Comscore Tracker

8 Rekor Internasional yang Dipecahkan BTS dalam 8 Tahun Berkarya

Setara Michael Jackson dan Celine Dion lho! #WaktunyaKorea

Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan nama BTS merupakan boyband Korea Selatan yang debut pada 2013 silam. Beranggotakan Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook, mereka berhasil meraih popularitas dalam waktu singkat. Terhitung sejak debutnya 8 tahun lalu, BTS sudah menguasai pangsa pasar musik Korea Selatan dan dunia.

Tak terhitung sudah berapa penghargaan yang mereka raih dan rekor yang mereka ciptakan. Namun dari sekian banyak milestone yang mereka dapat, mereka berhasil memecahkan beberapa rekor musik yang sudah bertahan cukup lama.

Di bawah ini adalah delapan rekor internasional yang dipecahkan oleh BTS dalam waktu 8 tahun karier mereka.

1. Japan’s mid-year chart Oricon

8 Rekor Internasional yang Dipecahkan BTS dalam 8 Tahun Berkaryasoompi.com

Pada tahun 2020, BTS menjadi artis asing pertama sejak Michael Jackson yang menduduki puncak Japan’s mid-year chart Oricon. Michael Jackson membuat rekor tersebut pada tahun 1985 dengan album Thriller dan BTS memecahkan rekor tersebut berkat album MAP OF THE SOUL: 7 pada tahun 2020.

2. Rekor penjualan Celine Dion di Jepang

8 Rekor Internasional yang Dipecahkan BTS dalam 8 Tahun Berkaryabillboard.com via Big Hit Entertainment

Pada tahun 2019, BTS merilis single Jepang ke-10 mereka bertajuk "Lights", tanpa mengetahui bahwa itu akan memecahkan rekor bersejarah yang dibuat oleh penyanyi yang melegenda asal Kanada, Celine Dion.

"Lights" terjual 1 juta praorder, memecahkan rekor milik Celine Dion yang dibuat pada tahun 1995 dengan lagu "To Love You More" yang sudah bertahan selama 24 tahun.

3. Album terlaris sepanjang sejarah Korea Selatan

8 Rekor Internasional yang Dipecahkan BTS dalam 8 Tahun Berkaryacheatsheet.com

Pada Juni 2019, album BTS MAP OF THE SOUL: Persona menjadi album terlaris dalam sejarah Korea Selatan. Rekor Dunia Guinness ini sebelumnya dibuat pada tahun 1995 oleh Mis-Encounter milik Kim Gun Mo. Butuh waktu 24 tahun untuk mendekati rekor ini, tetapi BTS akhirnya memecahkannya.

Baca Juga: Beri Tamparan, 5 Lagu BTS Ini Relate Banget dengan Emosi Negatif Diri

4. Tiga album berturut-turut di posisi No.1 Billboard 200 Chart

8 Rekor Internasional yang Dipecahkan BTS dalam 8 Tahun Berkaryabillboard.com

Pada tahun 2019, BTS menjadi grup musik pertama sejak The Beatles yang berhasil menempatkan tiga album di posisi 1 di Billboard 200 Chart dalam waktu kurang dari setahun.

The Beatles mencetak rekor tersebut 22 tahun silam dengan album Anthology 1, Anthology 2, dan Anthology 3. BTS memecahkan rekor The Beatles hanya dalam waktu kurang dari 11 bulan dengan album MAP OF THE SOUL: Persona, LOVE YOUSELF: Tear, dan LOVE YOURSELF: Answer.

5. OST terlaris di Korea Selatan

8 Rekor Internasional yang Dipecahkan BTS dalam 8 Tahun BerkaryaGrammys BTS (lifestyleasia.com via Big Hit Entertainment)

Tak lama setelah dirilis pada tahun 2019, OST untuk game seluler BTS berjudul "BTS WORLD", menjadi OST terlaris di Korea Selatan. BTS memecahkan rekor yang sudah bertahan selama 17 tahun yang dibuat oleh OST untuk KDrama Winter Sonata pada tahun 2002 silam.

6. Global Album Sales Chart

8 Rekor Internasional yang Dipecahkan BTS dalam 8 Tahun Berkaryaforbes.com

Memecahkan satu rekor Michael Jackson memang luar biasa, tapi bagaimana dengan memecahkan dua rekor? Pada Maret 2021, International Federation of the Phonographic Industry mengumumkan bahwa BTS adalah artis No. 1 di Global Album Sales Chart tahun 2020.

Album MAP OF THE SOUL: 7 mengambil alih posisi teratas, diikuti oleh BE di No. 2 dan MAP OF THE SOUL: 7 - The Journey di No.8. Artis terakhir yang dengan tiga album di chart IFPI ini adalah King of Pop Michael Jackson pada 2009. 

7. Solois Korea Selatan dengan posisi No.1 terbanyak di iTunes

8 Rekor Internasional yang Dipecahkan BTS dalam 8 Tahun Berkaryainstagram.com/bts_v

Pada tahun 2012, PSY menjadi solois Korea pertama dengan posisi No. 1 terbanyak di tangga lagu iTunes. Hit globalnya "Gangnam Style" menduduki peringkat No.1 di 86 negara dan memegang rekor selama delapan tahun.

Pada Mei 2020, V memecahkan rekor PSY dengan lagu berjudul "Sweet Night", lagu solo untuk OST KDrama Itaewon Class. Dengan menempati urutan No. 1 di 88 negara, "Sweet Night" membuat V memecahkan rekor milik PSY sebagai penyanyi solo Korea dengan No. 1 terbanyak di iTunes.

8. Pemuncak tangga lagu iTunes di 103 negara

8 Rekor Internasional yang Dipecahkan BTS dalam 8 Tahun Berkaryateenvogue.com

Pada Juli 2020, lagu BTS berjudul "Black Swan" menjadi lagu dengan menduduki posisi nomor 1 iTunes terbanyak di seluruh dunia. Lagu ini menjadi pemuncak tangga lagu di 103 negara, memecahkan rekor Adele di tangga lagu No. 1 iTunes di 102 negara dengan lagunya "Hello". Adele mencetak rekor ini pada tahun 2015 dan BTS memecahkannya lima tahun kemudian.

Nah itulah delapan rekor internasional yang dipecahkan oleh BTS. Walaupun tergolong baru dalam industri musik, nyatanya BTS dengan cepat meraih popularitas dan memecahkan rekor yang selama ini sudah bertahan bertahun-tahun lamanya. Salut untuk BTS.

Baca Juga: Catat Sejarah Baru, Ini 5 Rekor Lagu BTS 'Life Goes On' di Billboard

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya