Comscore Tracker

6 Musisi Lokal Ini Rilis Debut Album Perdana Tepat 20 Tahun Lalu

Album yang mengantar mereka ke puncak popularitas

Album merupakan salah satu bentuk eksistensi seorang musisi dalam berkarya. Lewat album, nama mereka dikenal publik secara luas dan bisa menjadi tolok ukur kesuksesan karir di industri musik.

Nah, 20 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1999, sejumlah musisi dalam negeri resmi merilis album perdana mereka. Melalui debut ini, popularitas mereka makin meroket dan digemari banyak orang.

Ini dia sederet musisi Indonesia yang merilis album perdana tepat 20 tahun silam.

1. Sheila On 7 (Sheila On 7)

6 Musisi Lokal Ini Rilis Debut Album Perdana Tepat 20 Tahun Laluinstagram.com/duta507

Album debut bertitel sama langsung mematri nama band asal Jogja ini di jantung industri musik tanah air. Pasalnya, Sheila On 7 muncul dengan musik sederhana dan nggak neko-neko di tengah gempuran lirik puitis multi makna dari KLa Project, rock n' roll ala Slank, dan aransemen njlimet bikinan Dewa 19.

Meski kala itu banyak yang memandang sebelah mata, namun Duta cs melenggang mulus di percaturan musik dalam negeri. Nomor-nomor semacam Kita, Dan, Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki, dan J.A.P tetap dikenang dan masih sering dinyanyikan hingga detik ini.

2. Lain Dunia (Padi)

6 Musisi Lokal Ini Rilis Debut Album Perdana Tepat 20 Tahun Laluinstagram.com/padiband

Setelah perkenalan lewat kompilasi Indie Ten, kolektif asal Surabaya ini kemudian merilis full album perdana mereka di tahun 1999. Bertitel Lain Dunia, paket ini membawa banyak nomor hits, termasuk Begitu Indah, Sudahlah, Mahadewi, dan Seperti Kekasihku.

Lain Dunia sendiri bisa dibilang sebagai taburan benih Padi. Kemudian, Piyu dkk memanen hasilnya lewat album kedua, Sesuatu yang Tertunda, yang diluncurkan tahun 2001.

Setelah itu, mereka pun menjadi salah satu band pop rock papan atas Indonesia hingga saat ini.

3. SKA Phobia (Tipe-X)

6 Musisi Lokal Ini Rilis Debut Album Perdana Tepat 20 Tahun Laluinstagram.com/tipexofficial

Kalo kamu besar di peralihan milenium ketiga, pasti sudah gak asing lagi dengan Tipe-X. Ini adalah salah satu band ska yang cukup booming ketika genre musik tersebut menyerbu pasar Indonesia di akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Kala itu, Tresno Riadi dkk menjadi salah satu penguasa pensi SMA berkat rilisan album perdana mereka, SKA Phobia, di tahun 1999.

Mengandalkan nomor-nomor seperti Genit dan Angan, Tipe-X lantas menjadi salah satu band ska Indonesia paling populer dan masih bertahan di arus utama hingga sekarang.

Baca Juga: 10 Album Rock Terbaik Ini Rilis 50 Tahun Lalu Lho, Dengerin Yuk!

4. Melly (Melly Goeslaw)

6 Musisi Lokal Ini Rilis Debut Album Perdana Tepat 20 Tahun Laluinstagram.com/melly_goeslaw

Istri Anto Hoed ini memang menelurkan album Pilihanku Deritaku pada tahun 1988 silam. Namun, kala itu, ia masih menggunakan nama Meliana Cessy.

Kemudian, pada tahun 1999, ia membuat album solo perdana bertajuk Melly. Memuat 10 lagu, paket ini menghadirkan Jika sebagai gacoan, berduet dengan Ari Lasso.

Lewat album ini, nama Melly Goeslaw kemudian terkenal sebagai solois, setelah sebelumnya lebih top sebagai vokalis Potret.

5. Kuingin (The Groove)

6 Musisi Lokal Ini Rilis Debut Album Perdana Tepat 20 Tahun Laluinstagram.com/thegrooveindo

Sebelum Maliq & D'Essentials, tersebutlah The Groove. Ini adalah band bergenre jazz yang berdiri pada tahun 1997 dengan motor utama Rieka Roeslan di departemen vokal.

The Groove merilis album debut Kuingin dua tahun setelah berdiri. Album ini mengandalkan Dahulu sebagai single utama, selain Satu Mimpiku. Lewat Kuingin, The Groove membuat jazz yang terkesan rumit menjadi lebih easy listening.

Dua tahun kemudian, unit ini kembali merilis album berjudul Mata, Telinga dan Hati. Kali ini, mereka menjagokan Khayalan dan Sepi sebagai single hits.

6. Andai Aku Besar Nanti (Sherina)

6 Musisi Lokal Ini Rilis Debut Album Perdana Tepat 20 Tahun Laluinstagram.com/sherinasinna

Memang, secara keseluruhan, ini bisa dibilang sebagai album anak-anak. Namun, lewat Andai Aku Besar Nanti, publik mengenal Sherina, yang lantas berkembang menjadi salah satu penyanyi papan atas tanah air, sekaligus pemain film.

Diproduseri oleh Elfa Secoria, paket ini kental dengan unsur string section, yang membuatnya megah. Coba dengar lagu-lagu seperti Andai Aku Besar Nanti, Pelangiku, dan Kembali ke Sekolah. Hasilnya adalah AMI Award untuk kategori Album Lagu Anak-Anak Terbaik.

Selain nama-nama di atas, masih ada beberapa musisi lain yang merilis album perdana di tahun 1999, seperti Bunglon, Wong, Shakila, hingga Shelomita. Sayangnya, kabar mereka sekarang sudah tidak santer terdengar lagi.

Kalo kamu, suka yang mana?

Baca Juga: Paul Partohap, Musisi Muda Berbakat dengan Warna Musik Unik Abis!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya