Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] 7 Film Indonesia yang Ungkap Hubungan Pranikah Remaja

Dua Garis Biru bukan yang pertama lho!

Dalam enam hari penayangannya, "Dua Garis Biru" berhasil mengumpulkan 1 juta penonton di seluruh Indonesia. Namun, film besutan Gina S. Noer ini tak hanya mendulang komentar positif.

Sekelompok orang menyuarakan ketidaksetujuan mereka terhadap film ini. Mereka berargumen bahwa hubungan pranikah yang diceritakan dalam Dua Garis Biru "menjerumuskan".

Padahal film ini sendiri memiliki pesan positif tentang pentingnya pendidikan seks, bahaya hubungan pranikah remaja, dan konsekuensi berat dari pernikahan dini. Ditentang habis-habisan, padahal sebelumnya sudah ada sejumlah film dan sinetron yang mengangkat tentang hubungan pranikah remaja. Berikut 7 di antaranya.

1. Pernikahan Dini (2001)

[INFOGRAFIS] 7 Film Indonesia yang Ungkap Hubungan Pranikah Remajadok. Prima Entertainment

Bukan film melainkan sinetron, namun Pernikahan Dini (2001) punya pengaruh cukup besar dalam budaya pop Indonesia. Sinetron yang diperankan Agnez Mo dan Shahrul Gunawan ini begitu populer pada masanya.

Pernikahan Dini menceritakan kehidupan Dini, seorang gadis SMP yang jatuh cinta pada Gunawan seorang pemuda desa. Suatu ketika keduanya lepas kontrol dan melakukan hubungan seks tanpa pengaman. Dini pun hamil dan Gunawan harus bertanggung jawab dengan menikahinya.

Sinetron ini menunjukkan rumitnya kehidupan sebagai pengantin di usia belia. Perlahan tapi pasti muncul masalah demi masalah yang menghantui kehidupan Dini maupun Gunawan. Apalagi Dini masih berstatus anak sekolah.

2. Virgin (2004)

[INFOGRAFIS] 7 Film Indonesia yang Ungkap Hubungan Pranikah Remajadok. Starvision Plus

Virgin (2004) juga merupakan salah satu film bertema pergaulan remaja yang sempat booming pada eranya. Film ini bercerita tentang Biyan, Stella, dan Katy, tiga orang gadis SMA yang bersahabat erat.

Katy dan Stella sudah lebih dulu melepas keperawanan mereka, dan secara gak langsung menjadi tekanan bagi Biyan. Tuntutan pergaulan menyebabkan ketiganya terlilit masalah serius sehingga akhirnya Biyan memutuskan untuk melelang keperawanannya dengan harga tinggi demi menolong mereka.

Virgin menunjukkan risiko pergaulan yang buruk jika orang tua tidak memperhatikan tumbuh kembang anak mereka. Atau malah sibuk memikirkan kepentingan mereka sendiri.

3. Buruan Cium Gue (2004)

[INFOGRAFIS] 7 Film Indonesia yang Ungkap Hubungan Pranikah Remajadok. Multivision Plus

Sempat ramai diprotes hingga ganti judul jadi Satu Kecupan, Buruan Cium Gue juga menggambarkan kehidupan cinta anak usia sekolah. Film besutan Findo Purwono ini menceritakan pergulatan remaja dalam menghadapi gejolak pubertas, ketertarikan fisik terhadap lawan jenis, dan tekanan pergaulan.

Ardi dan Desi sudah berstatus pacaran selama dua tahun, namun tak pernah sekalipun keduanya berciuman. Sementara itu teman-teman di lingkungan mereka rata-rata telah melakukannya.

Hal tersebut menjadi pusat cerita film yang dibintangi Hengky Kurniawan dan Masayu Anastasia ini. Walau dikritik karena judulnya, namun harus diakui ada sejumlah penggambaran kehidupan remaja SMA yang cukup mengena dari film ini. Seperti tekanan peer group dan pergolakan anak muda yang alami pubertas.

4. MBA: Married by Accident (2006)

[INFOGRAFIS] 7 Film Indonesia yang Ungkap Hubungan Pranikah Remajadok. MVP Pictures

Film karya Wiinaldha E. Melalatoa ini juga bercerita tentang kehamilan remaja akibat hubungan pranikah usia dini. Raskal dan Ole adalah dua sejoli SMA yang kerap mendapat hasutan dari sekitar mereka untuk mencoba hubungan seks.

Pada akhirnya keduanya terjerumus dan Ole pun hamil. Padahal pasangan ini masih begitu muda. Keduanya pun harus siap menghadapi konsekuensi yang mengintai masa depan mereka.

Sayangnya walau dipromosikan mengangkat pendidikan seks, film ini mendapat kritik pedas karena penyajiannya yang terlalu vulgar, mengeksploitasi humor cabul, dan digambarkan sebagai komedi. Penonton berpotensi mendapat pesan yang salah dari film yang satu ini.

5. Best friend? (2008)

[INFOGRAFIS] 7 Film Indonesia yang Ungkap Hubungan Pranikah Remajadok. MD Pictures

Nikita Willy kembali berperan dalam film tentang kehidupan seks remaja Indonesia di film Best Friend? ini. Di sini ia beradu akting dengan Risty Tagor.

Diceritakan Tania adalah murid SMP teladan yang tertarik untuk bergaul dengan Molly si anak baru. Berbeda dengan anak-anak lain di sekolah tersebut, Molly akrab dengan dunia clubbing, alkohol, narkoba, bahkan seks bebas.

Tania pun terpengaruh dan merasakan kebebasan sesaat. Sampai ketika tindakannya menuntut konsekuensi serius. Dan bukannya membantu sebagai sahabat, Molly justru meninggalkannya. 

6. Akibat Pergaulan Bebas (2010)

[INFOGRAFIS] 7 Film Indonesia yang Ungkap Hubungan Pranikah Remajadok. Mitra Pictures

Film besutan Nayato Fio Nuala ini berkisah tentang intrik kehidupan remaja metropolitan. Akibat Pergaulan Bebas membahas Kanya, Dinda, Zizi, dan Gladys, empat gadis yang terjebak gaya hidup kelam.

Masing-masing tokoh punya garis cerita memilukan tentang bagaimana mereka bisa terjerumus dunia seks bebas. Film ini juga menceritakan konsekuensi kejam yang menimpa para remaja tersebut.

Akibat Pergaulan Bebas sempat mendapat protes dari MUI. Penggambaran cerita yang mengeksploitasi sisi sensual para pemeran juga mendulang kritik pedas.

7. Dua Garis Biru (2019)

[INFOGRAFIS] 7 Film Indonesia yang Ungkap Hubungan Pranikah Remajadok. Starvision Plus

Yang terbaru ada Dua Garis Biru yang ramai jadi perdebatan. Film karya  Gina S. Noer ini bercerita tentang pasangan SMA Bima dan Dara yang sedang asik-asiknya dimabuk asmara.

Akibat kurangnya pemahaman terhadap pendidikan seks, keduanya pun khilaf dan melakukan hubungan pranikah. Dara hamil sehingga ia dan Bima dihadapkan pada konsekuensi berat yang harus ditanggung anak seumur mereka. Masalah ini tak hanya mempengaruhi hidup dan mimpi keduanya. Tetapi juga keluarga dan orang-orang di sekitar mereka.

Film ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang pentingnya pendidikan seks, dan risiko berat dari hubungan pranikah di usia belia, maupun pernikahan muda. Tak hanya fisik, namun mental juga harus memikul beban berat dari keteledoran ini.

[INFOGRAFIS] 7 Film Indonesia yang Ungkap Hubungan Pranikah RemajaIDN Times/Arief Rahmat

Sudah kodrat bagi anak usia remaja untuk mulai tertarik kepada lawan jenis dan memikirkan tentang seks. Namun, pendidikan tentang hal tersebut masih dianggap tabu di tanah air. Jika dibiarkan, risiko dari kesalahpahaman ini bisa terjadi dan mengancam generasi muda.

Dua Garis Biru bukan yang pertama kalinya mengangkat masalah pergaulan pada remaja. Menutup mata atau berusaha membungkam isu yang diungkit film-film ini pun tak akan menghentikan masalah nyata yang benar-benar terjadi di masyarakat kita.

Film seperti Dua Garis Biru justru sebenarnya berusaha memberi wawasan tentang topik sensitif ini dengan cara lebih ringan, mudah diterima, namun tetap menyadarkan. Sayang sekali apabila film dengan insight seperti ini berusaha dibungkam. 

Baca Juga: Belajar dari Dua Garis Biru, Pendidikan Seks Sejak Dini Sangat Penting

Topic:

  • Triadanti
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya