Comscore Tracker

8 Film Terbaik Produksi Marvel Studios yang di Luar MCU

Layak banget buat kamu tonton

Hingga saat ini, film-film dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah didominasi oleh film buatan Marvel Studios. Marvel telah menciptakan Marvel Cinematic Universe yang telah melampaui kesuksesan dari komik mereka. Dimulai dengan Iron Man pada tahun 2008, Marvel Studios telah merilis 26 film lagi dalam MCU, Spider-Man: No Way Home menjadi yang terbaru dirilis. 

Beberapa studio lain telah berusaha untuk menciptakan universe mereka sendiri yang menampilkan karakter-karakter dari komik Marvel. Dan berikut adalah 8 film terbaik produksi Marvel Studios yang berada di luar MCU.

1. The Punisher (2004)  

https://www.youtube.com/embed/q7CMnRv8Mqc

Film aksi ini diangkat berdasarkan serial komik. Mengisahkan agen FBI, Frank Castle (Thomas Jane), saat ia berubah menjadi Punisher setelah penjahat membunuh keluarganya, termasuk istri dan putranya.

Castle terluka parah dalam serangan itu dan diyakini mati oleh Howard Saint (John Travolta), penguasa kejahatan yang memerintahkan pembunuhan itu. Setelah pulih, Castle menjadi seorang yang main hakim sendiri serta melanggar hukum, ia tidak akan berhenti untuk membalas dendam pada Saint dan mencoba membongkar kebusukan dari Howard Saint.

2. Blade (1998)

https://www.youtube.com/embed/kaU2A7KyOu4

Dirilis sebelum film superhero diterima secara luas, Blade memiliki lebih banyak kesamaan dengan genre horor daripada film-film MCU.  Seorang yang setengah fana, setengah abadi keluar untuk membalas kematian ibunya dan menyingkirkan dunia vampir.

Vampir modern berteknologi maju yang dia kejar sedang mencari golongan darah khusus yang dibutuhkan untuk memanggil dewa jahat yang memainkan peran kunci dalam rencana mereka untuk mengeksekusi umat manusia.

3. Spider-Man 2 (2004)

https://www.youtube.com/embed/b7Ym14wNp78

Setelah kesuksesan Blade, banyak film berdasarkan karakter Marvel yang mulai diproduksi. Yang paling disukai tentu saja adalah trilogi Spider-Man karya Sam Raimi. Entri yang paling dihormati dalam trilogi ini adalah Spider-Man 2, yang dianggap sebagai salah satu film superhero terhebat sepanjang masa.

Ketika eksperimen fusi nuklir yang gagal menghasilkan ledakan yang membunuh istrinya, Dr. Otto Octavius (Alfred Molina) berubah menjadi Dr. Octopus, cyborg dengan tentakel logam yang mematikan. Doc Ock menyalahkan Spider-Man (Tobey Maguire) atas kecelakaan itu dan berusaha membalas dendam.

Sementara itu, alter ego Spidey, Peter Parker, harus menghadapi keraguan dalam dirinya sendiri. Masalah semakin rumit kala Harry, (James Franco), benci terhadap Spider-Man dan pertunangan tiba-tiba Marry Jane (Kirsten Dunst) dengan pria lain.

4. X2 (2003)

https://www.youtube.com/embed/luHcOYS1HxQ

Stryker (Brian Cox), mantan komandan Angkatan Darat, memegang kunci masa lalu Wolverine (Hugh Jackman) dan masa depan X-Men. Ancaman ini kembali memicu seruan untuk mencari mutan-mutan baru.

Stryker memulai serangan terhadap rumah dan sekolah Profesor Xavier (Patrick Stewart). Setelah melarikan diri dari sel plastiknya, Magneto (Ian McKellen) mengusulkan bekerja sama dengan Xavier dan X-Men untuk memerangi Stryker.

Baca Juga: 5 Hal Seru dari Episode 7-8 WandaVision, Series dari Marvel Studio!

5. X-Men: First Class (2011)

https://www.youtube.com/embed/kyQKi5-k0UU

Pada awal 1960-an, selama puncak Perang Dingin, seorang mutan bernama Charles Xavier (James McAvoy) bertemu dengan sesama mutan bernama Erik Lehnsherr (Michael Fassbender). Terlepas dari latar belakang mereka yang sangat berbeda, keduanya menjadi teman dekat.

Saat dunia sedang berada di ambang perang nuklir, Charles dan Erik dengan mutan lainnya bergabung untuk menyelamatkan umat manusia. Namun, situasi ini malah membuat pertemanan mereka goyah.

6. Deadpool (2016)

https://www.youtube.com/embed/ONHBaC-pfsk

Dirilis sebelum Disney mengakuisisi Fox, Deadpool adalah debut film yang telah lama ditunggu-tunggu dari The Merc with the Mouth. Peran yang dimainkan oleh Ryan Reynolds, film ini mengikuti Wade Wilson saat dia memburu mereka yang bertanggung jawab untuk mengubahnya menjadi mutan.

Wade Wilson (Ryan Reynolds) adalah mantan pasukan operasi khusus yang sekarang bekerja sebagai tentara bayaran. Dunianya runtuh ketika ilmuwan jahat bernama Ajax (Ed Skrein) menyiksa, merusak dan mengubahnya menjadi Deadpool. Deadpool menggunakan keterampilan barunya untuk memburu pria yang hampir menghancurkan hidupnya.

7. X-Men: Days of Future Past (2014)

https://www.youtube.com/embed/pK2zYHWDZKo

Yakin bahwa mutan menimbulkan ancaman bagi umat manusia, Dr. Bolivar Trask (Peter Dinklage) mengembangkan Sentinel, senjata robot besar yang dapat mendeteksi gen mutan dan memusnahkan mereka.

Pada abad ke-21, Sentinel telah berevolusi menjadi mesin pembunuh yang sangat efisien. Dengan mutan sekarang menghadapi kepunahan, Wolverine (Hugh Jackman) me menjadi sukarelawan untuk kembali ke masa lalu dan mengumpulkan X-Men dari masa lalu untuk membantu mengubah momen penting dalam sejarah dan dengan demikian menyelamatkan masa depan mereka.

8. Logan (2017)

https://www.youtube.com/embed/Div0iP65aZo

Dalam waktu dekat, Logan (Hugh Jackman) yang lelah merawat Profesor X (Patrick Stewart) yang sakit di sebuah pos terpencil di perbatasan Meksiko. Rencananya untuk bersembunyi dari dunia luar berubah ketika dia bertemu dengan mutan muda bernama Laura (Dafne Keen) yang sangat mirip dengannya.

Logan sekarang harus melindungi gadis itu dan melawan kekuatan gelap yang ingin menangkap Laura.

Walaupun berada di luar MCU, nyatanya film-film di atas mampu sukses dan meraih pendapatan yang cuku besar. Nah, dari film di atas, ada tidak yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: Ada Plot Hole di Film Captain Marvel, Ini Jawaban Bos Marvel Studio

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya