Comscore Tracker

7 Film Bertema Anak Kuliahan yang Kisahnya Seru

Banyak bergenre komedi 

Masa-masa kuliah memang sebagai masa transisi untuk menjadi dewasa seutuhnya. Pada masa ini pula kalian akan belajar banyak mengenai pengetahuan dan pengalaman baru yang menyenangkan maupun menyedihkan. Maka dari itu ada pula berbagai tayangan yang mengisahkan kehidupan masa perkuliahan yang gak kalah menarik dibanding masa SMA.

Tentunya kalian udah penasaran kan apa aja film-filmnya. Maka dari itu simak ya ulasannya berikut ini.

1. Accepted (2006)

https://www.youtube.com/embed/5nrCh2we0Gw

Accepted merupakan film yang mengisahkan tentang seorang anak SMA yang ditolak oleh berbagai Perguruan Tinggi yang ia daftar. Frustasi karena tidak mendapatkan tempat melanjutkan studi. ia bersama rekan-rekannya pun kemudian membuat kampus sendiri bernama South Harmon Institute of Technology yang menggunakan sebuah gedung terbengkalai yang tak jauh dari rumahnya. 

Film komedi ini sudah dirilis pada 18 Agustus 2006 dan dibintangi oleh aktor terkenal asal AS, Justin Long dan Blake Lively. Selain itu film ini juga mampu mendapatkan keuntungan box office sebesar 38.5 juta dollar AS. 

2. 21 (2008)

https://www.youtube.com/embed/PsK1c9ZBpuw

21 merupakan salah satu film yang populer di tahun 2008, yang mana mengisahkan mengenai seorang mahasiswa jurusan Matematika di MIT yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi pada angka-angka. Namun ia membutuhkan uang untuk membiayai kuliahnya, hingga ia ikut dalam kelompok anak terpintar di kampus untuk pergi ke Las Vegas. Yang mana mereka diikutkan dalam perjudian untuk memecahkan kode dan memenangkan judi tersebut. 

Tayangan ini mendapatkan review positif maupun negatif dari para penonton dan terinspirasi dari tim Blackjack dari MIT. Film yang rilis tanggal 28 Maret 2008 ini mampu meraih sukses dalam box office, dengan meraup penghasilan mencapai 157.9 juta dollar AS. 

3. The Social Network (2010)

https://www.youtube.com/embed/lB95KLmpLR4

Selanjutnya ada salah satu film populer berjudul The Social Network yang mengisahkan biografi dari penemu Facebook, yakni Mark Zuckerberg. Namun fokus dari film ini ketika Mark Zuckerberg berusia 19 tahun, ketika ia berada di bangku kuliah di Harvard University. Serta bagaimana awal mula ide dan latar belakang untuk menciptakan sebuah aplikasi sosial media nomer satu di dunia. 

The Social Network sudah tayang sejak tanggal 1 Oktober 2010 dan sempat tayang perdana di New York Film Festival pada 24 September 2010. Film ini juga mampu meraup untung dengan mencapai pendapatan sebesar 224.9 juta dollar AS dari biaya produksi sebesar 40 juta dollar AS. 

Baca Juga: 5 Film Tobey Maguire Selain Spider-Man yang Layak Kalian Tonton

4. Liberal Arts (2012)

https://www.youtube.com/embed/BqIuv_JX5wM

Kemudian ada film Liberal Arts yang mengisahkan mengenai Jesse yang harus kembali ke kampusnya untuk menggantikan Professornya. Hingga suatu saat ia jatuh hati kepada seorang anak kuliahan bernama Zibby yang masih berusia 19 tahun. Film bergenre komedi romantis ini sudah diluncurkan sejak 5 Oktober 2012, tak hanya itu film ini juga tayang di acara Sundance Film Festival pada awal tahun 2012. 

5. Monster University (2013)

https://www.youtube.com/embed/QxrQ6BaijAY

Monster University adalah film keluaran tahun 2013 yang merupakan prequel dari film Monster Inc (2001) mengenai monster benama Mike Wazowski yang menjadi freshman di Monster University. Namun Mike merupakan mahasiswa yang pintar tetapi ia tidak menyeramkan layaknya monster lain, berbeda dengan Sulley yang populer dan lebih menyeramkan. Hingga akhirnya mereka berdua menjadi teman akrab setelah keduanya diketahui sama-sama melakukan kecurangan. 

Film animasi Disney Pixar ini sudah dirilis pada tanggal 21 Juni 2013 dan mampu meraup pendapatan sebesar 744.2 dollar AS. Disamping itu film ini juga sangat populer dan menjadi film animasi yang ditunggu-tunggu pada tahun 2013. 

6. Everybody Wants Some (2016)

https://www.youtube.com/embed/y6raUs0CiCQ

Everybody Want Some merupakan film komedi yang bersetting tahun 80an yang sudah dirilis sejak tanggal 30 Maret 2016 dan masuk dalam acara SXSW di tahun yang sama. Film produksi Paramount Pictures ini mendapatkan rating yang baik dari beberapa website review seperti IMDb dan Rotten Tomattoes, serta Metacritic. 

Kisah yang dihadirkan mengenai seorang freshman di Perguruan Tinggi bernama Jake Bradford yang bergabung bersama tim baseball di kampusnya. Kemudian ia mengarungi masa-masa perkuliahan yang bebas dari pengawasan orang dewasa. 

7. Life of the Party (2018)

https://www.youtube.com/embed/T1B1CxmAXLk

Terakhir terdapat film Life of the Party dengan kisah yang beda dari yang lain, di mana mengenai seorang ibu paruh baya yang bercerai dengan suaminya. Lalu ia pun berinisiatif untuk melanjutkan kuliahnya yang ia tinggalkan sebelumnya dan kebetulan lagi ia pun sekelas dengan anak perempuannya di Decatur University, Atlanta. Sehingga ia pun berasa seperti muda kembali ke saat-saat masa hiruk pikuk kehidupan di kampus. 

Film Life of the Party sudah dirilis pada tanggal 11 Mei 2018, serta menghadirkan aktris sekaligus komedian terkenal Melissa McCarthy. Film yang diproduksi oleh New Line Cinema ini juga mampu mendapatkan pendapatan sebesar 65.9 juta dollar AS dari 30 juta dollar AS biaya produksi yang dikeluarkan. 

Itu tadi beberapa serial yang mengisahkan mengenai dunia perkuliahan. Kalau kamu sudah lihat yang mana?

Baca Juga: 6 Film Terbaik Adam Driver yang Wajib Masuk Daftar Tontonanmu

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya