Comscore Tracker

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnya

Manifestasi dari IT bukan hanya Pennywise saja lho!

Kelanjutan cerita makhluk kosmik kuno, IT dan para anggota Loser's Club kini memasuki sekuel terbarunya di film IT : Chapter Two (2019). Kisah film sekuel ini berlatar 27 tahun setelah pertemuan pertama anggota Loser's Club yaitu Bill, Mike, Beverly, Ben, Richie, Stan, dan Eddie dengan badut Pennywise pada film pertama.

Kisah IT diangkat dari novel terkenal karya Stephen King. IT diceritakan berasal dari dimensi luar angkasa bernama Macroverse. Dalam filmnya, IT mampu melakukan perubahan wujud (shape-shifting) dan memproyeksikan ilusi berdasarkan ketakutan korbannya, terutama anak-anak.

Salah satu wujud yang dimiliki oleh IT dan paling terkenal adalah Pennywise The Dancing Clown, sosok badut jahat yang mengincar anak-anak. Namun, tahukah kamu, sepanjang filmnya baik di IT (2017) maupun IT : Chapter Two (2019), IT telah banyak bermanifestasi dalam wujud lain yang mungkin saja tidak kamu sadari.

Apa sajakah bentuk perwujudan dari IT ? Berikut adalah ulasannya untukmu.

1. Lukisan perempuan memegang flute yang ditemui oleh Stan Uris di kantor ayahnya

https://www.youtube.com/embed/1UNvJOJFduE

Salah satu anggota Loser's Club, Stanley Uris, bertemu dengan wujud lain dari sosok IT pada film pertamanya, IT (2017). Pada film pertama, diceritakan Stanley sedang berada di ruang kerja ayahnya untuk mengembalikan sebuah buku. Di ruangan tersebut, Stanley melihat lukisan seorang perempuan yang memegang flute dalam posisi miring.

Tanpa disadari oleh Stanley, lukisan ini berubah menjadi sosok perempuan nyata dengan wajah berantakan yang menakuti Stanley. Sosok ini pun terus mengikutinya hingga ke saluran air, tempat Pennywise bersembunyi.

2. Penderita lepra yang mengejar Eddie di Neibolt Street

https://www.youtube.com/embed/qE7V2RdqqoY

Eddie Kaspbrak adalah salah satu anggota dari Loser's Club. Pada umumnya, IT (dalam wujud Pennywise) menakuti anak-anak berdasarkan ketakutan mereka. Seperti Eddie misalnya. Ia adalah seorang hipokondria. Hipokondria sendiri adalah rasa cemas berlebihan bahwa dirinya sedang sakit sehingga harus menjauhi tempat-tempat kotor atau hal apapun yang memungkinkan timbulnya penyakit.

Ketakutan Eddie inilah yang membuat IT berwujud sebagai penderita lepra yang mengejar Eddie saat Eddie melintasi sebuah rumah tua di Jalan Neitbolt 29, kota Derry yang diduga sebagai tempat Pennywise berasal. Eddie terus berlari dari kejaran penderita lepra ini hingga akhirnya bertemu dengan IT dalam wujud badut Pennywise.

3. Wanita tua dan anak kecil tanpa kepala yang dilihat oleh Ben Hanscom

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnyaimg.buzzfeed.com

Mungkin yang satu ini adalah detail yang mungkin kamu lewatkan di film IT (2017). Ben Hanscom, anggota baru Loser's Club menghabiskan liburan musim panasnya di sebuah perpustakaan umum kota Derry. Ben meminta kepada seorang penjaga perpustakaan untuk dicarikan buku mengenai sejarah kota Derry.

Saat membolak-balikan lembaran buku tersebut, terlihat di bagian belakangnya seorang wanita tua yang terlihat tersenyum ke arah Ben. Mungkin, sesaat IT merasuki wanita tua ini. Hingga pada akhirnya, fokus Ben teralihkan oleh balon merah yang mengarahkannya ke sebuah lorong perpustakaan.

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnyascifimoviezone.com

Saat Ben mengikuti balon merah tersebut, wanita tua itu bertingkah normal. Di lorong perpustakaan itu, Ben menemukan wujud sosok anak kecil tanpa kepala yang merupakan korban dari kebakaran pabrik besi di kota Derry tahun 1908. Persis, seperti yang Ben temukan di buku sejarah kota Derry yang ia baca.

Baca Juga: Pennywise Bangkit, Ini 6 kelebihan dan Kekurangan "IT: Chapter Two"

4. Lukisan mural badut saat Bill cs mengobati Ben yang terluka

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnyareddit.com

Kali ini, IT yang berwujud sebagai Pennywise terlihat dalam sebuah mural sedang mematai anggota Loser's Club tanpa disadari oleh mereka. Bill cs pertama kali bertemu dengan Ben Hanscom di dekat sebuah sungai setelah Ben berlari dari kejaran Henry Bowers.

Bill cs menolong Ben yang terluka dan membawanya ke sebuah gang kecil. Sesaat akan memasuki sebuah gerbang, dinding tempat mereka mengobati Ben terlihat biasa-biasa saja.

Hingga beberapa waktu, tepat di sebelah Stanley, terlihat mural Pennywise berada pada dinding tersebut.

5. Badut yang dilihat oleh Richie di festival

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnyascreenrant.com

IT (Pennywise) hampir memperlihatkan wujudnya pada semua anggota Loser's Club berdasarkan ketakutan mereka, termasuk Richie. Dengan memanfaatkan ketakutan Richie terhadap badut, IT merepresentasikan wujudnya sebagai badut yang terlihat dalam sebuah festival kemerdekaan kota Derry. 

Ketika Loser's Club berdiskusi mengenai Pennywise, Richie melihat ke arah panggung festival dan melihat seorang badut yang menatap Richie saat itu. Tentunya badut ini adalah penyamaran Pennywise. Badut ini pun hanya bisa dilihat oleh mereka meski mereka tidak menyadarinya.

Dan tahukah kamu, badut itu diperankan oleh aktor Bill Skarsgard yang juga memerankan karakter badut antagonis, Pennywise.

6. Nyonya Kersh di IT : Chapter Two

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnyastephenking.fandom.com

Spoiler alert buat kamu yang belum nonton IT : Chapter Two. Nyonya Kersh adalah seorang wanita tua yang tinggal di rumah masa kecil Beverly, satu-satunya anggota wanita di Loser's Club. Saat, bertamu ke rumah lamanya ini untuk mencari ayahnya, Beverly disambut oleh Nyonya Kersh.

Nyonya Kersh ini sepertinya menjadi cara bagi Pennywise menyambut Beverly setelah 27 tahun meninggalkan kota Derry. Yang menjadikan Nyonya Kersh sebagai wujud Pennywise adalah luka di dadanya.

Jika kamu ingat, luka ini adalah bekas tusukan Ben pada film IT (2017).

7. Pennywise The Dancing Clown

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnyabloody-disgusting.com

Pennywise adalah perwujudan dari IT yang paling populer dan sering digunakan untuk menakuti anak-anak di filmnya. Pennywise pun menjadi bagian dari sejarah kota Derry dan menebarkan teror termasuk menculik anak-anak di kota Derry setiap 27 tahun sekali.

Di film IT : Chapter Two (2019), -spoiler alert- , sedikit demi sedikit identitas Pennywise terkuak. IT sepertinya mengambil identitas Pennywise dari seorang pemain sirkus. Seperti yang diungkapkan oleh Nyonya Kersh saat Beverly menanyakan mengenai sebuah potret foto di dinding rumahnya. Kersh menjelaskan bahwa foto tersebut adalah saat ayahnya bergabung di sirkus setelah pindah dari Amerika. Namun, jika dilihat, foto tersebut adalah versi manusia dari badut Pennywise.

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnyarunge.com

Di film pertamanya, IT (2017), dijelaskan bahwa Pennywise menyebarkan teror di kota Derry setiap 27 tahun sekali. Teror tersebut diantaranya adalah ledakan pabrik besi di tahun 1908, Bradley Gang di tahun 1935, Black Spot di tahun 1962 dan kasus hilangnya anak-anak di tahun 1989. Bahkan, potret dari Pennywise terlihat di beberapa kasus tersebut, seperti yang telah ditemukan oleh Ben.

Dari foto berikut, apakah kamu menemukan potret Pennywise?

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnyascreenrant.com

8. Pennywise dalam wujud 'Giant Spider'

8 Wujud Manifestasi dari 'IT' yang Mungkin Kamu Lewatkan di Filmnyascreenrant.com

Di antara wujud IT yang telah disebutkan di atas, ternyata wujud laba-laba raksasa adalah wujud asli dari IT. Wujud laba-laba ini juga merupakan penggambaran versi novelnya. Wujud ini pun juga dimunculkan dalam film IT (1990).

Wujud laba-laba raksasa dari IT ini diperlihatkan dalam film IT : Chapter Two (2019). Wujud inilah yang digunakan oleh Pennywise dalam pertarungan terakhirnya melawan anggota Loser's Club.

Nah, itu tadi beberapa wujud manifestasi dari IT. Sebenarnya ada banyak penggambaran sosok IT yang bisa kamu temukan di filmnya. Jika, kamu sudah menonton IT : Chapter Two tentunya kamu akan melihat banyak wujud lain dari sosok IT ini.

Bagaimana menurut kamu? Mana wujud IT yang paling menyeramkan? Bagikan di kolom komentar ya!

Baca Juga: Selain Pennywise, 7 Badut Ini Dijamin akan Memberimu Mimpi Buruk

Dede Surya Pradipta Photo Verified Writer Dede Surya Pradipta

Pop news geek in superhero movie, comics, and series

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You