Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film tentang Makhluk Mitologi, Menarik!

Apa saja, ya?

Di dunia ini memang masih banyak misteri yang belum bisa dipecahkan. Salah satu misteri yang belum terungkap adalah apakah makhluk-makhluk mitologi benar-benar ada keberadaannya di dunia nyata.

Tidak heran jika banyak orang tertarik dengan topik ini karena kisah-kisah mereka yang memang menarik untuk diulas. Para sutradara film pun juga kerap menjadikan makhluk-makhluk mitologi sebagai salah satu karakter di film mereka atau bahkan menjadi fokus utama sebuah film.

Banyaknya kisah mahkluk mitologi yang tersebar di penjuru dunia menjadikan film bertema makhluk mitologi ini banyak jumlahnya dan sangat beragam. Berikut ini adalah film-film tentang makhluk mitologi yang kisahnya menarik dan tak biasa.

1. Pan's Labyrinth

https://www.youtube.com/embed/jVZRnnVSQ8k

Pan's Labyrinth (2006) adalah film yang berlatarkan tahun 1944 di Spanyol. Film ini menceritakan Ofelia (Ivana Baquero)  yang hidup di masa Perang Saudara Spanyol dan pemberontakan.

Suatu hari, Ofelia tidak sengaja terjebak dalam sebuah labirin misterius. Di sana ia juga berjumpa dengan makhluk mitologi bernama Faun, makhluk yang menyerupai setengah kambing dan setengah manusia. Faun kemudian membantu Ofelia agar bisa kembali ke dunia asalnya dengan memberikan tiga tugas.

Film ini mendapatkan respon dan kritikan yang cukup positif. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilannya menyabet tiga penghargaan bergengsi sekaligus di ajang Academy Awards, untuk kategori Best Art Director, Best Makeup, dan Best Cinematography. 

2. The Little Mermaid

https://www.youtube.com/embed/e4LfNLtVQqE

The Little Mermaid (2018) adalah film adaptasi karya Hans Christian Andersen yang diarahkan oleh sutradara Blake Harris dan dibintangi oleh beberapa nama yang sudah sering terlibat di film-film Hollywood seperti Poppy Drayton dan aktor William Moseley. 

Dikisahkan seorang reporter muda bernama Cam Harrison (William Moseley) tengah bersusah payah mencari pekerjaan. Di tengah usahanya, ia malah tidak sengaja menemukan cerita menarik bersama adik perempuannya, Elle (Loreto Peralta) ketika sedang berada di sebuah sirkus. Di sana, kakak beradik ini bertemu dengan putri duyung yang terperangkap dalam sebuah akuarium.

Berfokus pada kisah makhluk mitologi manusia setengah ikan, petualangan Cam dan adiknya sangatlah menarik untuk diikuti.

3. The Water Horse

https://www.youtube.com/embed/iuvPpCMgA9U

Film yang dirilis tahun 2007 silam ini mengangkat cerita seorang anak bernama Angus yang sering merasa kesepian dan belum bisa menerima kenyataan bahwa ayahnya telah gugur dalam peperangan. Di tengah kesedihannya, Angus suka menyendiri dan menghabiskan waktu di sebuah pantai.

Ketika berjalan di pesisir pantai, Angus tak sengaja menemukan sebuah telur aneh. Ia pun membawa pulang telur tersebut ke rumah dan sesampainya di rumah, telur tersebut pun menetas. Dari dalam telur, muncullah makhluk purba yang dikenal dengan sebutan water horse atau Nessie. Angus lalu memelihara makhluk ini dan memberinya nama Crusoe.

Crusoe tumbuh dengan pesat dan ia pun terpaksa harus dipindahkan ke sebuah danau. Sayangnya keberadaannya diketahui oleh pihak militer dan kini ia pun berubah menjadi makhluk yang agresif dan mengancam. 

4. The Son of Big Foot

https://www.youtube.com/embed/TKNYU_M6O5Y

Dunia film animasi juga tidak mau ketinggalan. Film bertema mahkluk mitologi selanjutnya adalah The Son of Big Foot (2017). Film ini menceritakan seorang anak bernama Adam yang berusaha mengungkap misteri keberadaan sang ayah yang sudah sangat lama menghilang. 

Film animasi ini diangkat dari cerita makhluk mitologi yang cukup melegenda di hutan-hutan, di mana ada sosok Big Foot yang diam-diam hidup di sana jauh dari kehidupan manusia. The Son of Big Foot adalah tontonan menarik dan menyenangkan yang menampilkan kualitas apik nan memanjakan mata.

Baca Juga: 7 Film Animasi Keluarga Terbaru 2021 yang Siap Isi Akhir Pekan

5. Dragon Heart

https://www.youtube.com/embed/1j1gfHwLICo

Jika membicarakan makhluk mitologi, belum lengkap rasanya jika tidak membahas film yang menampilkan sosok naga. Dragon heart adalah salah satu film petualangan fantasi yang mengangkat tema ini. Diceritakan Raja Einon (David Thewlis) adalah sosok yang terkenal menjalankan pemerintahannya dengan sangat kejam.

Raja Einon, bisa menjadi sangat kuat karena ia memiliki darah yang diberikan seekor naga bernama Draco ketika sang naga dalam kondisi sekarat serta kehidupannya juga terikat dengan naga ini. Muak dengan kepemimpinan Raja Einon, rakyat pun memutuskan untuk membunuh sang naga agar raja ikut tewas.

Di sisi lain, dari sekian banyaknya rakyat ada pria bernama Bowen (Dennis Quaid). Ia adalah penakluk naga yang telah lama menjalin persahabatan dengan Draco. Sanggupkah Bowen membunuh Draco demi kesejahteraan rakyat yang telah lama menderita? 

6. The Wolfman

https://www.youtube.com/embed/5JB1NY2xut8

The Wolfman (2010) adalah film remake dari film berjudul sama yang dirilis pada tahun 1994. The Wolfman sendiri mengisahkan Lawrence Talbot (Benicio del Toro) yang mendapatkan surat dari Gwen Conliffe (diperankan Emily Blunt).

Surat ini pun membawanya kembali ke desa Blackmoor untuk mencari keberadaan tunangan saudaranya, Ben yang hilang. Akan tetapi, sesampainya di rumah, Lawrence menemukan fakta bahwa Ben ternyata sudah tewas. 

Berbekal petunjuk yang ditemukan pada mayat Ben, kini Lawrence pun mulai melakukan investigasi untuk menemukan sosok yang telah membunuh Ben. Sayangnya investiga Lawrence membawanya ke sebuah fakta mengerikan bahwa warewolf-lah yang telah membunuh saudaranya. Apa yang selanjutnya Lawrence lakukan?

7. Percy Jackson Series

https://www.youtube.com/embed/uwRAErDR61w

Diadaptasi dari novel karangan Rick Riordan yang sangat populer dan laris manis, Percy Jackson adalah film yang menceritakan makhluk-makhluk mitologi Yunani. Film ini cocok untuk kamu yang lebih suka film-film fantasi remaja yang ringan. 

Percy Jackson berkisah tentang Percy (Logan Lerman) yang baru saja mengetahui fakta bahwa ia adalah salah satu putra dari Poseidon. Tidak hanya itu, Percy juga dihadapkan dengan tuduhan bahwa dirinya-lah yang telah mencuri petir dewa Zeus. 

Dalam kondisi yang masih kebingungan, Percy pun harus berpetualang di dunia yang sebelumnya tidak dia ketahui ada untuk mencari petir tersebut atau nyawanya dalam bahaya besar. 

Nah, inilah ketujuh film tentang makhluk-makhluk mitologi. Menarik dan tak biasa banget, bukan?

Baca Juga: 6 Film Animasi yang akan Rilis 2021 Akhir, Wajib Nonton

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya