Comscore Tracker

Wajib Tonton! 10 Film dan Serial Drama untuk Temani Akhir Tahunmu

Udah nonton yang mana aja? #IDNTimesHype

Tidak terasa sudah menginjak bulan Desember, di mana sebentar lagi akan terjadi pergantian tahun. Sayangnya, bulan Desember kali ini kita menghadapi pandemi global COVID-19 yang membuat banyak sektor di dunia terdampak, termasuk jadwal liburan kita. Namun, meskipun kita sedang di rumah saja, tak perlu risau dan galau untuk menghadapi libur akhir tahun ini.

Yup, pasalnya ada beberapa film dan serial terbaik yang bisa kamu ikuti jalan ceritanya. Dengan beberapa film terbaik ini, liburanmu di rumah gak akan terasa membosankan. Nah, penasaran dengan film-film seri terbaik di bawah ini? Yuk, disimak!

1. Greenland (2020)

https://www.youtube.com/embed/1M8s0w1Fzm4

Apa jadinya jika zaman dinosaurus terulang kembali? Ya, film berjudul Greenland ini menggambarkan tentang bencana alam dahsyat yang diakibatkan oleh jatuhnya meteor ke Bumi secara masif. Berdurasi 119 menit, film yang diperankan oleh Gerard Butler, Morena Baccarin, dan Roger Dale Floyd ini memiliki skor cukup tinggi dari penonton secara online, yakni 91 persen.

Secara umum film garapan Thunder Road ini memiliki latar yang senada dengan film-film bencana alam lainnya. Namun, yang membedakannya adalah fokus cerita pada beberapa tokoh utama, dalam hal ini berpusat pada cerita perjuangan sebuah keluarga kecil di tengah kehancuran dunia akibat hantaman meteorit.

Dengan budget sebesar setengah triliun rupiah, Greenland memang dirasa belum sanggup menggambarkan adegan-adegan bencana alam layaknya film berjudul 2012 yang sama-sama mengangkat kisah tentang kehancuran dunia. Namun, dengan akting Gerard Butler yang dinilai apik bisa membuatmu menikmati jalan cerita drama di tengah bencana alam yang terjadi.

2. Togo (2019)

https://www.youtube.com/embed/IUOiouEIf2k

Togo adalah sebuah judul film yang terinspirasi dari kejadian nyata tentang perjuangan seorang pengendara kereta salju bernama Leonhard Seppala bersama dengan anjing-anjingnya. Film berdurasi 114 menit ini memiliki rating dan ulasan positif di Rotten Tomatoes, yakni sebesar 92 persen.

Willem Dafoe sebagai pemeran utama juga dapat mengeksekusi aktingnya dengan baik. Perjuangan beberapa ekor anjing dalam mengantar obat-obatan dan melewati ganasnya alam bersalju wajib kamu tonton jika kamu menyukai film drama. Film garapan Walt Disney ini bisa ditonton oleh semua kalangan dan tentu menghadirkan adegan-adegan drama menyentuh yang epik.

Oh ya, saat ini anjing-anjing keturunan Togo juga menjadi salah satu anjing trah yang berharga mahal dan menjadi incaran bagi pencinta anjing di seluruh dunia. Nah, gak ada salahnya kamu dan keluarga menonton film yang disutradarai oleh Ericson Core ini. Dijamin waktu liburanmu gak akan membosankan.

3. Bates Motel (2013)

https://www.youtube.com/embed/7lCWKKNGiKs

Meskipun Bates Motel merupakan serial yang cukup lawas, namun film seri yang dibintangi oleh Vera Farmiga ini masih layak untuk kamu ikuti. Bukan hanya drama biasa, serial yang diproduksi oleh Cuse Productions ini juga mengambil latar belakang cerita mengenai kisah seorang anak yang cenderung psikopat.

Meskipun mengangkat kisah psikopat, nyatanya serial ini bukanlah film yang berdarah-darah sampai membuat mual. Justru Bates Motel berfokus pada kedalaman cerita dari masing-masing tokoh, baik itu tokoh utama maupun tokoh pendamping.

Oh ya, Freddie Highmore yang memerankan tokoh Norman Bates juga mendapatkan banyak pujian. Pasalnya, ia bisa memerankan seorang remaja yang tampak lugu, padahal ia merupakan seorang psikopat dan pembunuh berdarah dingin. Terbukti IMDb dan Rotten Tomatoes memberikan nilai dan skor yang cukup tinggi untuk serial berdurasi 45 menit ini.

Baca Juga: 5 Serial Antologi Horor yang Bikin Kamu Susah Tidur, Berani Nonton?  

4. Alive (2020)

https://www.youtube.com/embed/jQ8CCg1tOqc

Alive atau #Alive adalah film Korea yang mengusung wabah zombi sebagai cerita utamanya. Meskipun melibatkan banyak zombi sebagai adegan utamanya, namun film garapan ZIP Cinema ini juga memasukkan banyak unsur drama di dalamnya. Secara garis besar, film berdurasi 99 menit ini berfokus pada usaha dua orang penghuni apartemen untuk meloloskan diri dari serangan para zombi.

Dibintangi oleh Yoo Ah-in dan Park Shin-hye, film ini mampu menghadirkan kondisi lingkungan yang porak poranda akibat wabah zombi, meskipun tidak semasif film-film zombi garapan Hollywood. Nah, bagi kamu yang suka dengan drama bertema zombi, film yang disutradarai oleh Cho Il-hyung ini bisa kamu tonton untuk mengisi waktu liburmu.

5. The Witcher (2019)

https://www.youtube.com/embed/cSqi-8kAMmM

The Witcher adalah novel fantasi karya Andrzej Sapkowski yang sangat fenomenal dan telah diadaptasi ke dalam serial game PC dan konsol. Sama seperti novelnya, game-game The Witcher juga mendapatkan banyak pujian dari para penggemarnya. Jika kamu seorang gamer, tentunya The Witcher bukanlah sesuatu yang asing buatmu.

Nah, pada 2019 lalu, Netflix juga merilis sebuah serial berjudul The Witcher yang tentunya berdasarkan cerita pada novelnya. Serial ini dibintangi oleh Henry Cavill yang juga sempat memerankan Superman. Hasilnya cukup memuaskan, di mana pada awal perilisannya, serial garapan Sean Daniel Company tersebut bisa memenuhi ekspektasi dari banyak penggemar.

Kamu akan mengikuti cerita dari tokoh utama bernama Geralt of Rivia, seorang pemburu monster dan tukang sihir yang dijuluki sebagai Witcher. Nah, jika suka dengan drama fantasi yang dibumbui dengan beberapa adegan aksi, kamu bisa mengikuti kisah Geralt dalam serial apik ini.

6. Greyhound (2020)

https://www.youtube.com/embed/eyzxu26-Wqk

Tom Hanks memang aktor jempolan yang bisa memerankan apa saja dalam sebuah film. Terbukti, hampir semua film yang ia bintangi selalu laris manis di pasaran. Salah satu film terbaik Tom Hanks adalah Greyhound yang dirilis pada 2020. Film drama berbalut aksi menegangkan ini dibuat berdasarkan kisah Battle of the Atlantic yang benar-benar terjadi pada era Perang Dunia II.

Kita akan diajak mendalami cerita tentang bagaimana suka duka menjadi awak kapal perang yang bertugas mengawal kapal kargo agar selamat sampai tujuan. Adegan-adegan peperangan juga dibuat dengan cukup baik dan detail. So, gak ada salahnya jika kamu dan keluarga ingin menonton film berdurasi 91 menit ini, dijamin apik!

7. Kingdom (2019)

https://www.youtube.com/embed/4l-yByZpaaM

Sebetulnya, penulis sama sekali bukanlah penggemar dari drama Korea. Namun, khusus untuk drama Korea berjudul Kingdom mungkin bisa dimasukkan ke dalam pengecualian. Pasalnya, serial yang diproduksi oleh AStory ini mampu menampilkan adegan-adegan apik dengan latar belakang apokaliptik yang dibalut dengan drama dan politik.

Netflix merilis serial yang dibintangi oleh Ju Ji-hoon dan Bae Doo-na ini pada 2019 lalu dengan durasi 50 menit untuk per episode. Cerita zombi mungkin lebih lekat dan cocok jika dikaitkan dengan latar belakang zaman modern. Namun, Kim Seong-hun selaku sutradara bisa meracik cerita apokaliptik zombi yang berlatar belakang abad pertengahan di Korea Selatan.

Banyak penggemar serial drama horor di dunia yang menganggap bahwa Kingdom merupakan serial zombi terbaik. Mungkin hal itu tak bisa lepas dari kejenuhan banyak penonton terhadap serial The Walking Dead yang sudah lebih dulu eksis. Terlepas dari itu semua, Kingdom sudah terbukti telah menjadi primadona baru bagi pencinta drama horor.

8. Mulan (2020)

https://www.youtube.com/embed/KK8FHdFluOQ

Mungkin Mulan yang dirilis pada 2020 tidak akan memuaskanmu jika kamu memang benar-benar fanatik penggemar Mulan. Pasalnya, ada banyak kritik yang ditujukan untuk film yang disutradarai oleh Niki Caro tersebut. Bahkan, beberapa penggemar juga mempertanyakan tokoh-tokoh lain yang tidak dimasukkan oleh Walt Disney ke dalam film berdurasi 115 menit ini.

Namun, terlepas dari semua pandangan negatif mengenai film Mulan, ada baiknya kamu menontonnya hanya sebatas sebagai hiburan. Yup, nyatanya Mulan versi terbaru ini masih bisa dinikmati oleh semua kalangan, kok. Cerita yang ringan dan adegan aksi yang tidak begitu intens membuat film yang merugi di box office ini masih bisa dijadikan daftar untuk mengisi waktu luang di akhir tahunmu.

9. Archive (2020)

https://www.youtube.com/embed/I8WfXdxQ0Cw

Gavin Rothery sebagai sutradara rupanya sanggup membuat film drama dengan plot twist yang cukup mengejutkan di akhir cerita. Film berjudul Archive yang dirilis pada 2020 ini bercerita tentang kehidupan seorang mekanik robot di sebuah tempat terpencil. Pada awalnya mungkin jalan cerita cukup membosankan.

Namun, mulai pertengahan hingga akhir, film yang dibintangi oleh Theo James ini mulai mengungkap misteri yang berkaitan dengan plot twist utama di akhir cerita. Apa yang sebenarnya dialami oleh tokoh utama dalam film ini? Mengapa ia selalu merasa betah di dunia terpencil yang tampak tersembunyi? Nah, kalau penasaran, luangkan waktumu untuk menonton film berdurasi 105 menit ini.

10. The Queen's Gambit (2020)

https://www.youtube.com/embed/CDrieqwSdgI

Tak salah jika Rotten Tomatoes memberikan skor sempurna untuk serial yang satu ini. Yup, tak tanggung-tanggung, hakim paling sadis yang getol mengkritisi film-film internasional tersebut bahkan memberikan nilai 100 persen, sebuah nilai sempurna untuk serial drama yang tergolong berat.

The Queen's Gambit adalah serial drama yang dibintangi oleh Anya Taylor-Joy dan menceritakan tentang kehidupan atlet catur profesional bernama Beth Harmon yang kecanduan obat-obatan penenang dan minuman beralkohol. Kehidupan Beth memang tidak mudah, apalagi ia juga menyaksikan kematian ibunya di saat ia masih kecil.

Setelah Beth menjadi yatim piatu, ia diasuh di panti asuhan dan dirawat oleh pengasuh anak yang mengenalkan Beth dengan catur. Nah, semakin lama Beth juga semakin terobsesi dengan permainan catur dan bahkan selalu membayangkan langkah-langkah catur di dalam pikirannya. Serial garapan Scott Frank ini juga rupanya diangkat dari kisah novel berjudul sama yang ditulis oleh Walter Tevis.

Itulah beberapa film dan serial apik yang bisa kamu tonton di waktu libur akhir tahunmu. Bagaimana? Semoga film dan serial tersebut bisa menghiburmu di akhir tahun. Tetap sehat dan tetap semangat, ya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Tayang Desember 2020, Seru!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya