Comscore Tracker

5 Film Ini Kisahkan Penderita Skizofrenia, Coba Tonton Deh!

Antara halusinasi dengan kenyataan beda tipis

Skizofrenia adalah salah satu dari banyak jenis gangguan/kelainan mental yang menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi yang terlihat sangat nyata. Akibatnya, penderita tak akan dapat membedakan antara alam nyata dengan alam pikirannya. Tema tentang Skizofrenia cukup sering dijadikan bahan cerita dalam dunia perfilman Hollywood.

Nah, bagi kamu yang suka dengan hal-hal tentang psikologi, maka film-film di bawah ini wajib kamu tonton.

1. Fractured

https://www.youtube.com/embed/S8obCz5NSog

Fractured adalah salah satu film terbaru di Netflix, selain keren tentunya juga seru. Dari awal, penonton akan diajak membuat satu kesimpulan, yakni tokoh utama (Ray Monroe yang diperankan oleh Sam Worthington) adalah orang biasa yang sedang berjuang mencari istri dan anaknya di sebuah rumah sakit.

Jawaban akan kesimpulan dari seluruh jalan cerita barulah ditunjukkan di beberapa detik sebelum film berakhir. Jika kamu penasaran, kamu tonton saja sendiri, ya! Pokoknya seru dan benar-benar mengaduk emosi kita.

2. Dream House

https://www.youtube.com/embed/XFxIYqcmRxc

Dream House yang dibintangi oleh pemeran James Bond, Daniel Craig ini, menceritakan tentang seorang yang memiliki sebuah rumah yang hangat dengan keluarga yang bahagia didalamnya. Kamu akan dibawa pada suasana drama keluarga pada umumnya, untuk awalnya.

Namun apakah benar sang sutradara menginginkan cerita drama keluarga yang mainstream? Kamu akan tahu jika langsung menonton film yang di sutradarai oleh Jim Sheridan ini.

Baca Juga: 5 Film yang Menceritakan Tentang Suka Duka Menjadi Detektif

3. Split

https://www.youtube.com/embed/84TouqfIsiI

Bukan hanya Skizofrenia, namun juga kepribadian ganda. Ya, tema inilah yang diangkat dalam film berjudul Split. Film yang dirilis pada 2017 silam ini dianggap cukup mengguncang emosi penonton, apalagi James McAvoy dapat membawakan karakter seorang psikopat dengan sangat baik.

Kalau kamu suka dengan film yang bercerita tentang kepribadian ganda, malah bukan hanya dua, melainkan banyak, maka kamu wajib tonton film yang berdurasi 117 menit ini.

4. Shutter Island

https://www.youtube.com/embed/5iaYLCiq5RM

Shutter Island merupakan salah satu film tentang Skizofrenia terbaik yang pernah dibuat. Akting Leonardo DiCaprio memang jempolan dan gak perlu diragukan lagi. Bercerita tentang seorang detektif yang menyelidiki orang hilang di sebuah rumah sakit jiwa yang besar dan misterius.

Dapatkah Leonardo menemukan orang tersebut? Apa yang sebenarnya terjadi di rumah sakit jiwa itu? Jangan ragu lagi, tonton saja film yang telah mendapatkan banyak pujian ini.

5. Joker

https://www.youtube.com/embed/t433PEQGErc

Film ini dianggap film bertema Skizofrenia yang paling fenomenal dan sukses yang pernah dibuat. Bahkan para kiritikus film berpendapat, sulit untuk menemukan film sejenis yang bisa menandingi kehebatan film Joker, karena Joker sudah dianggap sempurna sebagai penggambaran Skizofrenia sejati.

Terlepas dari nama besar Joker dalam dunia superhero, karakter yang satu ini memang merupakan simbol dari psikopat kelas elit. Selain Skizofrenia, sosok Joker juga digambarkan sebagai sosok yang penuh dengan delusi, halusinasi, dan gejala-gejala mental illness lainnya.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menonton film-film tersebut? Jangan lupa siapkan camilan, ya!

Baca Juga: Refleksi Film Joker, Ini Cuitan Selebtwit untuk Atasi Masalah Mental

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya