Comscore Tracker

Mengenal Moon Knight, Sosok Superhero Vigilante dalam Semesta Marvel

Moon Knight akan mendapatkan serial televisinya di Disney+

Spider-Man: Far From Home menjadi penanda berakhirnya rangkaian cerita 'Infinity Saga' selama kurang lebih 11 tahun. Para fans dimanja oleh beragam cerita hingga akhirnya berujung pada petualangan Thanos dalam mengumpulkan Infinity Stone untuk menyeimbangkan alam semesta.

Seperti tradisi sebelumnya, pihak Marvel kini tengah disibukkan untuk menyiapkan cerita baru untuk mengisi fase MCU selanjutnya. Seperti yang kita ketahui, dalam gelaran acara SDCC 2019 dan Disney D23 lalu, Marvel telah merilis beberapa film dan serial televisi untuk cerita di fase 4 MCU selanjutnya.

Salah satu cerita yang menjadi kejutan bagi penggemar adalah diangkatnya cerita pahlawan populer Marvel, Moon Knight. Ide memunculkan Moon Knight sebenarnya telah ada sejak lama namun Marvel baru mengkonfirmasi akan kehadirannya di semesta MCU beberapa waktu lalu. Lalu, siapa sebenarnya sosok Moon Knight ini ? Berikut adalah ulasannya untukmu.

1. Asal Usul Moon Knight

Mengenal Moon Knight, Sosok Superhero Vigilante dalam Semesta Marvelmarvel.fandom.com

Karakter Moon Knight diciptakan oleh Doug Moench and Don Perlin dan pertama kali debut di komik dalam Werewolf by Night #32. Sosok dibalik nama Moon Knight adalah Marc Spector.

Marc Spector lahir di Chicago, Illinois dan merupakan putra dari pasangan Yahudi. Keluarganya pindah ke Amerika pada tahun 1930 untuk menghindari Holocaust Nazi pada saat itu.Marc Spector sebenarnya menentang sikap ayahnya yang melarikan diri dan menolak untuk ikut berperang dengan kaum Yahudi lainnya pada saat itu.

Tidak ingin merasa sebagai pecundang seperti ayahnya, Marc Spector berlatih menjadi seorang petinju kelas berat hingga akhirnya ia bergabung dengan marinir Amerika Serikat. Kemampuannya pun membuatnya bergabung menjadi salah satu anggota CIA. Dari sinilah petualangannya dimulai.

2. Awalnya, Moon Knight adalah seorang tentara bayaran

Mengenal Moon Knight, Sosok Superhero Vigilante dalam Semesta Marvelscreenrant.com

Pada awalnya, Moon Knight diciptakan sebagai seorang villain. Saat berada di CIA, ia bekerja bersama William Cross dan adiknya, Randall Spector. Namun, adiknya berkhianat dengan menjual senjata illegal. Hubungannya dengan sang adik pun semakin buruk setelah Randall membunuh kekasih Marc setelah mengetahu kejahatan illegal Randall. Marc pun memburu Randall, namun Randall tewas terkena ledakan.

Keluar dari CIA, Randall menjadi tentara bayaran dan bekerja untuk seorang teroris bernama Raoul Bushman. Pada suatu hari, dalam misinya di Sudan, Bushman membunuh seorang arkeolog bernama  Dr. Peter Alraune yang menemukan makam Raja Firaun. Bushman percaya makam itu dipenuhi dengan harta karun.

Kekejaman dan kekerasan Bushman membuat Marc tersadar. Ia berhutang budi pada Alraune dengan menyelamatkan putrinya bernama Marlene. Pengkhianatan ini diketahui oleh Bushman. Bushman pun menghajarnya habis-habisan.

Baca Juga: 5 Penjahat Marvel yang Belum Pernah Muncul di Layar Lebar

3. Kekuatan dari Moon Knight

Mengenal Moon Knight, Sosok Superhero Vigilante dalam Semesta Marvelmarvel.fandom.com

Kekuatan Moon Knight berasal dari Dewa Bulan bangsa Mesir bernama Khonsu. Awal ceritanya adalah ketika Marc dalam keadaan sekarat, ia ditolong oleh penduduk setempat dan diistirahatkan di dekat patung dewa bulan, Khonsu.

Tubuhnya sekarat dan tak berapa lama, ia pun tewas. Marlene yang saat itu berada di sana menangis. Namun, ajaibnya ia kembali hidup. Marc mendapat penglihatan bahwa Khonsu lah yang membangkitkanya dari kematian dan menjadi kstaria Moon Knight.

Sebagai seorang mantan petarung dan agen CIA, Moon Knight handal dalam pertarungan jarak dekat. Ia juga mahir dalam taktik, strategi militer, dan ahli penyamaran. Moon Knight pun juga dipersenjatai beberapa item yang ia gunakan saat beraksi misal dart yang berbentuk bulan sabit . Karena dihidupkan kembali, ia juga mendapatkan kekuatan dari dewa bulan, Khonsu.

Moon Knight memperoleh kekuatan super dalam hal kecepatan, keahlian, dan stamina. karena memperoleh kekuatan dari bulan, kekuatan Moon Knight berdasarkan pada siklus bulan dan semakin kuat saat memasuki fase bulan purnama. Ia juga memiliki penglihatan malam yang tajam dan mampu menyembuhkan luka dengan cepat ketika berada di bawah sinar bulan.

4. Sering dikatakan sebagai Batman-nya Marvel

Mengenal Moon Knight, Sosok Superhero Vigilante dalam Semesta Marvellooper.com

Pahlawan berjubah, kaya dan ahli bertarung. Ya, Moon Knight sering kali diasosiasikan dengan karakter Batman. Namun ada beberapa perbedaan antara keduanya. Jika Bruce Wayne mendapatkan kekayaan dari warisan dari keluarganya, Moon Knight memperoleh kekayaannya sebagai tentara bayaran.

Di balik sosok Marc Spector, ternyata ia adalah seorang penderita dissociative identity disorder (DID). Kekayaannya ini menjadikannya memiliki identitas lain bernama Steven Grant. Tak hanya Steven Grant, identitas lainnya adalah Jake Lockley, seorang supir taksi.

Selain itu, keputusannya menjadi seorang Moon Knight bukan didasarkan pada trauma masa lalu seperti Batman. Moon Knight menjadi seorang pahlawan sebagai bentuk pengabdian dan wakil Khonsu dalam memerangi kejahatan. Selain itu, Moon Knight tak hanya seorang dalam jubah, karena ia memiliki kekuatan.

5. Deretan musuh Moon Knight

Mengenal Moon Knight, Sosok Superhero Vigilante dalam Semesta Marvelroguewatson.com

Sebagai seorang pahlawan dan tentara bayaran, Moon Knight memiliki beberapa musuh yang pernah ia lawan seperti Shadow Knight, Black Specter, Raoul Bushman. Raoul Bushman menjadi musuh bebuyutan selama petualangannya sebagai Moon Knight.

Tak seperti superhero lainnya yang masih memberi belas kasihan dan tidak sampai membunuh musuhnya, Moon Knight termasuk sosok yang brutal dan kejam. Ia tak segan bermain kasar dengan musuh-musuhnya. Bahkan, Moon Knight telah dicap sebagai sosok paling brutal di antara sosok karakter Marvel lainnya.

6. Moon Knight pernah bekerja sama dengan beberapa karakter Marvel lainnya

Mengenal Moon Knight, Sosok Superhero Vigilante dalam Semesta Marveladityasnaps.blog

Meskipun sering bekerja sebagai individu, Moon Knight ternyata pernah bersinggungan dan bekerja sama dengan karakter Marvel lainnya seperti Doctor Strange dan Hawkeye. Moon Knight bahkan sempat bergabung dengan The Secret Avengers setelah direkrut oleh Steve Rogers dan bermarkas di Los Angeles. Namun, terkadang Moon Knight juga terlibat perkelahian dengan para superhero Marvel lainnya.

7. Moon Knight akan dibuatkan serial televisinya dan masuk dalam jajaran Fase 4 MCU

Mengenal Moon Knight, Sosok Superhero Vigilante dalam Semesta Marveltherealstanlee.com

Pada gelaran tahuan Disney D23, pihak Marvel Studio secara mengejutkan mengumumkan bahwa Moon Knight akan masuk dalam jajaran fase 4 MCU bersama dengan Ms. marvel dan She-Hulk. Serial ini nantinya akan tayang di layanan streaming Disney+.

Masuknya Moon Knight dalam MCU akan menambah keragaman cerita di fase 4 nantinya. Salah satunya adalah bertambahnya organisasi jahat baru dalam MCU bernama The Committe yang juga menjadi organisasi yang dilawan Moon Knight. Selama ini, MCU telah memperkenalkan dua organisasi jahat terkenalnya yaitu Hydra dan The Ten Rings. Hydra sendiri telah punah sedangkan The Ten Rings akan diperkenalkan kembali di film Shang-Chi, setelah muncul di film Iron Man.

Selain itu, di komiknya Moon Knight sempat bergabung di tim Avengers dan bisa menjadi langkah awal untuk diadaptasi dalam serialnya nanti, dan Moon Knight bisa masuk dalam tim Avengers lainnya.

Nah, itu tadi beberapa ulasan terkait sosok Moon Knight. Sampai saat ini, Moon Knight belum memiliki jadwal tayang, So, stay update terus ya guys!

Baca Juga: Misterius, 5 Fakta Taskmaster Sebagai Villain di Film Black Widow!

Dede Surya Pradipta Photo Verified Writer Dede Surya Pradipta

Pop news geek in superhero movie, comics, and series

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya