Comscore Tracker

5 Film Hollywood Ini Mengalami Kerugian yang Cukup Besar, Apa Saja?

Sudah dibuat secara maksimal, namun tak dilirik penonton

Industri perfilman merupakan salah satu bisnis terbesar yang ada di dunia. Setiap film yang dibuat tentu diharapkan dapat mendulang untung besar. Itulah sebabnya dunia perfilman, khususnya Hollywood, berlomba-lomba untuk memproduksi film dengan kualitas terbaik.

Namun apa daya, terkadang untung yang diharap tak melulu dapat diraih. Ada beberapa film Hollywood yang memiliki nasib tragis karena mengalami kerugian besar, seperti film-film di bawah ini.

1. Jupiter Ascending

https://www.youtube.com/embed/t4ZzMkDLjWI

Jupiter Ascending menceritakan tentang seorang pengawal yang bertugas untuk menjaga putri dari planet lain. Sebetulnya tema atau cerita model seperti ini cukup menarik untuk dijadikan cerita utama dalam sebuah film aksi. Namun jika itu tak diimbangi dengan akting yang baik dari sang aktor dan aktrisnya, belum lagi ditambah tanpa promosi, maka seperti Jupiter Ascending lah jadinya.

Menurut CBS News, Film yang dirilis pada 2015 silam ini merugi sekitar 87 juta US Dollar atau sekitar Rp1,2 triliun. Tentu ini bukan kerugian yang sedikit, mengingat film ini dipasarkan oleh salah satu rumah produksi terbesar dunia, Warner Bros.

2. John Carter

https://www.youtube.com/embed/nlvYKl1fjBI

Nama besar Walt Disney ternyata bukan jaminan laris tidaknya sebuah judul film. John Carter, salah satu judul film yang di distribusi oleh Walt Disney Pictures harus rela menelan kerugian sebanyak 200 juta US Dollar atau sekitar Rp2,8 triliun!

Mengutip CS Monitor, film ini bahkan masuk dalam nominasi film dengan kerugian terbesar yang pernah dialami oleh Walt Disney. Tak mengherankan sebab modal untuk membuatnya saja sudah sangat tinggi, apalagi animasi dan special effect yang ditampilkan juga sebetulnya sangat bagus.

3. Tomorrowland

https://www.youtube.com/embed/lNzukD8pS_s

Lagi-lagi film milik Walt Disney. Ya, film berjudul Tomorrowland ini seperti yang dikabarkan Business Insider, telah merugi sekitar 120 juta US Dollar atau sekitar Rp1,5 triliun.

George Clooney sebagai pemeran utama sebetulnya cukup apik dalam membawakan perannya di film ini. Namun alur cerita yang membingungkan ternyata membuat penonton tidak suka dengan film yang dirilis pada 2015 silam.

Baca Juga: 5 Karakter di Film Ghibli yang Paling Berkesan, Masih Ingat Gak?

4. Jack The Giant Slayer

https://www.youtube.com/embed/ng9rjC8MOgU

Film ini merupakan salah satu film milik Warner Bros yang tidak diminati oleh penonton. Terbukti pada 2013 Hollywood Reporter melaporkan bahwa Jack The Giant Slayer mengalami kerugian sebesar 140 juta US Dollar atau Rp1,9 triliun.

Dibintangi oleh beberapa aktor ternama seperti Nicholas Hoult dan Ian McShane ternyata tidak dapat mengangkat pamor dan penjualan tiket bioskop diseluruh dunia.

5. 47 Ronin

https://www.youtube.com/embed/j8cKdDkkIYY

Daftar yang terakhir ini sangat mengejutkan, bahkan para kritikus film dunia juga tidak percaya. Seperti yang diberitakan USA Today, 47 Ronin yang dibintangi aktor laga Keanu Reeves ini ternyata mengalami kerugian sebesar 175 juta US Dollar atau lebih dari 2 triliun Rupiah!

Padahal bisa dibilang bahwa film ini masuk pada jajaran film terbaik di kala itu. Cerita, animasi, dan akting dari para aktor dan aktrisnya juga minim kritikan. Namun itulah kejamnya dunia perfilman, nama besar aktor dan jalan cerita yang bagus, tidak menjamin bahwa film tersebut akan laku di pasaran.

Itulah lima judul film Hollywood yang ternyata mengalami kerugian yang cukup besar. Padahal tidak semua filmnya jelek, kan?

Baca Juga: 5 Aktor/Aktris Hollywood yang Menjadi Langganan Berperan di Film Horor

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya