yusin dan melenyapkan musuh bebuyutannya, Mi-shil. Dia menjadi penguasa wanita pertama Kerajaan Silla.

8. Hwarang: The Poet Warrior Youth (2016)

8 Drama Korea Sageuk Terbaik yang Pas Ditonton Saat NgabuburitDok. KBS2

Hwarang atau Ksatria Bunga adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kelompok prajurit elite pria di Silla, sebuah kerajaan Korea kuno abad ke-10. Drama ini menceritakan kisah yang lebih sederhana dan menyenangkan, lebih fokus pada persahabatan, cinta, dan mimpi daripada perang dan intrik politik.

Pemeran utama adalah Park Seo Joon sebagai Kim Seon U, seorang pria muda yang menggunakan identitas temannya yang sudah meninggal dengan harapan menjadi seorang pejuang Hwarang. Park Hyung Sik berperan sebagai Sammaekjong, seorang bangsawan dalam persembunyian yang bergabung dengan Hwarang secara rahasia.

Selain itu, ada juga Go Ara yang berperan sebagai Kim Ah Ro, putri seorang bangsawan dan seorang pelayan yang membantu Hwarang sebagai dokter mereka. Ada juga Kim Tae Hyung (V BTS) sebagai Suk Han Sung, Hwarang termuda yang memiliki kepribadian ceria dan bergaul dengan semua orang.

 

Nah, itulah delapan drama Korea sageuk yang bisa jadi teman kamu saat ngabuburit menunggu berbuka puasa. Kira-kira, kamu mau nonton yang mana, nih?

Baca Juga: 10 Pesona V BTS Kenakan Outfit Casual dalam Program 'BTS in the SOOP'

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya