Comscore Tracker

7 Film Ghibli dengan Pendapatan Terbesar, Apa saja?

Ada yang mencapai ratusan juta dolar Amerika! #IDNTimesHype

Studio animasi kenamaan asal Jepang, Studio Ghibli, telah diakui kualitas film-filmnya bahkan sejak pertama kali berdiri di tahun 1985. Mulai dari petualangan menakjubkan di dunia fantasi hingga drama dengan unsur sejarah, film Ghibli selalu sukses memukau penonton.

Film-film produksi studio ini telah menjadi fenomena di seluruh dunia dengan bantuan Disney sebagai distributor internasionalnya. Beberapa film Ghibli juga sukses masuk ke dalam jejeran film animasi dengan pendapatan tertinggi di Jepang.

Dilansir situs The Numbers, berikut ini adalah tujuh film karya Studio Ghibli dengan pendapatan terbesar. Akan tetapi, sepertinya untuk studio satu ini uang tidaklah menjadi fokus utama. Mereka lebih fokus pada keajaiban dan pesan-pesan yang ingin disampaikan.

1. Spirited Away/Sen to Chihiro no Kamikakushi (383.589.962 dolar Amerika)

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Setelah menghabiskan libur musim panas bersama temannya, Hayao Miyazaki terinspirasi untuk membuat film dengan karakter utama perempuan yang kuat dan mandiri. Inilah yang menjadi awal dari munculnya kisah petualangan Chihiro untuk menyelamatkan orang tuanya di dunia arwah di film Spirited Away (2001).

Ketika filmnya pertama kali ditayangkan, Spirited Away berhasil memecahkan rekor box office di Jepang dan menjadi film animasi terlaris sepanjang masa di sana sebelum akhirnya dikalahkan oleh Demon Slayer: Mugen Train.

Tidak hanya sukses secara pendapatan, film ini juga menjadi film animasi buatan tangan non-bahasa Inggris pertama yang berhasil memenangkan Piala Oscar kategori Best Animated Feature. Hingga saat ini, Spirited Away masih menjadi salah satu film animasi terbaik dan memiliki rating tinggi yang masih digemari banyak orang. 

2. Howl's Moving Castle/ Hauru no ugoku shiro (237.814.327 dolar Amerika)

https://www.youtube.com/embed/iwROgK94zcM

Terinspirasi dari novel fantasi karangan Diana Wynne Jones yang rilis tahun 1986 silam, Ghibli menampilkan kombinasi elemen fantasi dengan emosi-emosi manusia melalui film Howl's Moving Castle (2004). Sama seperti Spirited Away, film ini juga menjadi salah satu film animasi tersukses di Jepang dengan pendapatan lebih dari 200 juta dolar Amerika Serikat.

Filmnya sendiri mengisahkan seorang gadis bernama Sophie yang dikutuk hingga wujudnya menjadi seperti nenek-nenek. Ia lalu kabur dari rumah dan bekerja sebagai asisten rumah tangga di kastil penyihir tampan bernama Howl. Selama di sana, Sophie pun mulai menguak banyak misteri dan mulai jatuh hati pula pada Howl.

3. Ponyo/Gake no ue no Ponyo (205.162.666 dolar Amerika)

https://www.youtube.com/embed/CsR3KVgBzSM

Interpretasi mengagumkan Hayao Miyazaki atas kisah Hans Christian Andersen, "The Little Mermaid", menghasilkan film animasi anak-anak yang sangat menawan bertajuk, Ponyo (2008). Film ini sukses mencuri perhatian dan hati banyak penonton di seluruh dunia.

Dengan gaya animasi yang unik dan menggemaskan, Ponyo memiliki kualitas visual dan jalan cerita yang tak kalah memukau dari film-film Ghibli lainnya. Kerja keras Studio Ghibli pun terbayarkan dengan kesuksesan film tidak di hanya di Jepang, namun juga di dunia internasional.

Baca Juga: 7 Film Ghibli yang Paling Diharapkan Sekuelnya, Adakah Favoritmu?

4. The Secret World Of Arrietty/Kari gurashi no Arietti (151.496.097 dolar Amerika)

https://www.youtube.com/embed/vxoqVTSsFfo

Lagi-lagi terinspirasi dari novel, kali ini ada The Secret World of Arietty yang dibuat berdasarkan cerita dalam novel The Borrowers karangan Mary Norton.

Arrietty dengan cepat menjadi fenomena tidak hanya di Jepang, namun juga di dunia. Lebih dari satu juta orang menyaksikan film ini di minggu pertama perilisannya dan menjadi film anime non-adaptasi game terlaris di US. Dengan kepopulerannya ini, Arietty sukses mengantongi pendapatan lebih dari 150 juta dolar Amerika.

5. Princess Mononoke/Mononoke Hime (150.345.863 dolar Amerika)

https://www.youtube.com/embed/4OiMOHRDs14

Mungkin salah satu film Ghibli yang paling banyak dikenal, kisah petualangan penuh fantasi di Princess Mononoke (1997) dengan cepat sukses besar dan menjadi film animasi pertama yang memenangkan penghargaan film terbaik di ajang Japan Academy Prize. Sebelum dirilisnya, Spirited Away, film ini memegang rekor sebagai film terlaris di Jepang selama empat tahun. 

Ketika film akhirnya ditayangkan di negeri-negeri Barat, penggemar film-film Ghibli pun semakin bertambah. Bahkan kisah dalam Princess Mononoke menjadi inspirasi James Cameron selama pembuatan film Avatar (2009).

6. The Wind Rises/Kaze Tachinu (117.924.700 dolar Amerika)

https://www.youtube.com/embed/2QFBZgAZx7g

Mengambil tema yang berbeda dengan film Ghibli kebanyakan, The Wind Rises adalah film yang menceritakan kisah hidup Jiro Horikoshi yang merupakan desainer pesawat yang digunakan selama era Perang Dunia II.

The Wind Rises adalah film yang indah yang tidak hanya menceritakan Jiro dan kecintannya kepada pesawat, namun juga kehidupannya dan kisah cintanya. Walaupun film ini sempat menjadi kontroversi di Jepang, penggemar internasional sangat menyukai kisahnya yang manis dan penuh inspirasi.

7. Tales From Earthsea/Gedo Senki (68.048.658 dolar Amerika)

https://www.youtube.com/embed/Q6CEyfSg71A

Terlepas dari cukup banyak kritikan yang diberikan untuk film pertama arahan Goro Miyazaki ini, nyatanya Tales from Earthsea masih terbilang sukses dari segi pendapatan dengan total pemasukan lebih dari 60 juta dolar Amerika.

Film yang diadaptasi dari novel karangan Ursula Le Guin ini sayangnya tidak mendapat sambutan baik dari penulisnya sendiri dan banyak penggemar Ghibli. Film ini meraih banyak kritikan karena dianggap terlalu melenceng dari kisah asli yang ada di dalam novel.

Itulah ketujuh film Ghibli dengan pendapatan terbesar. Tak disangka film animasi bisa memperoleh pendapatan hingga ratusan juta dolar Amerika, ya. 

Baca Juga: 7 Teori Konspirasi Film Ghibli yang Belum Kamu Tahu

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya