Comscore Tracker

8 Film Trilogi Hollywood Terbaik yang Seru Banget, Jangan Dilewatkan!

Beberapa trilogi film Hollywood terbaik #IDNTimesHype

Terbatasnya durasi menjadikan suatu film terkadang tidak bisa menyelesaikan plot cerita. Oleh karena itu, dibentuklah film trilogi yang merupakan sebuah karya sinematik agar jalan cerita pada film dapat menjadi lebih panjang dan penggemar bisa lebih tenggelam ke dalam dunia yang disajikan.

Untuk kamu yang belum tahu, trilogi adalah istilah yang digunakan untuk karya film yang terdiri atas 3 buah film yang saling berhubungan satu sama lain. Film trilogi memiliki daya tarik sendiri. Cerita yang saling berkaitan dan kelanjutan nasib para tokohnya membuat para penikmat film terkadang makin penasaran dan tak sabar untuk menyaksikan kelanjutan filmnya.

Tercatat hingga saat ini, ada banyak sekali film trilogi yang populer dan sukses di pasaran. Film-film ini memiliki genre yang beragam, mulai dari action, fantasy, hingga kriminal. Berikut ini adalah delapan film trilogi yang sangat direkomendasikan untuk disaksikan. Check this out!

1. The Godfather Trilogy

https://www.youtube.com/embed/CWoQlDlyQj4

Secara garis besar, trilogi "The Godfather" menceritakan sebuah keluarga mafia terbesar dan terkuat di New York dan bagaimana mereka menjalankan kerajaan bisnis yang sudah sangat menggurita.

Kisah bermula ketika Don Vito Corleone yang berapa di puncak kepemimpinan mulai terancam nyawanya sehingga dinasti bisnisnya pun diambil alih oleh sang anak, Michael (Al Pacino).

Michael sukses membuat bisnis keluarga semakin sukses dan berumum panjang, namun tentunya kesuksesan ini mengundang banyak pihak yang ingin menghancurkannya. Belum cukup di situ, Michael pun juga mulai harus berhadapan dengan konflik keluarga yang semakin memanas.

Film trilogi "The Godfather" terdiri atas film The Godfather (1972), The Godfather: Part II (1974), dan The Godfather: Part III (1990) dan dibintangi banyak bintang senior populer seperti Al Pacino, Robert de Niro, dan Diane Keaton. 

2. The Matrix Trilogy

https://www.youtube.com/embed/hMbexEPAOQI

Film trilogi satu ini berfokus pada Thomas Anderson (Keanu Reeves), yang merupakan programmer sekaligus hacker yang dalam kesehariannya menggunakan nama lain, yakni Neo. Selama ini, Neo kerap merasa ada yang ganjil dengan kehidupannya, namun ia tak pernah menemukan jawaban atas pertanyaannya ini.

Neo akhirnya mendapatkan titik terang ketika mendadak ia menemukan pesan aneh di komputernya dan diminta untuk bertemu dengan Trinity dan Morpheus. Setelah kejadian itu, Neo mulai sadar bahwa selama ini ia hidup dalam dunia semua. Dunia nyata dikuasai oleh mesin dan manusia telah dijadikan budak oleh para mesin, yang mana Neo termasuk di dalamnya.

Bersama Morpheus dan kelompoknya, Neo pun memulai perlawanan untuk membawa manusia menuju kemenangan melawan mesin. Kisah Neo bisa dinikmati di film The Matrix (1999), The Matrix Reloaded (2003), dan The Matrix Revolutions (2003). 

3. The Lord of The Rings Trilogy

https://www.youtube.com/embed/r5X-hFf6Bwo

Trilogi "The Lord of The Rings" berawal ketika Sauron menciptakan sebuah cincin yang bisa membuatnya memiliki kekuatan sangat besar. Akan tetapi, di suatu peperangan, Sauron kalah dan kehilangan cincinnya. Ribuan tahun kemudian, cincin ini pun akhirnya jatuh ke tangan seorang hobbit bernama Frodo (Elijah Wood).

Karena berpotensi menciptakan bahaya yang sangat besar, cincin ini tentunya tidak boleh jatuh ke tangan Sauron lagi dan harus dihancurkan. Frodo kemudian mendapatkan tanggung jawab untuk membawa cincin tersebu ke Mount Doom agar bisa dihancurkan.

Ia membentuk kelompok bersama Gandalf, Sam, Merry, Pippin, Aragorn, Legolas, Gimli, dan Boromir. Bersama-sama mereka harus menghadapi banyak rintangan hanya untuk menghancurkan cincin tersebut. 

Film trilogi "The Lord of The Rings" terdiri atas film The Lord of The Rings: The Fellowship of the Rings (2001), The Lord of The Rings: The Two Towers (2002), dan The Lord of The Rings: The Return of the King (2003) di mana film terakhirnya sukses memenangkan Piala Oscar untuk kategori Best Picture. 

4. Spider-Man Trilogy (2002-2007)

https://www.youtube.com/embed/_yhFofFZGcc

Film "Spider-Man" memang memiliki banyak versi yang salah satunya adalah versi sutradara Sam Raimi yang merupakan trilogi yang terdiri atas Spider-Man (2002), Spider-Man 2 (2004), dan Spider-Man 3 (2007). 

Film ini bercerita tentang Peter Parker (Tobey Maguire) yang suatu hari mendapatkan kekuatan super hingga ia bisa menembakkan jaring seperti laba-laba. Ia pun menggunakan kekuatan ini untuk menolong orang dan menyebut dirinya sendiri sebagai Spiderman.

Di setiap filmnya, Spider-Man diharuskan melawan berbagai musuh jahat. Namun semua permasalahan yang dihadapinya akan menuju sebuah pertarungan akhir bersama dengan Green Goblin (Willian Dafoe). 

Sayangnya, pertarungan Spider-Man bersama Green Goblin malah menciptakan permasalahan dan permusuhan antara Peter bersama sahabatnya, Harry Osborn (James Franco). Bagaimanakah akhir dari petualangan Peter sebagai Spider-Man?

Baca Juga: Jika Kamu Suka Film Inception, Ini 7 Rekomendasi Film Untukmu

5. The Bourne Trilogy

https://www.youtube.com/embed/v71ce1Dqqns

Kisah trilogi "The Bourne" bermula ketika seorang pria Jason Bourne (Matt Damon) ditemukan terapung di lautan dan ia ternyata mengalami amnesia. Dengan sedikitnya ingatan yang ada, ia pun berusaha mencari siapa dirinya yang sebenarnya.

Namun di waktu yang bersamaan, Jason malah dikerjar-kejar oleh polisi dan para agen CIA. Seiring waktu, Jason perlahan mulai mengetahui identitasnya dan tahu apa yang membuat ia dikejar dan kemungkinan akan dihabisi oleh para agen CIA.

Untuk kamu yang penasaran dengan petualangan Jason, kamu dapat menyaksikan triloginya yang terdiri atas The Bourne Identity (2002), The Bourne Supremacy (2004), dan The Bourne Ultimatum (2007). 

6. The Dark Knight Trilogy

https://www.youtube.com/embed/EXeTwQWrcwY

Dianggap sebagai "penyelamat" cerita Batman, sutradara Christopher Nolan sukses menggarap trilogi "The Dark Knight" dengan sangat sukses. Triloginya sendiri terdiri atas Batman Begins (2005), The Dark Night (2008), dan The Dark Night Rises (2012).

Sama seperti film Batman lainnya, film ini memiliki karakter utama bernama Bruce Wayne (Christian Bale) yang menyimpan trauma masa kecil. Sehari-hari ia dibantu dan didukung oleh pelayan setianya yang bernama Alfred (Michael Caine).

Bruce Wayne kemudian dilatih bertarung dan nilai-nilai moral kehidupan oleh Ducard (Liam Neeson). Berbekal ajaran yang didapatkannya, Bruce lantas berniat untuk memberantas semua kejahatan di Gotham City dan terciptalah sosok Batman. Dari sinilah ia kemudian berjumpa dengan musuh-musuh kuat dan berbahaya seperti Joker (Heath Ledger) dan Bane (Tom Hardy).

7. Iron Man Trilogy

https://www.youtube.com/embed/8ugaeA-nMTc

Iron Man (2008) adalah film yang menjadi awal dari terbentuknya Marvel Cinematic Universe. Film ini menceritakan Tony Stark, manusia berbaju besi super canggih bernama Iron Man yang diperankan oleh Robert Downey Jr.

Tony Stark sebenarnya adalah ilmuwan sekaligus pengusaha pembuat senjata kaya raya pemilik Stark Industries. Suatu hari, ia diculik oleh kawanan pemberontak yang tidak setuju dengan perkembangan teknologi terbaru dari perusahannya.

Ketika berada di dalam penjara, Tony kemudian membuat sebuah baju dari besi yang dilengkapi berbagai senjata agar bisa bebas dan melawan para anggota kelompok pemberontak. Baju inilah yang kemudian menjadi awal mula munculnya Iron Man. 

Karena kesuksesannya, Iron Man sukses mendapatkan dua sekuel yang menggenapi trilogi ini yakni Iron Man 2 (2010) dan Iron Man 3 (2013). 

8. Ocean's Trilogy

https://www.youtube.com/embed/so9Eh-Guci8

Bila kamu lebih suka film bertemakan pencurian, ada trilogi "Ocean" yang siap menghiburmu. Trilogi satu ini menceritakan aksi perampokan sebuah kelompok yang dibentuk oleh Danny Ocean (George Clooney), penjahat kelas kakap yang sangat senior di dunia pencurian.

Suatu hari, kelompok perampok ini mencuri dari sebuah kasino besar yang dimiliki oleh Terry Benedict. Walaupun mereka berhasil mencuri, sayangnya permasalahan belum selesai karena Terry Benedict menjadi dendam dan bertekad untuk memburu dan menghabisi Danny dan kelompoknya.

Film trilogi ini dibintangi oleh banyak artis populer, sebut saja Brad Pitt, Matt Damon, dan Julia Roberts. Triloginya sendiri terdiri atas Ocean's Eleven (2001), Ocean's Twelve (2004), dan Ocean's Thirteen (2007). 

 

Nah, inilah kedelapan film trilogi yang seru dan menarik banget. Semua film ini dijamin akan membuatmu penasaran dan tidak akan kebosanan. Adakah film trilogi yang mungkin sudah kamu saksikan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Romance buat Kamu yang Sedang Jalani Hubungan Baru 

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya