Comscore Tracker

5 Film Horor yang Hening dan Mencekam, Diam-diam Menakutkan

Jangan berisik! #IDNTimesHype

Selama berpuluh-puluh tahun terakhir, film bergenre horor telah menjadi favorit masyarakat berkat teror dan kengerian yang disajikan. Beberapa tahun belakangan, film horor pun kiam berkembang, dengan menambahkan unsur plot twist dan konsep-konsep yang berbeda. Film horor zaman sekarang acapkali bereksperimen dengan keheningan.

Sejatinya atmosfer seperti ini membuat penonton lebih mudah ketakutan serta memaksa untuk memberikan perhatian lebih. Berikut ini adalah lima film horor yang hening nan mencekam. Dijamin akan membuatmu ketakuan!

1. The Silence (2019)

https://www.youtube.com/embed/Y-ufZuqTd5c

Kisah dalam film The Silence bermula ketika sebuah tim arkeolog menemukan gua besar tersembunyi yang justru malah membebaskan monster berwujud kelelawar yang akan memakan apa pun yang mereka lihat. Kelelawar-kelelawar ini dengan cepat tersebar hingga ke penjuru dunia dan ini memaksa orang-orang untuk terus bersembunyi dan tidak menciptakan keributan karena kelelawar tertarik akan suara. 

Terlepas dari kritikan yang datang karena kemiripan plot dengan film-film horor lain, The Silence tetap menyajikan unsur-unsur istimewa karena penggunaan monster yang tidak biasa. 

2. Bird Box (2018)

https://www.youtube.com/embed/o2AsIXSh2xo

Bird Box berfokus pada sekelompok survivor yang hidup dengan bersembunyi setelah munculnya serangan monster misterius yang akan membunuh siapa pun yang melihat mereka. Aktris Sandra Bullock mengambil peran utama sebagai seorang ibu yang mencoba mencari tempat aman untuk dirinya dan kedua anaknya. 

Meskipun film lebih berfokus pada tidak melihat alih-alih keheningan, sepanjang film para karakter kebanyakan dihaapkan dengan kesunyian yang mencekam apalagi saat para karakter mencoba untuk berjalan dengan mata tertutup. 

Baca Juga: 5 Film Horor Psikologis Ini Seramnya Bikin Susah Tidur, Berani Nonton?

3. A Quiet Place (2018)

https://www.youtube.com/embed/WR7cc5t7tv8

A Quiet Place mengambil ide tentang bagaimana rasanya hidup tanpa bisa bicara karena suara sekecil apa pun dapat berarti kematian. Bumi telah diserang alien pembunuh yang sensitif akan suara. Orang-orang hidup bersembunyi dan tidak membuat suara. 

Kisah dalam filmnya sendiri mengikuti suara keluarga yang harus mencari cara untuk bertahan dari serangan para alien karena sang ibu tengah mengandung dan tak lama lagi akan melahirkan. Gabungan antara unsur horor dan dunia post-apocalyptic menciptakan kengerian yang tak tertahankan. 

4. Don't Breathe (2016)

https://www.youtube.com/embed/76yBTNDB6vU

Perampokan yang harusnya mudah berubah menjadi insiden mengerikan tatkala rumah yang dirampok ternyata mantan tentara yang sangat ahli. Film Don't Breathe mengikuti kisah sekelompok anak muda yang nekat merampok rumah pria tua buta. Sayangnya mereka tidak tahu kalau meskipun buta, pria tua ini ternyata memili pendengaran super tajam dan menyimpan banyak senjata di rumahnya.

Latar film kebanyakan berada dalam kegelapan dan keheningan, di mana sang veteran membutuhkan kesunyian untuk menangkap para perampok. Seiring dengan usaha para anak muda ini yang kini mencoba untuk kabur, mereka malah menemukan fakta yang tak kalah mengerikan dari si pria tua. Apa itu?

5. The Strangers (2008)

https://www.youtube.com/embed/c7DyElg9MDA

The Strangers adalah film yang dijamin akan menakuti siapa pun yang menontonnya karena jalan cerita mengerikan yang sayangnya cukup realistis. Kisahnya sendiri mengikuti sepasang kekasih yang menempati sebuah kabin tersembunyi yang tiba-tiba saja diserang oleh sekelompok penjahat bertopeng. 

Sepasang kekasih ini menghabiskan banyak waktu dengan bersembunyi dan mencoba tidak terdengar agar para penjahat tidak membunuh mereka. Akankah mereka selamat?

 

Nah, inilah kelima film horor hening nan mencekam yang dijamin akan membuatmu ketakutan. Jangan ditonton sendiri, ya. 

Baca Juga: 5 Film Horor Underrated yang Seramnya Bikin Kamu Susah Tidur

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya